backup og meta
Kategori
Cek Kondisi

3

Tanya Dokter
Simpan

Cara Mudah Mengeluarkan Dahak Membandel di Tenggorokan

Ditinjau secara medis oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H. · General Practitioner · Medicine Sans Frontières (MSF)


Ditulis oleh Nimas Mita Etika M · Tanggal diperbarui 03/11/2023

Cara Mudah Mengeluarkan Dahak Membandel di Tenggorokan

Gangguan pada paru-paru, seperti pneumonia, bronkitis, atau penyakit paru obstruktif kronis (PPOK), dapat menyebabkan produksi dahak yang berlebih. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan dahak secara efektif, baik dengan obat pengencer dahak, terapi pernapasan, maupun perawatan rumahan.

Beragam cara mengeluarkan dahak

Dahak sebenarnya berfungsi melembapkan, membersihkan, dan melindungi organ di sistem pernapasan dari zat asing yang mengiritasi.

Namun, dahak yang menumpuk dapat menimbulkan rasa mengganjal dan mengganggu pernapasan.

Nah, jika Anda sering merasa terganggu dengan tenggorokan yang berdahak, Anda bisa mencoba berbagai cara berikut untuk mengeluarkan dahak berlebih.

1. Batuk dengan teknik tertentu

kegunaan lengkuas untuk batuk

Batuk juga memiliki teknik tersendiri agar Anda bisa mengeluarkan dahak dengan mudah. Terdapat dua teknik batuk yang bisa Anda coba, yakni batuk dalam dan batuk kencang.

Untuk melakukan batuk dalam, duduklah pada kursi dengan posisi kaki menyentuh lantai. Lipat tangan di depan tubuh hingga menekan perut dan tariklah napas dalam-dalam.

Dalam posisi tubuh terikat tangan dan perut tertekan, batuklah dengan kencang sampai Anda bisa mengeluarkan dahak dari tenggorokan.

Untuk melakukan batuk kencang, awali dengan menarik napas dalam-dalam hingga terasa memenuhi paru-paru.

2. Bernapas dalam-dalam

Selain teknik batuk, teknik pernapasan juga bisa membantu Anda mengeluarkan dahak dengan efektif.

Caranya dengan menghirup udara lebih dalam hingga paru-paru terasa mengembang. Setelahnya, embuskan kembali napas hingga paru-paru Anda kembali mengempis.

Teknik pernapasan ini membantu membersihkan paru-paru dari lendir yang menghalangi pergerakan udara di dalam saluran pernapasan.

3. Minum minuman hangat

Perbanyaklah konsumsi cairan hangat ketika mengalami batuk berdahak. Minuman hangat, seperti air putih hangat, sup kaldu, dan teh dapat membantu mengencerkan dahak sekaligus memberi sensasi melegakan.

Selain itu, berkumur dengan air garam hangat selama beberapa kali juga bisa membantu melarutkan dahak yang menggumpal di sekitar tenggorokan.

4. Mengonsumsi bawang

Bawang termasuk pengencer dahak alami karena dianggap dapat bekerja seperti ekspektoran (pengencer dahak).

Bumbu masakan ini sebenarnya mengandung senyawa antiradang yang dapat merangsang Anda untuk batuk dan mengeluarkan dahak.

Anda dapat menambahkan potongan bawang pada sup kaldu hangat yang ditambahkan sumber protein, seperti ayam atau daging. 

5. Mencampurkan madu ke dalam teh

Tak hanya rasanya yang enak, mengonsumsi madu juga bisa menjadi cara untuk mengeluarkan dahak berlebih di dalam tenggorokan.

Madu terbukti efektif menyembuhkan gejala batuk dan radang tenggorokan yang dialami anak-anak jika dikonsumsi secara rutin. Madu juga membantu penyembuhan radang dan menghilangkan dahak.

Jika dahak sangat mengganggu, Anda dapat mencoba mencampurkan madu ke dalam teh hangat. Campurkan juga perasan lemon agar rasanya lebih segar.

Namun, jangan berikan madu sebagai obat pengencer dahak pada anak di bawah usia satu tahun. Ini bisa membuat anak berisiko mengalami botulisme.

6. Mengonsumsi jahe

wedang jahe sebagai pertolongan pertama alami

Selain sebagai rempah dasar masakan, jahe memang kerap digunakan sebagai obat alternatif yang ampuh mengatasi beberapa gangguan kesehatan, termasuk perut kembung dan mual.

Cara mengeluarkan dahak dengan menggunakan jahe bisa dilakukan dengan menambahkan potongan jahe ke dalam minuman hangat seperti teh, susu, atau air hangat. 

7. Membuat teh daun mint

Rasa daun mint yang kuat bisa membuat tenggorokan Anda lebih lega.

Menurut studi dalam jurnal Thorax, daun mint mengandung mentol yang memiliki fungsi untuk mengurangi produksi dahak serta mencairkan dahak yang menggumpal.

Untuk memanfaatkan daun mint sebagai obat pengencer dahak alami, Anda bisa memasukkannya ke dalam teh hangat dan minumlah ketika dahak terasa mengganjal dalam tenggorokan.

8. Membuat sup lobak

Lobak adalah jenis sayuran yang dipercaya dapat membantu tenggorokan bebas dari dahak yang menumpuk.

Selain itu, lobak juga mampu membantu mengatasi radang tenggorokan, meningkatkan nafsu makan, serta membantu menyembuhkan Anda dari flu dan batuk.

Bahan makanan ini bekerja dengan cara merangsang sistem kekebalan tubuh untuk lebih kuat dalam menyerang bakteri maupun virus yang menginfeksi.

Sama halnya dengan bawang, Anda bisa mengolah lobak menjadi obat pengencer dahak alami dengan menambahkannya ke dalam sup hangat.

9. Menggunakan humidifier

Gunakanlah humidifier untuk meningkatkan kelembapan ruangan sekaligus membersihkan udara dari debu, polusi, dan kuman penyakit.

Dengan begitu, Anda bisa terhindar dari hal-hal yang dapat memperparah iritasi pada saluran napas sehingga dahak tidak semakin menumpuk.

10. Mengonsumsi obat pengencer dahak

Terdapat dua jenis obat pengencer dahak yang umum dikonsumsi, yaitu ekspektoran yang bisa diperoleh secara bebas (OTC) dan mukolitik yang membutuhkan resep dokter.

Ekspektoran bekerja dengan cara mengencerkan dahak tebal dan menggumpal sehingga lebih mudah dikeluarkan saat batuk. Contoh obat ekspektoran adalah guaifenesin.

Selain itu, obat pengencer dahak ini juga menghambat produksi protein penghasil dahak sehingga bisa mengurangi jumlah dahak secara signifikan.

Sementara itu, mukolitik dengan menghancurkan ikatan kimia pada dahak sehingga tekstur dahak menjadi lebih cair dan mudah dikeluarkan lewat batuk. Contoh obat mukolitik adalah bromhexine.

11. Terapi paru-paru

Terapi paru-paru (chest physiotherapy) mungkin diperlukan saat dahak yang menumpuk sudah sangat menyulitkan Anda untuk bernapas secara normal.

Pada pengobatan yang juga dikenal sebagai terapi dada ini, biasanya digunakan alat yang dapat mengangkat dahak yang menyumbat saluran pernapasan.

Pengobatan ini bisa dilakukan di rumah sakit di bawah pengawasan terapis. Selama terapi, Anda mungkin juga akan diajarkan teknik batuk dan pernapasan tertentu sebagai cara efektif untuk mengeluarkan dahak.

Selain menggunakan berbagai cara di atas untuk mengeluarkan dahak, Anda juga sebaiknya tetap beristirahat. Apalagi, batuk terkadang juga membuat Anda kelelahan.

Beristirahat akan membantu tubuh Anda untuk pulih dengan lebih cepat. Jika dahak disertai batuk tak kunjung hilang, segeralah memeriksakan diri ke dokter untuk mencari penyebab batuk yang Anda alami.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.

General Practitioner · Medicine Sans Frontières (MSF)


Ditulis oleh Nimas Mita Etika M · Tanggal diperbarui 03/11/2023

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan