backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

3 Cara Mudah Membuat Teh Kayu Manis di Rumah

Ditinjau secara medis oleh dr. Patricia Lukas Goentoro · General Practitioner · Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI)


Ditulis oleh Aprinda Puji · Tanggal diperbarui 18/12/2020

    3 Cara Mudah Membuat Teh Kayu Manis di Rumah

    Bosan dengan teh biasa? Tenang, Anda berkreasi membuat teh dengan bahan-bahan yang ada di dapur, salah satunya kayu manis. Anda bisa menikmatinya di pagi, sore, maupun malam hari menjelang tidur. Namun, bagaimana cara membuat teh kayu manis? Yuk, simak cara membuatnya berikut ini.

    Manfaat minum teh kayu manis

    Kayu manis atau cinnamon adalah rempah yang rasanya manis dan beraroma harum. Rempah ini biasanya digunakan untuk membuat kue dan teh, sekaligus digunakan sebagai obat tradisional.

    Rempah yang punya nama latin Cinnamomum verum, sin. C. zeylanicum ini biasanya dikeringkan dulu sebelum digunakan. Warnanya kecokelatan dan membentuk gulungan, yang terlihat seperti batang kayu.

    Studi dalam Journal of the American College of Nutrition menyebutkan bahwa mengonsumsi ekstrak kayu manis dapat menurunkan peradangan sehingga membuat gejala rheumatoid arthritis jadi lebih baik.

    Tidak hanya itu saja, laporan yang diterbitkan pada jurnal Annals of Family Medicine juga menyebutkan khasiat dari kayu manis. Konsumsi kayu manis diketahui dapat menurunkan kadar glukosa puasa, kolesterol LD,  dan trigliserida.

    Cara membuat teh kayu manis

    Ingin mendapatkan manfaat kayu manis? Membuat teh kayu manis adalah satu pilihannya. Supaya tidak salah, ikuti beberapa langkah pembuatannya berikut.

    1. Pilih kayu manis terbaik

    manfaat kayu manis

    Sebelum membuat teh, pastikan Anda memilih kayu manis yang tepat. Pasalnya, pilihan kayu manis yang tidak tepat bisa memengaruhi rasa dan manfaat teh. Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam memilih kayu manis, antara lain:

    • Mudah rapuh ketika disentuh
    • Warnanya cokelat kehitaman dan memiliki aroma harum yang khas
    • Rasanya manis dan sedikit pedas ketika dimakan

    2. Siapkan air panas sesuai kebutuhan

    manfaat minum air hangat

    Cara membuat teh kayu manis sangat mudah, dibanding teh rempah lainnya. Pasalnya, teh dari rempah yang bentuknya campuran daun, tangkai, dan bunga kering perlu dimasak bersamaan dengan air. Lalu rempah perlu disaring agar Anda dapat diminum lebih mudah.

    Untuk teh kayu manis, Anda hanya perlu memanaskan air hingga mendidih. Sesuaikan kebutuhan air dengan seberapa banyak teh kayu manis ingin dibuat. Jika Anda ingin membuat 3 cangkir teh, didihkan air sebanyak 4 gelas ukuran 250 ml.

    Kemudian, siapkan bahan lain seperti teh kantong dan madu untuk pemanis tambahan. Pilihan teh kantong bisa disesuaikan dengan keinginan Anda, misalnya teh roiboos atau teh hitam.

    3. Buat teh dengan hati-hati

    teh kayu manis
    Sumber: Natural Food Series

    Cara membuat teh kayu manis memang mudah, namun Anda harus berhati-hati. Membuat teh terburu-buru bisa menimbulkan kecelakaan kecil, contohnya percikan air panas mengenai kulit. Perhatikan langkah pembuatannya, antara lain:

    • Siapkan cangkir dan tempatkan 1 batang kayu manis dalam cangkir
    • Tuangkan air panas ke dalam gelas, biarkan selama 10 menit. Ada baiknya, jika Anda menutup gelas tersebut.
    • Kemudian, masukkan teh kantong ke dalam gelas selama 1 atau 2 menit. Lalu, angkat teh kantong dari gelas,
    • Tambahkan madu secukupnya agar rasanya lebih nikmat dan teh siap Anda minum.

    Boleh minum teh kayu manis, asal …

    Meski memiliki banyak manfaat, kayu manis diketahui mengandung zat alami kumarin yang hepatotoksik (dapat meracuni hati) jika dikonsumsi dalam jumlah besar. Untuk itu, jangan berlebihan minum teh ini.

    Bagi ibu hamil dan pasien diabetes, sebaiknya konsultasi lebih dahulu jika ingin minum teh ini. Selain itu, hentikan segera jika Anda mengalami reaksi alergi setelah minum teh ini. Reaksi alergi yang muncul antara lain munculnya ruam di sekitar mulut dan bibir.

    Sumber foto: Topic Tea

    Catatan

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Ditinjau secara medis oleh

    dr. Patricia Lukas Goentoro

    General Practitioner · Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI)


    Ditulis oleh Aprinda Puji · Tanggal diperbarui 18/12/2020

    advertisement iconIklan

    Apakah artikel ini membantu?

    advertisement iconIklan
    advertisement iconIklan