backup og meta
Kategori
Cek Kondisi

15

Tanya Dokter
Simpan

Bagaimana Cara Menghilangkan Rasa Ingin Bunuh Diri?

Ditinjau secara medis oleh dr. Nurul Fajriah Afiatunnisa · General Practitioner · Universitas La Tansa Mashiro


Ditulis oleh Bayu Galih Permana · Tanggal diperbarui 03/11/2022

Bagaimana Cara Menghilangkan Rasa Ingin Bunuh Diri?

Saat menghadapi situasi yang sangat sulit, pikiran bunuh diri sering datang tanpa diundang. Jika kemunculannya tidak dapat dikontrol dengan baik, pikiran ini dapat membawa Anda untuk mengakhiri nyawa sendiri. Lantas, bagaimana cara menghilangkan rasa ingin bunuh diri?

Cara menghilangkan rasa ingin bunuh diri

pria tangguh cenderung bunuh diri

Cara mengatasi rasa ingin bunuh diri bisa dilakukan lewat tindakan sederhana. Meski tidak menghilangkan pikiran ini sepenuhnya, beberapa cara mungkin dapat membuat perasaan lebih baik.

Berikut sejumlah cara menghilangkan rasa ingin bunuh diri.

1. Berbicara dengan orang lain

Berbagai perasaan ke orang terdekat merupakan salah satu cara terbaik untuk mengusir pikiran bunuh diri. Anda bisa berbagi cerita dengan keluarga, pasangan, atau sahabat.

Namun, Anda harus sabar karena mereka mungkin ingin membantu, tapi tidak tahu bagaimana caranya. Saat situasi ini terjadi, jangan ragu untuk menyebut bantuan yang bisa diberikan.

Di sisi lain, beberapa orang mungkin hanya ingin didengar dan sekedar meluapkan emosi negatif. Terkadang, komentar atau saran orang lain malah dapat membuat pikiran semakin kacau.

2. Lakukan aktivitas yang membuat Anda lupa waktu

Berfokus pada pikiran bunuh diri meningkatkan risiko Anda untuk melakukannya. Oleh sebab itu, cobalah mengalihkan fokus untuk melakukan aktivitas yang membuat Anda lupa waktu.

Sejumlah aktivitas yang bisa dijadikan cara menghilangkan rasa ingin bunuh diri meliputi:

  • membaca buku
  • menonton film, 
  • pergi ke tempat wisata, 
  • bermain game, serta 
  • menghabiskan waktu bersama orang terdekat atau hewan peliharaan.
  • 3. Cari alasan untuk tetap hidup

    keluarga bisa menjadi salah satu cara menghilangkan rasa ingin bunuh diri

    Rasa ingin bunuh diri akan terus muncul jika Anda tidak memiliki alasan untuk hidup. Maka dari itu, carilah berbagai alasan yang mengharuskan Anda tetap hidup.

    Berikut beberapa contoh alasan yang bisa membantu menghilangkan rasa ingin bunuh diri.

    • Mengingat semua hal yang menyenangkan selama hidup, misalnya makan makanan favorit, menonton aktor kesayangan, hingga menonton TV series kesukaan.
    • Keinginan untuk mewujudkan rencana di masa depan, contohnya berlibur ke luar negeri bersama pasangan dan anak, atau menghabiskan masa tua di pedesaan.
    • Perasaan orang-orang terdekat. Pikirkan betapa keluarga, pasangan, atau sahabat akan sangat sedih dan rindu ketika kehilangan Anda.

    4. Berolahraga

    Berolahraga dapat membantu memperbaiki suasana hati, apalagi jika Anda berolahraga bersama teman. Dengan begitu, rasa ingin bunuh diri akan berkurang.

    Ketika Anda berolahraga, tubuh akan melepaskan hormon dopamin dan serotonin. Kedua hormon ini bermanfaat untuk membuat perasaan Anda lebih bahagia.

    Untuk mendapatkan manfaat olahraga, pastikan Anda melakukan aktivitas ini setidaknya 30 menit setiap hari. Tidak perlu berat, Anda bisa memulainya dengan olahraga ringan seperti:

    • berjalan,
    • jogging
    • gerakan peregangan, dan 
    • berenang.

    5. Menerapkan teknik relaksasi

    cara meditasi

    Stres dapat meningkatkan potensi munculnya rasa ingin bunuh diri. Cara menghilangkan rasa bunuh ingin bunuh diri akibat stres tentu saja dengan mengelolanya.

    Salah satu langkah sederhana yang bisa Anda terapkan yaitu teknik relaksasi. Teknik ini membantu menghilangkan stres dan membuat pikiran menjadi lebih positif.

    Berikut sejumlah teknik relaksasi yang bisa dicoba.

    • Berjalan-jalan untuk menikmati alam.
    • Mendengarkan musik.
    • Berendam air hangat.
    • Pijat.
    • Makan makanan kesukaan.
    • Meditasi.
    • Yoga.
    • Latihan pernapasan dalam.

    6. Berkonsultasi dengan psikolog atau psikiater

    Rasa ingin bunuh diri biasanya berkaitan dengan gangguan mental. Beberapa gangguan mental yang bisa menjadi pemicunya yaitu:

    Untuk mengatasi gangguan mental, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan psikolog atau psikiater. Dengan begitu, pengobatan bisa diberikan sesuai kondisi yang mendasarinya.

    Cara mencegah rasa ingin bunuh diri datang kembali

    Ketika rasa ingin bunuh diri sudah berhasil dihilangkan, risiko pikiran tersebut datang kembali masih tetap ada. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk memahami cara untuk mencegahnya.

    DIlansir dari HelpGuide.org, berikut sejumlah cara mencegah rasa ingin bunuh diri datang kembali.

    1. Mengenali pemicunya

    Cobalah mencari tahu situasi apa saja yang dapat memicu rasa ingin bunuh diri, seperti konflik dengan pasangan, konsumsi alkohol, maupun situasi-situasi lainnya.

    Setelah mengetahui pemicunya, sebisa mungkin hindarilah hal-hal tersebut. Dengan begitu, Anda tidak perlu menghadapi situasi yang bisa menjadi penyebab munculnya rasa ingin bunuh diri.

    2. Menjaga kesehatan

    olahraga bantu mencegah rasa ingin bunuh diri datang kembali

    Menjaga diri tetap sehat dapat membantu mencegah pikiran bunuh diri datang kembali. Anda bisa menerapkan pola hidup sehat, seperti:

    3. Membangun hubungan yang positif dengan orang lain

    Memiliki hubungan yang positif dengan orang lain dapat memberikan pengaruh baik untuk Anda. Dengan begitu, orang-orang terdekat bisa memberi dukungan saat Anda membutuhkannya.

    Hasilnya, Anda pun terhindar dari pikiran-pikiran negatif. Masalah pun akan terasa lebih mudah karena adanya dukungan dari orang-orang sekitar.

    4. Terlibat dalam aktivitas sosial

    Terlibat dalam aktivitas sosial membantu Anda dalam memahami arti hidup. Aktivitas-aktivitas ini juga bisa memberikan kepuasan tersendiri.

    Ini bisa membuat pikiran Anda jadi lebih positif, baik terhadap diri sendiri maupun orang lain. Risiko munculnya perasaan putus asa yang menjadi penyebab bunuh diri pun ikut berkurang.

    5. Belajar mengatasi stres dengan cara yang lebih sehat

    Saat stres datang, cobalah atasi dengan cara yang lebih sehat. Anda bisa menerapkan teknik relaksasi seperti meditasi, yoga, atau pernapasan dalam ketika perasaan negatif mulai muncul di dalam kepala.

    Jika Anda mengalami kesulitan dalam mengelola rasa ingin bunuh diri, segera konsultasikan ke psikolog atau psikiater. Penanganan sedini mungkin dapat mencegah kondisi Anda bertambah parah.

    Anda bisa mencari psikolog atau psikiater terdekat dari lokasi Anda dan booking layanan konsultasinya melalu Hello Sehat.

    Catatan

    Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan. Selalu konsultasikan dengan ahli kesehatan profesional untuk mendapatkan jawaban dan penanganan masalah kesehatan Anda.



    Ditinjau secara medis oleh

    dr. Nurul Fajriah Afiatunnisa

    General Practitioner · Universitas La Tansa Mashiro


    Ditulis oleh Bayu Galih Permana · Tanggal diperbarui 03/11/2022

    ad iconIklan

    Apakah artikel ini membantu?

    ad iconIklan
    ad iconIklan