Apakah Aman Jika Minum Obat Melatonin Saat Hamil?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Banyak ibu hamil yang mengalami susah tidur di malam hari. Tentu saja hal ini dapat memengaruhi kondisi kesehatannya. Beberapa orang mungkin menyarankan minum obat melatonin. Ya, obat melatonin diandalkan bagi orang-orang yang ingin tidur lebih nyenyak. Namun, bagaimana jika obat melatonin diminum saat hamil? Apakah aman jika minum melatonin saat hamil?

Obat melatonin untuk mengatasi gangguan tidur

Sebenarnya, melatonin adalah hormon yang diproduksi tubuh secara alami dan bertanggung jawab untuk mengatur jam biologis, termasuk waktu tidur. Jadi, jam biologis ini adalah jadwal yang dimiliki tubuh untuk membuat Anda tertidur di malam hari dan terbangun di pagi hari.

Keadaan gelap membuat tubuh memproduksi lebih banyak hormon melatonin, dengan begitu hormon ini akan merangsang otak untuk mengantuk. Sementara ketika lingkungan terang dan banyak cahaya, jumlah melatonin akan menurun dan memberikan sinyal ke otak supaya bangun.

Beberapa orang dengan masalah tidur mungkin memiliki jumlah melatonin yang rendah dalam tubuh, sehingga saat malam tiba, rasa kantuk tak kunjung datang. Maka itu, obat melatonin diperlukan untuk menambah kadar hormon tersebut di dalam tubuh dan akhirnya membuat tidur lebih nyenyak.

Apakah aman minum melatonin saat hamil?

Jika obat melatonin diminum sesuai dengan anjuran dan dosis yang telah ditentukan dokter, maka tidak akan menimbulkan masalah pada kehamilan.

Dosis harian yang disarankan adalah tiga miligram atau kurang, tergantung dengan kondisi masing-masing ibu. Namun hati-hati, minum melatonin saat hamil dengan dosis yang tinggi dapat meningkatkan peluang gangguan perkembangan pada janin. Jadi pastikan bahwa Anda mengonsumsinya sesuai dengan anjuran dokter.

Jika seorang wanita memiliki kondisi medis tertentu, seperti depresi, epilepsi, diabetes, tekanan darah rendah, tekanan darah tinggi, atau hemofilia, mungkin tidak dianjurkan minum melatonin saat hamil. Obat-obatan tertentu dapat berinteraksi dengan suplemen melatonin, terutama yang digunakan untuk mencegah transplantasi organ.

Melatonin juga telah ditemukan dalam ASI, jadi penting untuk menghindari mengonsumsinya ketika menyusui. Efek samping dari melatonin meliputi rasa kantuk, mual, sakit kepala, gangguan mood, denyut jantung yang tidak normal, dan pusing.

Manfaat melatonin saat hamil

Meskipun masih dalam penelitian lebih lanjut, beberapa penelitian menemukan manfaat melatonin ketika masa kehamilan.

Berikut ini adalah beberapa kemungkinan manfaat melatonin untuk janin:

Manfaat yang mungkin untuk ibu hamil termasuk:

  • Meningkatkan kesuburan.
  • Menurunkan risiko preeklampsia, meskipun penelitian pada manusia masih terbatas.
  • Menurunkan risiko kelahiran prematur, meskipun masih diperlukan penelitian pada manusia.
  • Meningkatkan fungsi plasenta.
  • Meningkatkan kualitas tidur, terutama bagi wanita yang bekerja shift dan malam hari.

Masih diperlukan banyak penelitian pada manusia untuk membuktikan apakah melatonin tambahan aman digunakan dan benar-benar dibutuhkan.

Ibu sulit tidur? Tips ini bisa membantu

Masalah sulit tidur memang sering dikeluhkan oleh ibu hamil. Oleh karena itu, untuk membantu agar memudahkan untuk tidur pada ibu hamil, berikut ini tipsnya:

1. Melakukan rutinitas relaksasi sebelum tidur

Apa saja yang dapat ibu hamil lakukan sebelum tidur? misalnya bisa mandi dengan air hangat, mendengarkan musik yang menenangkan, meminum teh hangat atau membaca buku.

2. Tidur dengan miring ke satu sisi

Sering kali pada ibu hamil tidak nyaman jika tidur terlentang, sehingga sebaiknya tidur miring ke salah satu sisi dengan memeluk guling.

3. Sabar dan tidak stres

Banyak ibu hamil yang memiliki kekhawatiran terhadap bayi yang dikandungnya jika kurang tidur. Oleh karena itu, diperlukan perasaan relaks dan bersabar jika mengalami gangguan sulit tidur. Ini adalah hal yang biasa terjadi pada ibu hamil, sehingga jangan menjadi stres karena kondisi ini.

Baca Juga:

Sumber
Pantau Perkembangan Janin Anda Dapatkan update mingguan di email Anda
untuk memantau perkembangan janin dalam kandungan.
Error message goes here
Pantau Bayi Saya
Tak tahu kapan akan melahirkan? Hitung di sini! *Dengan mendaftar, saya setuju dengan Syarat & Ketentuan Hello Sehat.
Anda hamil [num] minggu! Kami siap memandu Anda dalam perjalanan sebagai orangtua. Email pertama untuk Anda akan segera dikirim. Silakan klik tautan yang sudah kami kirim ke email Anda sebagai konfirmasi bahwa alamat email Anda sudah benar.
Sebelum mulai, silakan baca ini dulu:
Kapan hari pertama menstruasi terakhir Anda?
Hitung!
Error message goes here
Anda hamil [num] minggu! Perkiraan Melahirkan: [num] Dapatkan info setiap hari, sesuai dengan kebutuhan pribadi Anda dan bayi.
Error message goes here
Pantau sekarang!
Hitung ulang!
Yang juga perlu Anda baca