home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Mata Belekan Terus? 4 Kondisi Ini Mungkin Jadi Penyebabnya

Mata Belekan Terus? 4 Kondisi Ini Mungkin Jadi Penyebabnya

Saat Anda bangun tidur dan berkaca, pasti akan ada lendir yang mengering di sudut mata. Lendir kering ini disebut juga dengen belek. Hal ini normal terjadi karena saat tidur mata tidak berkedip sehingga lendir alaminya akan berkumpul di sudut mata. Namun, lendir bisa diproduksi lebih banyak sehingga membuat mata belekan sepanjang hari. Apa saja penyebabnya?

Berbagai kondisi yang menyebabkan mata belekan

Lendir memang diproduksi bersamaan dengan air mata. Saat mata mengalami gangguan, lendir bisa diproduksi lebih banyak dari biasanya membuat mata Anda belekan. Beberapa kondisi yang menyebabkan mata jadi belekan, antara lain:

1. Konjungtivitis

sakit mata menular

Kelopak mata Anda dilapisi oleh membran yang disebut dengan konjungtiva. Membran ini penuh dengan pembuluh darah yang ukurannya sangat kecil. Saat kotoran atau benda asing masuk ke mata dan mengiritasi membran, putih mata bisa berubah kemerah. Kondisi ini disebut juga dengan konjungivitis atau mata merah.

Mata merah membuat lendir kehijauan keluar lebih banyak sehingga membuat Anda mudah belekan. Apalagi saat bangun tidur, lendir yang mengering bisa membuat mata sulit dibuka. Selain berlendir, matajadi bengkak, terasa gatal, berair, dan terasa perih.

2. Mata kering

cara mengatasi mata kering

Air mata mengandung empat komponen, yaitu air, lendir, minyak, dan antibodi. Jika kelenjar air mata terganggu, proses produksi air mata bisa terhambat. Akibatnya mata bisa mengering karena kekurangan cairan.

Kondisi mata kering tersebut merangsang saraf untuk memproduksi “air mata cadangan”. Sayangnya, air mata ini tidak memiliki komponen yang sama, yaitu lebih banyak mengandung lendir. Kondisi ini menyebabkan mata jadi mudah belekan, cepat lelah dan sensitif dengan cahaya, serta muncul sensasi seperti mata kelilipan.

3. Penyumbatan pada saluran air mata

penyebab mata berair

Air mata yang diproduksi kelenjar air mata akan melewati saluran air mata. Nah, saluran ini bisa terhubung ke area hidung dan juga tenggorokan.

Jika saluran ini tersumbat akibat adanya infeksi, luka, atau kerusakan, air mata tidak bisa mengalir. Kondisi ini dapat menyebabkan pembengkakan pada bagian sudut mata, kelopak mata berkerut, mata merah dan berlendir.

4. Ulkus kornea

sakit kelenjar air mata

Kornea adalah lapisan bening yang melapisi pupil dan juga iris. Walaupun jarang terjadi, infeksi bakteri dan mata kering kronis bisa menyebabkan ulkus pada kornea. Ulkus adalah luka bernanah yang sulit sembuh.

Gejala yang mungkin terjadi adalah mata merah disertai keluarnya lendir atau nanah, kelopak mata membengkak dan terasa sakit, pandangan kabur dan perih saat melihat cahaya terang.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Conjunctivitis (Pinkeye). https://www.webmd.com/eye-health/eye-health-conjunctivitis#1. Diakses pada 27 September 2018.

Why Is There Gunk in My Eye? https://www.webmd.com/eye-health/eye-gunk. Diakses pada 27 September 2018.

Dry eyes. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/dry-eyes/symptoms-causes/syc-20371863. Diakses pada 27 September 2018.

Blocked tear duct. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/blocked-tear-duct/symptoms-causes/syc-20351369. Diakses pada 27 September 2018.

Corneal Ulcer. https://www.webmd.com/eye-health/corneal-ulcer#1. Diakses pada 27 September 2018.

Foto Penulis
Ditulis oleh Aprinda Puji Diperbarui 11/06/2021
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus