Anda sedang hamil? Ayo ikut komunitas Ibu Hamil kami sekarang!

home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Bayi Kembar, Apakah Juga Berbagi Makanan Ketika di Dalam Kandungan?

Bayi Kembar, Apakah Juga Berbagi Makanan Ketika di Dalam Kandungan?

Mengetahui bahwa Anda akan memiliki bayi kembar tentu hal yang sangat menyenangkan dan menarik. Mungkin, ketika Anda tahu, Anda sudah membayangkan si kembar akan menggunakan baju yang sama, sepatu sama, dan apa pun akan dibagi berdua. Lantas, apakah Anda tidak penasaran bagaimana bayi kembar Anda tumbuh dan berkembang di dalam rahim? Apakah mereka berbagi makanan juga? Apakah mereka tersambung di plasenta yang sama atau tidak? Simak jawabannya di sini.

Apakah bayi kembar berbagi makanan di dalam rahim?

Ketika ibu hamil, banyak perubahan tubuh yang terjadi. Perubahan ini bahkan telah terjadi sesaat setelah pembuahan terjadi. Saat itu, tubuh Anda sudah mulai membentuk organ khusus yang akan dijadikan tempat hidup dari janin. Organ tersebut adalah plasenta atau yang sering disebut dengan ari-ari. Pada masa itu, biasanya embrio (bakal janin) terbagi menjadi dua bagian, yang satu akan berkembang menjadi janin dan yang satunya lagi dipersiapkan sebagai lapisan dari plasenta.

Ya, di dalam plasenta semua hal tersedia untuk menunjang perkembangan serta pertumbuhan rahim. Dari sini, tali pusar yang menjadi saluran makanan dan oksigen terhubung ke janin. Selain itu, plasenta terdiri dari kantung ketuban dan cairan ketuban yang menjaga dan membantu pertumbuhan janin.

Setiap janin pada kehamilan yang sehat dan normal akan memiliki ‘perangkat’ tersebut di dalam rahim ibu. Lantas, jika janin kembar, apakah mereka akan berbagi plasenta? Sebenarnya, ada beberapa kemungkinan yang dapat terjadi ketika Anda mengandung lebih dari satu janin, yaitu:

1. Janin punya plasenta dan kantung ketuban yang terpisah

Seperti janin tunggal yang hidup di dalam rahim ibu, janin yang hanya kembar fratenal (tidak identik) akan memiliki masing-masing plasenta dan kantung ketubannya sendiri. Hal ini akan membuat makanan dan oksigen akan dialirkan ke kantung ketuban dan tali pusar yang berbeda.

sumber: raisingchildren.net.au

Bayi kembar tak identik lebih sering mengalami hal ini karena mereka berasal dari sel telur serta sperma yang berbeda, sehingga ketika masing-masing akan mengalami perkembangan dan pertumbuhan yang sama, seperti layaknya janin tunggal, tapi kali ini lebih dari satu.

Sementara bayi kembar identik tetap bisa mengalami hal ini. Biasanya proses pembelahan tubuh yang terjadi pada janin kembar identik dengan plasenta yang berbeda, cukup baik.

2. Satu plasenta dengan kantung ketuban yang berbeda

Ada juga bayi kembar yang punya plasenta yang sama tapi beda kantung ketuban. Jadi, janin yang kembar tetap tidak ‘berenang’ di dalam kantung dan cairan yang sama. Kondisi ini terjadi pada bayi yang kembar identik, pasalnya kembar identik berasal dari satu sel telur dan sperma yang kemudian memperbanyak diri. Jadi, dalam perkembangannya, jaringan plasenta yang terbentuk berasal dari jaringan sel yang sama.

sumber: http://raisingchildren.net.au/articles/twins_fraternal_and_identical.html/context/1641
sumber: Raisingchildren.net.au

3. Satu plasenta dan kantung ketuban yang sama

Ketika ini terjadi, janin kembar akan berbagi segala hal bersama-sama. Ya, bayi kembar yang lahir dari rahim dengan plasenta serta kantung ketuban yang sama harus berbagi makanan dan oksigen bersama-sama. Kondisi ini juga terjadi pada bayi kembar identik.

Karena berada dalam satu kantung yang sama, terkadang pembagian makanan yang terjadi tidak adil. Ada bayi yang mendapatkan lebih banyak makanan daripada bayi kembarannya yang lain. Tentu saja hal ini dapat menimbulkan berbagai dampak buruk bagi si janin.

sumber: sumber: raisingchildren.net.au

Maka dari itu, bagi Anda yang mengandung bayi kembar, sebaiknya sering-sering melakukan pemeriksaan ke dokter, untuk melihat perkembangan dari janin-janin Anda.

Punya cerita soal kehamilan?

Ayo gabung dengan komunitas Ibu Hamil Hello Sehat dan temukan berbagai cerita menarik seputar kehamilan.


health-tool-icon

Kalkulator Hari Perkiraan Lahir-Hello Sehat

Gunakan kalkulator ini untuk menghitung hari perkiraan lahir (HPL) Anda. Ini hanyalah prediksi, bukan sebuah jaminan pasti. Pada umumnya, hari melahirkan sebenarnya akan maju atau mundur seminggu dari HPL.

Durasi siklus haid

28 days

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Raisingchildren.net.au. (2017). Fraternal twins & identical twins | Raising Children Network . [online] Available at: http://raisingchildren.net.au/articles/twins_fraternal_and_identical.html/context/1641  [Accessed 8 Dec. 2017].

Verywell. (2017). Are My Twins Sharing a Placenta? Does It Matter to Their Health?. [online] Available at: https://www.verywell.com/how-many-placentas-are-there-in-a-twin-pregnancy-2447486  [Accessed 8 Dec. 2017].

Fetus.ucsf.edu. (2017). Twin Pregnancy Complications | UCSF Fetal Treatment Center. [online] Available at: https://fetus.ucsf.edu/twin-pregnancy-complications  [Accessed 8 Dec. 2017].

 

Foto Penulis
Ditulis oleh Nimas Mita Etika M Diperbarui 13/12/2017
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
x