home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Pilihan Sumber Asam Lemak Omega 3 yang Aman untuk Ibu Hamil

Pilihan Sumber Asam Lemak Omega 3 yang Aman untuk Ibu Hamil

Mengonsumsi makanan yang bergizi saat hamil, bermanfaat untuk Anda dan juga bayi yang ada dalam kandungan. Setiap nutrisi yang masuk ke dalam tubuh Anda pasti berperan dalam menunjang pertumbuhan dan perkembangan bayi dalam kandungan. Salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan ibu hamil adalah asam lemak omega 3. Apa saja sumber asam lemak omega 3 untuk ibu hamil?

Mengapa ibu hamil perlu konsumsi asam lemak omega 3?

Asam lemak omega 3 terbukti dapat memberikan manfaat bagi ibu dan bayi dalam kandungan, terutama asam eikosapentanoat (EPA) dan asam dokosaheksanoat (DHA). Jenis asam lemak ini sangat diperlukan untuk perkembangan otak, sistem saraf, dan penglihatan bayi. Asupan asam lemak yang cukup selama kehamilan juga dapat mengurangi risiko kelahiran prematur.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Child Development tahun 2004, bayi yang lahir dari ibu dengan kadar DHA dalam darah yang lebih tinggi memiliki tingkat perhatian yang lebih baik selama enam bulan kehidupan pertamanya. Tingkat perhatian bayi ini dapat mendukung kecerdasan di awal kehidupannya.

Bayi dalam penelitian tersebut juga menunjukkan memiliki skor yang lebih tinggi pada tes yang dirancang untuk mengukur pembelajaran visual pada bayi usia 1 tahun dan 18 bulan.

Banyak ahli menyarankan agar ibu hamil atau menyusui mengonsumsi setidaknya 8 ons ikan atau seafood per minggu (sekitar 2-3 porsi). Ikan dan seafood merupakan sumber asam lemak omega 3 yang paling baik karena kaya akan DHA dan EPA. Namun, pilihlah ikan atau seafood dengan kandungan merkuri yang rendah. Terlalu banyak merkuri yang masuk ke dalam tubuh ibu selama kehamilan dapat membahayakan perkembangan otak dan sistem saraf bayi.

Apa saja sumber asam lemak omega 3 untuk ibu hamil?

Berikut ini merupakan beberapa makanan sumber asam lemak omega 3 untuk ibu hamil yang aman dikonsumsi:

1. Ikan dan seafood

Ikan dan seafood mengandung banyak sekali omega 3 yang baik untuk kesehatan ibu hamil dan perkembangan bayi. Namun, pada umumnya ikan dan seafood yang mengandung asam lemak omega 3 juga mengandung bahan kimia berbahaya merkuri. Oleh karena itu, Anda harus hati-hati dalam memilih makanan sumber asam lemak omega 3.

Beberapa jenis ikan yang mengandung asam lemak omega 3 dengan kandungan rendah merkuri adalah ikan salmon, tuna, sarden, ikan cod, ikan tilapia, dan catfish. Sedangkan, seafood sumber asam lemak omega 3 yang dapat dikonsumsi ibu hamil adalah udang, kepiting, dan kerang.

Beberapa jenis ikan yang harus Anda hindari karena mengandung tinggi merkuri adalah ikan todak, ikan king makerel, ikan tilefish, ikan marlin, dan ikan hiu.

Ibu hamil juga bisa mendapatkan asam lemak omega 3 dari suplemen minyak ikan yang sudah banyak dijual.

Namun, hal ini tidak disarankan, lebih baik ibu hamil mengonsumsi ikan yang masih segar. Salah satu minyak sumber omega 3 tinggi, yaitu minyak hati ikan kod justru dapat membahayakan ibu hamil karena kandungan vitamin A-nya yang sangat tinggi. Asupan vitamin A yang berlebihan dapat membahayakan janin.

2. Telur

Tidak hanya ikan, telur ayam juga ada yang mengandung omega 3, terutama jenis DHA. Pilihlah telur yang diperkaya dengan asam lemak omega 3 atau DHA. Telur ini dihasilkan oleh ayam betina yang diberi pangan mikroalga yang diperkaya DHA atau yang diberi suplemen mikroalga turunan DHA.

Makanan lain yang biasanya juga diperkaya dengan omega 3 adalah margarin, susu, yogurt, jus, oatmeal, dan sereal.

3. Minyak kanola

Beberapa jenis minyak tertentu juga mengandung asam lemak omega 3 untuk ibu hamil yang aman dikonsumsi, seperti minyak kanola. Selain itu, ada beberapa pilihan minyak lain, misalnya minyak walnut, minyak kedelai (dan produk kedelai lainnya), serta minyak flaxseed (biji rami).

4. Alpukat dan bayam

Beberapa sayur dan buah juga ada yang mengandung asam lemak omega 3 yang diperlukan ibu hamil, seperti alpukat dan bayam. Selain itu, ibu hamil dapat mengonsumsi daun kale dan kol brussel.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Moores, S. (2017). Safe Sources of Omega-3 Fats for Pregnant Women. [online] Available at: http://www.eatright.org/resource/health/pregnancy/what-to-eat-when-expecting/pregnant-safe-sources-of-omega-3-fats [Accessed 3 Apr. 2017].

Boyles, S. (2004). Pregnant? Omega-3 Essential for Baby’s Brain. [online] WebMD. Available at: http://www.webmd.com/baby/news/20040716/pregnant-omega-3-essential-for-babys-brain#1 [Accessed 3 Apr. 2017].

Zelman, K. M. (2015). Your Omega-3 Family Shopping List. [online] WebMD. Available at: http://www.webmd.com/diet/guide/your-omega-3-family-shopping-list [Accessed 3 Apr. 2017].

Foods High in Omega-3 Fatty Acids – and the Best Ways to Eat Them | What to Expect. [online] Available at: http://www.whattoexpect.com/pregnancy/photo-gallery/foods-high-in-omega-3-fatty-acids-and-the-best-way-to-eat-them [Accessed 3 Apr. 2017].

Coletta JM. (2010). Omega-3 Fatty Acids and Pregnancy. [online] Pubmed. Available at: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3046737/ [Accessed 4 Apr. 2017]

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh Arinda Veratamala
Tanggal diperbarui 04/11/2020
x