Sensasi Globus Menyebabkan Rasa Mengganjal di Tenggorokan

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 6 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
Bagikan sekarang

Sensasi globus adalah rasa tidak nyaman atau mengganjal pada tenggorokan. Meski begitu, tenggorokan yang terasa mengganjal tidak terasa sakit, tapi bisa sangat mengganggu. Anda biasanya akan khawatir akan kesulitan menelan atau tersedak makanan karena sensasi mengganjal di tenggorokan ini. Secara umum, sensasi globus tidak disebabkan oleh gangguan kesehatan serius dan bisa diatasi melalui perawatan di rumah dan pengobatan medis.

Mengenal sensasi globus

Sensasi globus menimbulkan rasa tidak nyaman, seolah ada yang mengganjal di tenggorokan. Sebagian besar orang yang mengalaminya merasa seperti ada benjolan yang menghalangi  atau seperti ada makanan yang tetahan di dalam ternggorokan.

Selain rasa mengganjal, tenggorokan juga terasa gatal tapi tidak terasa sakit berbeda dengan disfagia yang menyebabkan seseorang kesulitan untuk menelan makanan. Gangguan ini biasanya akan semakin terasa ketika Anda makan atau minum. Sensasi globus bisa mucul dalam waktu yang lama dan kemungkinan bisa kambuh lagi setelah hilang. 

Pada studi berjudul Globus Pharyngeus, kasus sensasi globus pertama yang diketahui muncul sekitar 2.500 tahun yang lalu. Namun, baru pada 1707 John Purcell menggambarkan kondisi tersebut sebagai tekanan pada kartilago tiroid yaitu kelenjar di sekitar tenggorokan yang disebabkan oleh kontraksi otot leher.

Para dokter sebelumnya juga menduga bahwa laporan tentang tenggorokan yang terasa mengganjal ada kaitannya dengan histeria (ketakutan yang berlebihan) sesaat. Hal ini disebabkan kebanyakan pasien mengeluh adanya benjolan yang mengganjal di leher mereka, tapi saat diperiksa tidak ada apa-apa.

Oleh karena itu, sensasi mengganjal di tenggorokan ini sering dikaitkan dengan gangguan emosi yang disebabkan oleh efek samping menopause, gangguan kecemasan, atau stres.

Baru pada tahun 1968 kasus globus tidak hanya merujuk pada gangguan psikologis, tapi juga berkaitan dengan penyakit fisiologis. Sekitar 4% kasus sensasi globus disebabkan dari kondisi di sekitar dari telinga, hidung, dan tenggorokan (THT).

Penyebab dari rasa mengganjal di tenggorokan

makanan manis radang tenggorokan

Sensasi globus merupakan gangguan pada tenggorokan yang cukup umum dan bisa menyerang siapa saja.

Namun, mendiagnosis penyebab dari sensasi globus tidak mudah karena seperti yang telah dijelaskan gangguan ini bisa disebabkan oleh berbagai penyakit. Rasa mengganjal juga bisa disebabkan oleh makanan yang tersangkut di tenggorokan.

Berikut ini adalah beberapa kondisi yang dapat menjadi penyebab munculnya sensasi tenggorokan yang terasa mengganjal:

1. Radang pada tenggorokan

Dari kasus yang ada, sensasi globus umumnya merupakan gejala yang ditimbulkan akibat peradangan di sekitar tenggorokan. Radang di tenggorokan menyebabkan tenggorokan menjadi kering sehingga otot di sekitarnya tertarik sehingga menimbulkan sensasi mengganjal.

Kondisi peradangan pada tenggorokan (faringitis) biasanya disebabkan oleh adanya infeksi virus atau bakteri yang menyebabkan peradangan di beberapa bagian tenggorokan yaitu pada amandel (tonsilitis), epiglotis (epiglotitis), dan pita suara (laringitis).

Selain tenggorokan yang terasa mengganjal, gejala lain seperti tenggorokan terasa panas, nyeri, dan perih juga mungkin dialami. 

Sakit Tenggorokan

2. GERD (refluks asam lambung)

Penyakit refluks asam lambung atau GERD yang menyebabkan zat asam naik ke kerongkongan  bisa mengakibatkan munculnya sensasi globus.

Selain bisa mengakibatkan iritasi di kerongkongan dan tenggorokan, naiknya asam lambung juga bisa menekan otot-otot di bagian ini sehingga timbul sensasi mengganjal.

Diketahui sebanyak 68 persen orang yang mengalami kondisi globus kebanyakan berkaitan dengan masalah pada asam lambung.

3.  Stres dan gangguan kecemasan

Ada beberapa hubungan antara kondisi psikologis dan sensasi pada globus. Beberapa penelitian menemukan bahwa tekanan psikologis seperti stres, depresi, dan kecemasan berkaitan erat dengan munculnya perasaan tercekik atau mengganjal pada tenggorokan.

Begitupun dengan seseorang yang mengalami gangguan trauma yang kerap merasakan sensasi globus saat teringat dengan peristiwa-peristiwa traumatis yang dialaminya.

Akan tetapi, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui hubungan yang jelas antara faktor psikologis dan sensasi globus.

4. Penyakit tiroid

Seseorang yang memiliki kelainan tiroid mungkin juga mengalami sensasi globus. Gejala ini lebih sering terjadi pada orang-orang yang memiliki kelainan tiroid aktif atau sebagai efek samping dari operasi tiroidektomi, yaitu prosedur yang mengharuskan pengangkatan sebagian atau seluruh kelenjar tiroid. 

5. Makanan tersangkut di tenggorokan

Anda biasanya akan merasakan ada yang mengganjal di tenggorokan saat ada makanan menyangkut di tenggorokan. Hal ini bisa disebabkan karena Anda tidak menguyah makanan dengan baik atau tertelan makanan bertekstur keras dan tajam seperti permen atau duri ikan.

Cara mengatasi tenggorokan yang terasa mengganjal

Tidak ada cara pengobatan yang pasti untuk mengatasi sensasi globus. Pengobatan untuk gangguan pada tenggorokan ini akan bergantung dengan penyakit yang menyebabkannya.

1. Perawatan di rumah

Sensasi globus yang disebabkan radang tenggorokan dan GERD biasanya tidak berbahaya bahkan rasa mengganjal bisa saja hilang dengan sendirinya.

Kedua kondisi ini masih bisa ditangani dengan pengobatan rumahan untuk radang tenggorokan. Anda bisa memperbanyak minum cairan dan mengonsumsi obat-obatan seperti obat pereda nyeri atau obat antasida dan obat H-2 blocker seperti ranitidine untuk menurunkan kadar asam lambung.

Anda juga perlu menghindari jenis makanan berlemak, asam, atau pedas hingga rasa mengganjal di tenggorokan benar-benar hilang.

Untuk makanan yang menyangkut di tenggorokan, bisa meminum banyak air atau menelan makanan lain sehingga bisa ikut membawa makanan yang tersangkut turun ke saluran pencernaan.

Namun, cara mengatasi tenggorokan yang terasa mengganjal ini belum tentu efektif untuk setiap kondisi, apalagi jika gejala terus berlangsung lama atau bahkan sering kambuh.

Kondisi ini memerlukan pengobatan medis seperti antibiotik untuk radang tenggorokan jika memang disebabkan infeksi bakteri.

2. Perawatan medis

Untuk faktor stres dan gangguan cemas, gangguan tenggorokan yang terasa mengganjal bisa diobati dengan mengatasi penyebab stres dan cemas tersebut. 

Anda yang kerap mengalami sensasi globus dan berkaitan dengan gangguan psikologis perlu mendapatkan bantuan medis melalui pengobatan, konseling, dan terapi.

Dokter mungkin merekomendasikan pengobatan antidepresan yang disertai dengan terapi perilaku kognitif (CBT) ataupun metode lain untuk mengurangi kecemasan yang dialami.

Tenggorokan yang terasa mengganjal, tapi tidak terasa sakit bisa disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari radang tenggorokan, gangguan psikologis hingga makanan yang tersangkut.

Jika sensasi globus terus menerus dialami apalagi sampai tersedak dan sulit bernapas, sebaiknya Anda segera mencari bantuan medis.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Difteri

Difteri adalah penyakit yang menyerang tenggorokan dan sistem pernapasan. Kondisi ini umum terjadi pada anak-anak. Seberapa bahaya penyakit ini?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Gangguan Pernapasan pada Anak, Kesehatan Anak, Parenting 3 Januari 2021 . Waktu baca 12 menit

Abses Peritonsil

Abses peritonsil adalah infeksi bakteri atau virus pada amandel yang menyebabkan terbentuknya nanah. Kondisi bisa menjadi komplikasi dari radang amandel.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Kesehatan THT, Gangguan Tenggorokan 3 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Sakit Tenggorokan

Sakit tenggorokan adalah salah satu gejala radang tenggorokan. Cari tahu gejala, penyebab, dan obat sakit tenggorokan di Hello Sehat.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Novita Joseph
Kesehatan THT, Gangguan Tenggorokan 3 Januari 2021 . Waktu baca 10 menit

Laringitis (Radang Pita Suara)

Laringitis atau radang pita suara adalah suatu kondisi di mana pita suara membengkak sehingga suara menjadi serak. Kondisi ini biasanya hilang 2-3 minggu.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Novita Joseph
Kesehatan THT, Gangguan Tenggorokan 2 Januari 2021 . Waktu baca 8 menit

Direkomendasikan untuk Anda

lendir tenggorokan penyebab

Dahak di Tenggorokan Tidak Hilang-Hilang? Begini Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Dipublikasikan tanggal: 14 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit
Bahaya atau komplikasi radang amandel tonsilitis

5 Komplikasi yang Mungkin Terjadi Jika Radang Amandel Tidak Diobati

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 5 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
sariawan di tenggorokan

Sariawan di Tenggorokan: Penyebab dan Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 4 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit
tonsilitis atau radang amandel

Tonsilitis (Radang Amandel)

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Shylma Na'imah
Dipublikasikan tanggal: 3 Januari 2021 . Waktu baca 10 menit