Hati-hati, 4 Kebiasaan Ini yang Harus Dihindari Oleh Ibu Hamil

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Kesehatan janin sangat bergantung dengan kesehatan ibunya. Jika ibunya menerapkan gaya hidup yang sehat, tentu tumbuh kembang bayi akan maksimal. Sebaliknya, jika ibu hamil memiliki kebiasaan buruk, kesehatan janin bisa terpengaruh. Lantas, apa saja kebiasaan yang tidak boleh dilakukan saat mengandung? Cari jawaban dan alasannya pada ulasan berikut ini.

Kebiasaan yang ternyata tidak baik dilakukan ibu hamil

Untuk mencapai hidup yang sehat, kebiasaan buruk perlu dihindari, terutama bagi calon ibu. Pasalnya, kebiasaannya ini tidak hanya berdampak buruk bagi dirinya, tapi juga janin dalam kandungan.

Berikut beberapa kebiasaan yang terlihat sepele, yang sebenarnya tidak baik dilakukan saat hamil.

1. Duduk terlalu lama

Ibu hamil memang tidak boleh kelelahan, itu sebabnya ia perlu beristirahat lebih banyak. Namun, bukan berarti ibu hamil punya alasan untuk malas bergerak. Meski kelihatannya sepele, ternyata kebiasaan duduk terlalu lama harus dihindari oleh ibu hamil.

Studi yang dilakukan oleh University of Warwick menunjukkan adanya hubungan antara ibu hamil, depresi, dengan kebiasaan duduk dalam waktu lama.

takut hamil

Tim peneliti menjelaskan bahwa gejala depresi lebih rentan terjadi pada ibu hamil yang sering duduk atau tiduran dalam waktu yang lama.

Duduk atau tiduran dalam waktu yang lama bisa menimbulkan kecemasan dan stres bagi ibu hamil. Contohnya, duduk berdiam diri dapat membuat ibu hamil merasa kesepian, takut dengan persalinan, atau cemas pada perubahan tubuhnya.

Depresi yang menyerang ibu hamil ini tidak hanya berdampak buruk bagi kesehatan mental, tapi juga menggangu perkembangan bayi di dalam kandungan.

Pasalnya, orang yang depresi akan dirundung perasaan sedih, bersalah, dan tidak bisa menikmati aktivitas yang dulunya disenangi.

Bila dibiarkan, nafsu makanannya bisa memburuk. Akibatnya, nutrisi yang dibutuhkan tidak akan tercukupi dan akhirnya menghambat perkembangan tubuh janin.

2. Terlalu lama berdiri

bahaya ibu hamil berdiri terlalu lama

Selain tidak boleh kebanyakan duduk, ibu hamil juga tidak boleh terlalu lama berdiri. “Beberapa wanita hamil yang berdiri dalam jangka waktu yang lama, terutama selama trimester terakhir, rentan mengalami sakit punggung dan pembengkakan pada kaki,” jelas Jilda Hutcherson, MD, seorang ginekolog di Columbia University Medical Center.

Selain itu, berdiri lama juga bisa membuat ibu hamil cepat lelah. Jadi, agar tidak menjadi kebiasaan yang buruk bagi ibu hamil, luangkan waktu untuk duduk.

Anda juga dapat memberikan pijatan lembut pada kaki. Bila ini berkaitan dengan pekerjaan, konsultasikan pada atasan atau manager mengenai kehamilan Anda supaya diberi keringanan.

3. Berada di sekeliling perokok

bahaya asap rokok bagi perokok pasif

Anda tentu sudah tahu bahwa merokok adalah kebiasaan buruk, apalagi untuk ibu hamil. Sebenarnya tidak hanya kebiasaan merokok yang harus dihentikan, paparan asap rokok juga harus dijauhi.

Walaupun tidak merokok, jika ibu hamil berada di sekeliling perokok, asap rokok juga akan terhirup.

Ibu hamil yang sering menghirup asap rokok berisiko melahirkan bayi prematur. Selain itu, bayi yang dilahirkan kemungkinan juga memiliki kemungkinan mengalami berat badan lahir rendah dan masalah pernapasan, seperti alergi dan asma.

Untuk menurunkan risiko tersebut, ibu hamil harus berhati-hati. Jauhi area untuk perokok, pakai masker saat keluar rumah, dan minta pasangan untuk berhenti merokok.

4. Sering kelupaan minum tablet penambah darah dari dokter

suplemen zat besi

Kebiasaan yang juga suka dilakukan selama ibu menjalani masa hamil adalah lupa minum tablet penambah darah.

Tablet penambah darah memiliki kandungan zat besi. Ya, mineral ini dibutuhkan tubuh untuk memproduksi sel-sel darah yang penting bagi ibu hamil dan janinnya.

Selama hamil, kebutuhan zat besi akan meningkat. Itulah sebabnya, beberapa wanita hamil diresepkan dokter untuk minum tablet penambah darah.

Sayangnya, ibu hamil sering kelupaan untuk minum tablet penambah darah. Padahal, suplemen ini bisa mencegah anemia pada ibu hamil dan mendukung pertumbuhan janin. Jika dokter menyarankan Anda untuk minum tablet penambah darah, pasanglah pengingat agar Ada tidak lupa minum obat tersebut.

Baca Juga:

Sumber
Pantau Perkembangan Janin Anda Dapatkan update mingguan di email Anda
untuk memantau perkembangan janin dalam kandungan.
Error message goes here
Pantau Bayi Saya
Tak tahu kapan akan melahirkan? Hitung di sini! *Dengan mendaftar, saya setuju dengan Syarat & Ketentuan Hello Sehat.
Anda hamil [num] minggu! Kami siap memandu Anda dalam perjalanan sebagai orangtua. Email pertama untuk Anda akan segera dikirim. Silakan klik tautan yang sudah kami kirim ke email Anda sebagai konfirmasi bahwa alamat email Anda sudah benar.
Sebelum mulai, silakan baca ini dulu:
Kapan hari pertama menstruasi terakhir Anda?
Hitung!
Error message goes here
Anda hamil [num] minggu! Perkiraan Melahirkan: [num] Dapatkan info setiap hari, sesuai dengan kebutuhan pribadi Anda dan bayi.
Error message goes here
Pantau sekarang!
Hitung ulang!
Yang juga perlu Anda baca