Periode Perkembangan

Perkembangan Kehamilan di Minggu 22

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum.

Perkembangan Janin

Bagaimana perkembangan janin di usia kehamilan 22 minggu?

Bayi Anda sekarang seukuran labu dengan panjang sekitar 27,9 cm dari kepala ke tumit dan berat 453g. Dia mulai terlihat seperti bayi mungil ketika bibirnya, kelopak mata, dan alis sudah menjadi lebih jelas.

Indera anak yang digunakan untuk belajar tentang dunia mulai tumbuh setiap hari. Indera pengecap sudah mulai terbentuk pada lidah, otak dan saraf terbentuk cukup untuk janin sehingga ia dapat mulai merasakan sentuhan. Bayi bisa mengalami perasaan sentuhan dengan membelai wajahnya atau mengisap ibu jari, serta merasakan bagian lain dari tubuh mereka.

Organ reproduksi bayi terus tumbuh. Pada anak laki-laki, testis mulai bergerak turun dari perut, dan pada anak perempuan, rahim dan ovarium sudah berada di tempatnya, dan vaginanya mulai terbentuk.

Perubahan Pada Tubuh

Bagaimana perubahan pada tubuh ibu hamil di minggu 22?

Jika Anda masih tidak merasakan apa-apa, Anda akan segera merasakan rahim Anda berkontraksi abnormal tanpa  rasa sakit yang dikenal sebagai kontraksi palsu Braxton Hicks. Anda dapat merasakan kontraksi yang memeras perut. Meski begitu, jangan khawatir: bayi bisa merasakan kontraksi karena menyusut dan menekan uterus tetapi biasanya tidak berbahaya. Namun, jika kontraksi menjadi lebih intens, menyakitkan, atau lebih sering, hubungi dokter Anda segera karena hal ini dapat menjadi tanda persalinan prematur.

Menjaga kehamilan yang berjalan 22 minggu

Di masa ini Anda mungkin akan lebih mudah menjatuhkan barang dan Anda tak tahu kenapa. Selain perut Anda yang membesar, anggota badan Anda akan menjadi sangat canggung dan kaku. Kekakuan selama kehamilan disebabkan oleh melonggarnya sendi dan ligamen dan retensi cairan. Kedua faktor ini bisa membuat kemampuan untuk menangkap dan menggenggam lebih buruk. Faktor-faktor lain termasuk kurangnya fokus karena Anda memiliki amnesia selama kehamilan dan kurangnya ketangkasan akibat carpal tunnel syndrome. Tapi tentunya, kecanggungan ini bukan apa-apa dibandingkan saat Anda kehilangan keseimbangan Anda saat perut Anda lebih besar dan fokus tubuh Anda berubah.

Kunjungan ke Dokter/Bidan

Apa yang perlu saya diskusikan dengan dokter di minggu 22?

Ketika Anda hamil, pakaian dalam Anda sering memiliki noda merah muda. Tapi garis-garis darah kecil di bulan ke-6 dan seterusnya ini adalah normal dan tak perlu dikhawatirkan. Hal ini sering merupakan hasil dari memar pada leher rahim yang menjadi sensitif karena pemeriksaan dokter atau seks, atau kadang-kadang itu hanya diaktifkan oleh penyebab yang tidak diketahui.

Namun, beri tahu dokter jika Anda mengalami perdarahan karena itu adalah tanda sesuatu yang lebih serius. Jika Anda berdarah banyak atau jika bercak darah terjadi disertai nyeri atau perasaan tidak nyaman, segera hubungi dokter Anda. Dokter Anda akan melakukan USG untuk menentukan apakah Anda memiliki masalah medis atau tidak.

Tes yang mungkin dibutuhkan di usia kehamilan 22 minggu

Sampai saat ini, pergi ke dokter telah mulai menjadi kebiasaan Anda. Dokter akan memeriksa beberapa item sebagai berikut, meskipun mungkin ada yang berbeda tergantung pada kebutuhan spesifik Anda dan keputusan dokter:

  • Mengukur berat badan dan tekanan darah
  • Periksa urin untuk glukosa dan protein
  • Periksa denyut jantung janin
  • Mengukur ukuran rahim dengan palpasi eksternal (perabaan dari luar) untuk melihat bagaimana korelasinya dengan tanggal lahir
  • Ketinggian posisi bawah (atas rahim)
  • Periksa pembengkakan tangan dan kaki, memeriksa varises di kaki

Laporkan pada dokter setiap gejala yang Anda alami, terutama gejala-gejala yang tidak normal. Siapkan daftar pertanyaan atau masalah yang ingin Anda diskusikan dengan dokter Anda untuk memudahkan kosultasi Anda.

Sumber
Yang juga perlu Anda baca