Apa Saja Manfaat dan Efek Samping Kayu Manis untuk Ibu Hamil?

    Apa Saja Manfaat dan Efek Samping Kayu Manis untuk Ibu Hamil?

    Selain bermanfaat sebagai bumbu dapur, kayu manis juga dapat ibu gunakan untuk pendamping makanan penutup maupun jenis minuman tertentu. Apalagi, kayu manis juga mempunyai rasa serta aroma yang unik. Namun, bolehkah kayu manis dikonsumsi untuk ibu hamil? Apa saja manfaat beserta efek sampingnya pada masa kehamilan? Simak penjelasan lengkapnya di sini.

    Kandungan gizi kayu manis

    kayu manis untuk ibu hamil

    Tak semua orang menyukai rasa atau aroma dari kayu manis atau biasa disebut sebagai cinnamon.

    Padahal, salah satu rempah yang dapat meningkatkan cita rasa minuman atau makanan ibu hamil ini mempunyai kandungan gizi tertentu untuk tubuh.

    Berikut adalah rincian kandungan gizi dari kayu manis dalam 1 sendok makan yang perlu ibu hamil ketahui, yaitu:

    • Kalori: 19,3
    • Air: 0,825 gram
    • Serat: 4,14 gram
    • Kalsium, 78,2 mg
    • Magnesium: 4,68 mg
    • Fosfor: 5 mg
    • Kalium, 33,6 gram
    • Folat: 0,468 mcg
    • Beta karoten: 8,74 mcg
    • Vitamin C: 0,296 mg
    • Vitamin A: 1,17 mcg
    • Vitamin K: 2,43 mcg

    Manfaat kayu manis untuk ibu hamil

    manfaat kayu manis untuk ibu hamil

    Ada manfaat kesehatan tersendiri dari kayu manis walaupun Ibu menginginkannya hanya untuk memenuhi rasa ngidam.

    Terdapat sifat antioksidan, antiinflamasi, antimikroba serta zat gizi dan nutrisi untuk ibu hamil dalam kayu manis yang mempunyai rasa cukup kuat.

    Berdasarkan studi yang berjudul Cinnamon: a Supplement for Body Composition & Antioxidant Protection, kayu manis aman selama kehamilan jika ibu mengonsumsinya dalam jumlah tertentu. Akan tetapi, belum ada penelitian jangka panjang yang membuktikan berapa dosis harian aman mengonsumsi kayu manis.

    Berikut adalah beberapa manfaat kayu manis untuk ibu hamil yang perlu Anda ketahui.

    1. Mengontrol kadar gula darah

    Diabetes gestasional adalah kondisi yang cukup umum terjadi pada trimester kedua karena tubuh tidak cukup menghasilkan insulin. Hal ini yang membuat kadar gula darah pun menjadi tidak stabil selama kehamilan.

    Untuk menghindari komplikasi kehamilan, Anda perlu minum obat tertentu dan melakukan perubahan gaya hidup. Salah satu caranya yakni dengan memanfaatkan kayu manis untuk ibu hamil karena di dalamnya terdapat kandungan polifenol.

    Polifenol dalam kayu manis dapat membantu mengatur kadar gula darah dengan meningkatkan sensitivitas insulin sehingga tubuh efektif dalam menggunakan glukosa.

    2. Menjaga sistem imun

    Pada kondisi tertentu, sebagian ibu hamil dapat mengalami penurunan sistem imun sehingga Anda lebih rentan terkena flu, demam, dan infeksi tubuh lainnya. Mengonsumsi kayu manis sebagai penambah cita rasa juga bermanfaat untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh ibu hamil.

    Selain untuk insulin, jenis antioksidan yaitu polifenol juga dapat membantu tubuh melawan radikal bebas. Molekul yang dapat merusak sel tubuh sehingga mengakibatkan penyakit.

    3. Menurunkan tekanan darah

    Sebagian ibu hamil juga kemungkinan dapat mengalami kondisi tekananan darah tinggi atau hipertensi. Ibu perlu mendapatkan penanganan serta pengobatan karena tekanan darah tinggi dapat mengakibatkan serangan jantung serta komplikasi kehamilan lainnya.

    Tekanan darah tinggi saat hamil juga dapat Anda hindari dengan mengubah gaya hidup sehingga mengurangi intensitas pengobatan. Meskipun penelitian masih terbatas, kayu manis dipercaya bermanfaat membantu menurunkan tekanan darah pada ibu hamil.

    Hal ini karena dalam kayu manis terdapat kandungan kalium untuk mengurangi efek natrium yang dapat memicu tekanan darah.

    4. Mengurangi rasa mual

    Setiap wanita mempunyai keluhan saat hamil walaupun kondisinya berbeda-beda, salah satunya adalah rasa mual. Lalu, Anda juga mungkin mengalami sakit kepala hingga sakit punggung karena kehamilan memberikan tekanan ekstra pada area sendi.

    Anda bisa memanfaatkan kayu manis yang mempunyai senyawa antiinflamasi. Ini dapat membantu mengurangi rasa mual serta peradangan sehingga nyeri pun mereda.

    5. Melancarkan saluran pencernaan

    Perubahan hormon juga dapat mengakibatkan ibu hamil mengalami gangguan pencernaan. Kondisi ini bisa semakin terasa pada trimester kedua dan ketiga kehamilan.

    Sebelum mengonsumsi obat tertentu, Anda bisa memanfaatkan bahan alami seperti kayu manis. Cita rasanya yang unik dapat membantu menenangkan dan meredakan gangguan pencernaan yang ibu rasakan.

    [embed-community-8]

    Efek samping kayu manis untuk ibu hamil

    Saat ngidam, memang tak ada salahnya ibu untuk mengonsumsi kayu manis untuk menambah cita rasa berbeda. Walaupun boleh dikonsumsi, namun harus dalam batas wajar sesuai kondisi kesehatan serta anjuran dokter.

    Mengutip National Center of Complementary Integrative Health, kayu manis mungkin akan memberikan efek tertentu saat hamil saat Anda mengonsumsinya terlalu banyak. Maka dari itu, cukup gunakan kayu manis sebagai bumbu pelengkap makanan, minuman, hingga hidangan penutup Anda.

    Perlu Anda perhatikan bahwa tidak menutup kemungkinan tubuh menunjukkan reaksi alergi seperti ruam kulit hingga kesulitan berbapas. Kemungkinan efek samping atau risiko lainnya dari kayu manis untuk ibu hamil adalah sakit perut, meningkatkan risiko perdarahan, dan lain-lainnya.

    Konsultasikan dengan dokter mengenai apa saja makanan serta minuman yang baik untuk tubuh Anda selama masa kehamilan.

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Ditinjau secara medis oleh

    dr. Damar Upahita

    General Practitioner · None


    Ditulis oleh Atifa Adlina · Tanggal diperbarui 07/10/2021

    Iklan
    Iklan
    Iklan
    Iklan