home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

5 Kriteria yang Harus Ada pada Seorang Perawat Lansia

5 Kriteria yang Harus Ada pada Seorang Perawat Lansia

Sebagian besar orang merasa merawat anggota keluarga yang sudah memasuki usia lanjut merupakan sebuah tantangan. Terlebih jika Anda memiliki banyak tanggung jawab lain yang harus terpenuhi. Salah satu pilihan yang dapat Anda lakukan yaitu mempekerjakan orang lain untuk membantu Anda untuk menjaga kesehatan fisik dan mental lansia. Lalu, apa saja kriteria yang harus seorang perawat lansia miliki? Simak penjelasannya berikut ini.

Kriteria yang harus ada pada perawat untuk lansia

Mencari perawat yang cocok dan tepat untuk lansia memang tidak selalu mudah. Anda sendiri mungkin masih kebingungan bagaimana menentukan kriteria untuk perawat sesuai dengan lansia. Meski begitu, setidaknya ada beberapa kriteria umum yang harus seorang perawat lansia miliki, seperti berikut ini:

1. Memiliki pengalaman dalam bidang keperawatan

Jika Anda memang ingin mencari perawat yang terbaik untuk lansia, sebaiknya pekerjakan seseorang yang sudah memiliki pengalaman dalam merawat orang dengan usia lanjut. Dengan begitu, setidaknya perawat tersebut sudah memahami apa yang harus ia lakukan saat menghadapi lansia.

Apabila lansia mengalami penyakit tertentu, tidak ada salahnya untuk mencari seorang perawat yang sudah memiliki sertifikat khusus dalam memberikan penanganan medis. Hal ini akan membuat Anda lebih tenang jika terpaksa meninggalkan lansia hanya berdua dengan perawat.

2. Memiliki fleksibilitas dalam bekerja

Menjadi seorang perawat lansia mungkin bukan pekerjaan yang sama seperti menjadi seorang pegawai kantoran. Pasalnya, tiap lansia memiliki aktivitas dan kebutuhan yang berbeda, sehingga Anda perlu mencari seseorang yang memiliki fleksibilitas dalam bekerja, baik dalam sisi jenis pekerjaan yang dilakukan hingga lama waktu bekerja.

Sebagai contoh, seorang lansia mungkin membutuhkan perawat untuk membantunya menggunakan pakaian, menyuapi, menyiapkan obat-obatan dan lain sebagainya. Sementara itu, lansia lain mungkin hanya membutuhkan seorang perawat untuk menemaninya bepergian.

3. Memiliki kesabaran yang tinggi

Sebagai seorang perawat, memiliki kesabaran yang tinggi adalah salah satu kriteria penting. Hal ini menjadi sangat berpengaruh saat perawat menjalin komunikasi dengan lansia. Pasalnya, saat memasuki usia senja, tidak sedikit yang mulai kehilangan kemampuannya untuk mengingat dan mulai bersikap seperti anak kecil.

Hal ini menjadi salah satu tantangan bagi para perawat untuk melatih kesabaran. Apalagi, memiliki kesabaran dan pengertian yang tinggi akan memudahkan perawat dalam menjalin komunikasi dan hubungan yang baik dengan lanjut usia. Dengan begitu, perawat juga akan lebih mudah untuk melaksanakan tugasnya.

4. Memiliki kepedulian yang besar terhadap lansia

Perawat juga harus memiliki kepedulian yang besar terhadap lansia. Setidaknya, seorang perawat bisa mengetahui kebutuhan lansia meski tidak mereka tak sampaikan melalui kata-kata. Itu artinya, perawat juga perlu memiliki kemampuan observasi dan memahami bahasa tubuh yang baik.

Pasalnya, ada lansia yang memiliki suatu kondisi kesehatan yang membuatnya tidak bisa berbicara dengan lancar. Ada pula lansia yang kurang bisa secara nyaman menyampaikan apa yang ada di pikiran dan peraasannya. Hal ini mengharuskan perawat untuk bisa lebih peka dengan kondisi yang sedang terjadi pada orang lanjut usia.

5. Memiliki kreativitas agar lansia aktif berkegiatan

Sebagai perawat, sebaiknya Anda memang mengikuti keinginan dan kebutuhan dari orang lanjut usia. Namun, bukan berarti Anda harus selalu pasif saat menjaga dan merawat orang lanjut usia. Ada kalanya, Anda juga harus proaktif untuk membantu mencarikan kegiatan untuk lansia agar tidak bosan.

Akan tetapi, sesuaikan kegiatan dengan kemampuan dan kegemaran lansia. Jika lansia masih cukup kuat untuk beraktivitas di luar rumah, tak ada salahnya untuk mengajaknya jalan-jalan sore, atau bahkan mengikuti kegiatan olahraga yang membuat tubuh lansia menjadi lebih sehat.

Tips mencari perawat yang tepat untuk lansia

Anda tentu ingin memberikan yang terbaik kepada anggota keluarga yang susah memasuki usia senja. Hal ini, salah satunya adalah mencarikan perawat yang tepat agar lansia sehat dan bahagia. Oleh sebab itu, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum mempekerjakan seorang perawat, seperti berikut:

1. Menyesuaikan dengan kebutuhan lansia

Sebelum mulai mencari, lebih baik Anda, sebagai anggota keluarga, memastikan terlebih dahulu apa saja yang perlu calon perawat ketahui. Hal ini dimulai dari keterbatasan pada lansia, bantuan yang ia butuhkan dari seorang perawat, hal-hal yang lansia suka dan tidak suka, hingga ekspektasi yang Anda miliki terhadap seorang perawat.

Sebagai contoh, saat Anda memiliki ekspektasi terhadap fleksibilitas waktu bekerja, pastikan bahwa calon perawat sudah memahami hal tersebut. Tak hanya itu, sebagian lanjut usia membutuhkan bantuan dalam kegiatan sehari-hari, misalnya makan, ke kamar mandi, hingga berganti pakaian, calon perawat juga sebaiknya tahu sejak awal.

Hal ini membantu calon perawat untuk memastikan bahwa dirinya memiliki kriteria yang Anda butuhkan untuk merawat dan menjaga lansia. Dengan begitu, akan lebih mudah bagi Anda menyaring calon perawat yang sesuai dengan kebutuhan orang lanjut usia.

2. Menentukan metode terbaik untuk mencari perawat

Ada berbagai metode yang bisa Anda lakukan dalam mencari seorang perawat. Apalagi, di Indonesia, sudah cukup banyak organisasi, atau yayasan, yang menyediakan atau memberikan penawaran jasa sebagai perawat lansia. Namun, Anda tak selalu harus mencari perawat melalui organisasi atau yayasan.

Jika ada teman Anda yang mempekerjakan seorang perawat untuk lansia, Anda bisa juga meminta rekomendasi perawat lain yang bisa bekerja dengan baik. Meski tidak resmi seperti dari yayasan maupun dari organisasi, setidaknya rekomendasi dari teman kepercayaan bisa menjadi metode lain yang bisa Anda coba.

Di sisi lain, metode yang Anda pilih biasanya juga menentukan banyaknya biaya yang perlu Anda keluarkan untuk mempekerjakan seorang perawat. Oleh sebab itu, gunakan waktu sebaik mungkin dalam memilih perawat terbaik agar anggota keluarga lanjut usia mendapatkan perawatan terbaik yang aman dan bisa Anda percaya.

3. Melakukan wawancara terhadap calon perawat

Jika Anda sudah memiliki beberapa kandidat calon perawat, kini saatnya memilih yang terbaik. Menurut American Association of Retired Persons, salah satu metode yang bisa Anda coba adalah wawancara. Jika perlu, lakukan proses wawancara ini dengan lansia yang akan mendapatkan perawatan langsung.

Sampaikan jenis-jenis pekerjaan yang harus perawat lakukan saat bekerja untuk Anda. Lalu, sampaikan dengan jelas karakter dari lansia beserta aktivitas sehari-hari dan kebutuhan-kebutuhannya. Hal ini sangat penting untuk calon perawat ketahui, karena pekerjaan utamanya akan berkaitan langsung dengan orang lanjut usia tersebut.

Jika Anda mencari perawat yang sudah memiliki sertifikat khusus pada bidang tertentu, jangan lupa untuk memeriksa kembali sertifikat yang dimilikinya. Tak lupa, Anda juga perlu mengetahui latar belakang dari perawat tersebut untuk memastikan apakah ia dapat dipercaya dan demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Kriteria-kriteria yang telah disebutkan di atas bukan hanya yang perlu dimiliki oleh seorang perawat rumahan, tetapi juga perawat rumah sakit, dan panti jompo. Oleh karena itu, meski Anda ingin memasukkan lansia ke dalam rumah sakit atau panti jompo, pastikan para perawatnya memiliki kriteria yang sudah sesuai kebutuhan.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Important Caregiver Skill to Keep Seniors Happy In Their Home. Retrieved 1 March 2021, from https://aginginplace.org/important-caregiver-skills-to-keep-seniors-happy-in-their-home/

Hiring In-home Help. Retrieved 1 March 2021, from https://www.caregiver.org/resource/hiring-home-help/

Family Caregiver Guide: Caring for a Senior at Home. Retrieved 1 March 2021, from https://www.mmlearn.org/family-caregiver-guide-caring-for-a-senior-at-home#living_options

How to Hire a Caregiver. Retrieved 1 March 2021, from https://www.aarp.org/caregiving/home-care/info-2018/hiring-caregiver.html

Home Care Service for Seniors. Retrieved 1 March 2021, from https://www.helpguide.org/articles/senior-housing/home-care-services-for-seniors.htm

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Annisa Hapsari Diperbarui 21/04/2021
Ditinjau secara medis oleh dr Tania Savitri
x