4 Penyebab yang Membuat Tenggorokan Anda Berdahak

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 15/04/2020 . 3 menit baca
Bagikan sekarang

Apakah Anda pernah merasa tenggorokan Anda sangat gatal dan terasa ada yang mengganjal di dalamnya? Kondisi ini sering kali disebabkan oleh lendir tenggorokan yang terlalu banyak dan menumpuk. Tenggorokan berdahak ini bisa dipicu oleh makanan atau minuman yang Anda konsumsi sehari-hari.

Sebenarnya, memiliki banyak lendir di tenggorokan normal atau tidak? Apa yang menjadi penyebab tenggorokan berdahak? Serta jenis makanan apa saja yang bisa membuat tenggorokan tersumbat akibat lendir?

Lendir tenggorokan sebenarkan penting untuk mencegah penyakit infeksi

Lendir di dalam tenggorokan Anda sebenarnya sangat berperan untuk mencegah berbagai zat asing masuk ke dalam tubuh. Jika ada zat asing yang secara tidak sengaja masuk, maka zat tersebut akan menempel pada lendir, kemudian tubuh akan mengeluarkan zat dan lendir tersebut keluar – entah melalui ingus atau dahak. Namun, ketika tubuh Anda terinfeksi atau suhu lingkungan dingin, ini dapat membuat produksi lendir tenggorokan lebih banyak.

Apa penyebab tenggorokan berdahak dan memproduksi lendir lebih banyak?

1. Alergi makanan tertentu yang tidak Anda sadari

Salah satu hal yang dapat membuat lendir di tenggorokan Anda menjadi lebih banyak adalah alergi. Banyak orang yang merasa tenggorokannya terganjal sesuatu – akibat lendir – tidak menyadari bahwa merek punya alergi dan sedang mengalami alergi saat itu. Alergi tidak hanya membuat tubuh Anda menjadi gatal-gatal saja tetapi juga bisa menimbulkan efek lain, contohnya produksi lendir di tenggorokan menjadi lebih banyak.

Beberapa jenis makanan yang mampu menyebabkan alergi adalah telur, ikan, susu dan produknya, kacang, kerang, dan kacang kedelai.

2. Histamin yang tinggi

Histamin dilepaskan secara otomatis oleh tubuh apabila Anda mengalami alergi, tetapi terkadang histamin terkandung di dalam beberapa makanan atau jenis makanan tertentu mampu untuk meningkatkan histamin dalam tubuh – meski tidak sedang alergi. Makanan yang mengandung histamin alami adalah keju, yogurt, mentega, cuka, ikan asap, daging kemasan, dan buah-buahan kering.

Sementara itu, makanan yang dapat meningkatkan produksi histamin dalam tubuh kemudian memicu produksi lendir tenggorokan adalah pisang, coklat, strawberi, pepaya, nanas, dan telur.

3. Asam lambung meningkat

Asam lambung yang naik kembali ke bagian tenggorokan, atau disebut juga refluks asam lambung, merangsang produksi lendir yang berlebihan. Hal ini disebabkan karena asam lambung dapat melukai tenggorokan, sehingga tubuh akan secara otomatis menghasilkan lendir agar tidak terjadi peradangan yang berlanjut. Sementara, tanpa sadar Anda mengonsumsi makanan yang bisa membuat asam lambung naik, seperti cokelat, kopi, mint, minuman berkarbonasi, serta makanan yang tinggi lemak. Hindari hal tersebut jika Anda mengalami gangguan tenggorokan.

4. Pola diet yang tidak sehat

Sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal of Respiratory Critical Care Medicine pada tahun 2006 silam, menemukan bahwa seseorang yang menerapkan diet tinggi natrium, terlalu sering dan banyak mengonsumsi karbohidrat serta daging olahan, cenderung lebih sering mengalami tenggorokan tersumbat akibat lendir. Sehingga, pola diet yang tidak sehat juga dapat membuat lendir tenggorokan Anda meningkat.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Sudah Benarkah Cara Cuci Tangan Anda?

Cuci tangan bukan sekadar gosok, bilas, dan keringkan. Ada cara cuci tangan yang baik untuk benar-benar efektif bunuh kuman.

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Hidup Sehat, Tips Sehat 22/06/2020 . 4 menit baca

Apakah Anda Termasuk Orang yang Cukup Bersih? Cek Dulu di Sini!

Selama ini Anda sudah mahir menjaga kebersihan diri atau belum? Ini dia tips-tips supaya tubuh selalu bersih dan bebas dari penyakit.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Hidup Sehat, Tips Sehat 22/06/2020 . 5 menit baca

7 Hal yang Paling Sering Ditanyakan Tentang Kolesterol

Kadar kolesterol tinggi bisa menghantui siapa pun. Pelajari sekarang juga apa itu kolesterol dan semua pertanyaan seputar kolesterol yang sering diajukan.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Nutrisi, Hidup Sehat 22/06/2020 . 5 menit baca

4 Penyebab Kanker Kembali Lagi Setelah Sembuh

Setelah melakukan pengobatan yang cukup panjang dan kanker dinyatakan sembuh, rasanya sangat melegakan. Namun, bagaimana kalau kanker kembali muncul?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Hidup Sehat, Tips Sehat 21/06/2020 . 6 menit baca

Direkomendasikan untuk Anda

gejala penyakit yang diacuhkan

8 Gejala Penyakit Berbahaya yang Sering Anda Abaikan

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 03/07/2020 . 4 menit baca
mengatasi mimpi buruk

Sering Mimpi Buruk? Ini Cara Mengatasinya

Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 02/07/2020 . 5 menit baca
mitos fakta cacingan

Mengungkap Mitos dan Fakta Seputar Masalah Cacingan

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Dipublikasikan tanggal: 29/06/2020 . 5 menit baca
kacang almond

Khasiat Mujarab Kacang Almond untuk Penderita Hipertensi

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 25/06/2020 . 5 menit baca