home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Jangan Sepelekan! 3 Hal Ini Bisa Jadi Penyebab Minus Mata Bertambah Parah

Jangan Sepelekan! 3 Hal Ini Bisa Jadi Penyebab Minus Mata Bertambah Parah

Salah satu jenis gangguan penglihatan yang terjadi pada banyak orang adalah miopi alias mata minus. Orang dengan kondisi mata minus mengalami kesulitan melihat objek yang jauh. Bahkan kabarnya, minus pada mata bisa bertambah akibat kondisi-kondisi tertentu, lho! Apa saja yang menjadi penyebab mata minus bertambah, ya? Kondisi berikut bisa Anda hindari bila tidak ingin minus mata semakin parah.

Apa penyebab mata minus bertambah parah?

akibat memakai kacamata minus yang tidak sesuai

Mata minus adalah salah satu kelainan refraksi mata di mana struktur bola mata memanjang atau kornea menjadi lebih cekung dari kondisi seharusnya.

Perubahan pada struktur mata menyebabkan cahaya yang masuk jadi tidak bisa terfokus dengan baik. Akibatnya, objek yang terletak jauh akan tampak lebih kabur.

Menurut situs Mayo Clinic, ada beberapa faktor dan kondisi yang memicu mata minus, mulai dari faktor genetik, lingkungan, hingga kebiasaan membaca yang kurang tepat.

Bahkan, tidak menutup kemungkinan kondisi mata yang mengalami miopi bisa bertambah minusnya seiring berjalannya waktu meski sudah pakai kacamata.

Kira-kira, apa saja penyebab minus pada mata bertambah parah? Berikut adalah beberapa faktor yang mungkin berperan.

1. Memakai lensa kacamata yang tak sesuai

Salah satu penyebab minus mata bertambah adalah pemakaian kacamata yang kurang tepat.

Ya, salah resep kacamata adalah kekeliruan yang cukup umum ditemukan selama pemeriksaan.

Ketika perhitungan lensa sedikit saja meleset satu-dua derajat, Anda akan memiliki kacamata yang berlensa buram sehingga justru menyebabkan penglihatan semakin kabur.

Jika hal ini dibiarkan begitu saja, mata Anda yang sudah minus harus bekerja lebih keras untuk menyesuaikan penglihatan dengan minus pada lensa yang tak sesuai.

Akibatnya, minus pada mata Anda berisiko semakin parah.

2. Bertambahnya usia

Penyebab lain minus mata Anda bertambah adalah faktor usia. Bertambahnya minus mata adalah kondisi yang umum terjadi, terutama pada anak-anak.

Jika anak-anak mengalami miopi sejak kecil, struktur mata akan mengalami perkembangan hingga usia 20 tahun sehingga minus mata bisa saja bertambah.

Di sisi lain, kesulitan untuk memfokuskan penglihatan pada gambar atau tulisan adalah tanda penuaan yang sulit dielak.

Kondisi ini disebut presbiopi dan bisa menyerang kita semua sehingga sebagian besar dari kita akhirnya harus memakai kacamata.

Banyak kondisi mata, termasuk presbiopi, yang memburuk dengan sendirinya dari waktu ke waktu entah Anda memakai atau tidak pakai kacamata.

Cepat atau lambat, suka tidak suka, Anda akan mengalaminya dan tidak banyak yang bisa Anda lakukan terhadap proses penuaan alami ini.

3. Tidak memperbaiki kebiasaan membaca atau memakai gadget

Memakai kacamata memang dapat membantu penglihatan mata yang sudah minus.

Namun, kondisi mata bisa saja memburuk jika pemakaian kacamata tidak dibarengi dengan kebiasaan membaca atau pemakaian gadget yang sehat.

Salah satu penyebab mata minus Anda cepat bertambah adalah cara membaca atau memakai gadget yang kurang tepat.

Ambil contohnya, jika Anda sudah memakai kacamata tetapi belum meninggalkan kebiasaan membaca di tempat yang redup dan berjarak terlalu dekat, minus pada mata berisiko meningkat.

Melihat layar gawai elektronik terlalu dekat dan lama, seperti ponsel atau laptop, juga berpotensi menambah minus pada mata Anda.

Cara mencegah agar minus mata tidak bertambah parah

angiografi mata

Bila sudah terkena mata minus, satu-satunya cara yang bisa Anda lakukan adalah menjaga kesehatan mata untuk mencegah minus bertambah parah.

Bertambahnya ciri-ciri minus pada mata tidak bisa dicegah sepenuhnya.

Namun, Anda bisa melakukan cara berikut untuk mencegah dan memperlambat minus pada mata semakin bertambah.

1. Tetap memakai kacamata Anda

Banyak yang beranggapan bahwa memakai kacamata terus-terusan malah jadi penyebab minus mata Anda bertambah.

Hal ini tentunya salah karena kacamata justru membantu Anda melihat lebih jelas.

Jadi, penglihatan yang memburuk setelah Anda melepas kacamata sebenarnya hanyalah Anda yang kembali dalam mode penglihatan asli.

Ini tampak semakin diperjelas karena Anda sudah sangat terbiasa dengan penglihatan yang lebih tajam berkat bantuan lensa kacamata Anda.

Lain ceritanya jika Anda memakai kacamata dengan resep yang salah.

Kacamata dengan lensa yang tidak sesuai berpotensi jadi penyebab minus mata bertambah, terutama dalam jangka panjang.

2. Pemakaian obat tetes atropine

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mencegah minus pada mata bertambah parah adalah menggunakan obat tetes mata berjenis atropine.

Pemberian atropine dengan dosis harian tertentu dapat mengurangi risiko perkembangan mata minus sebanyak 50 persen.

Namun, obat ini masih memiliki efek samping yang cukup kuat sehingga penggunaannya dalam jangka panjang masih menjadi perdebatan.

Selain itu, Anda tentunya tidak disarankan memakai obat ini tanpa resep dan aturan dari dokter.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Myopia (Nearsightedness) – American Optometric Association. (n.d.). Retrieved September 17, 2020, from https://www.aoa.org/healthy-eyes/eye-and-vision-conditions/myopia?sso=y 

Nearsightedness – Mayo Clinic. (2020). Retrieved September 17, 2020, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/nearsightedness/symptoms-causes/syc-20375556

Short-sightedness (myopia) – NHS. (2018). Retrieved September 17, 2020, from https://www.nhs.uk/conditions/short-sightedness/causes/ 

How to Prevent Myopia from Getting Worse in Kids – Nanyang Optical. (2017). Retrieved September 17, 2020, from https://www.nanyang.com.sg/blog/eye-relaxation-tips-how-to-prevent-myopia-from-getting-worse-in-kids 

Safeguarding your sight – Harvard Health Publishing. (n.d.). Retrieved September 17, 2020, from https://www.health.harvard.edu/healthbeat/safeguarding-your-sight#:~:text=Myth%3A%20Reading%20in%20dim%20light,page%2C%20not%20over%20your%20shoulder.

Vimont, C. (2020). 36 Fabulous Foods to Boost Eye Health – American Academy of Ophthalmology. Retrieved September 17, 2020, from https://www.aao.org/eye-health/tips-prevention/fabulous-foods-your-eyes 

Boyd, K. (2020). Computers, Digital Devices and Eye Strain – American Academy of Ophthalmology. Retrieved September 17, 2020, from https://www.aao.org/eye-health/tips-prevention/computer-usage 

Fredrick, D. (2006). Prevention of Myopia: Are Ophthalmologists Seeing Clearly? – American Academy of Ophthalmology. Retrieved September 17, 2020, from https://www.aao.org/current-insight/prevention-of-myopia-are-ophthalmologists-seeing-c 

Lagrèze, W. A., & Schaeffel, F. (2017). Preventing Myopia. Deutsches Arzteblatt international, 114(35-36), 575–580. https://doi.org/10.3238/arztebl.2017.0575

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Shylma Na'imah Diperbarui 23/08/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.