Bau Kaki Bisa Sangat Mengganggu, Hilangkan Dengan Berbagai Kiat Jitu Ini

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Bau kaki sebenarnya bukan masalah medis yang serius, tapi ini dapat memengaruhi kehidupan seseorang dan juga orang lain disekelilingnya. Bau kaki juga sering membuat seseorang menjadi kurang percaya diri. Banyak orang dengan bau kaki menjadi takut untuk melepas sepatunya di depan banyak orang. Lantas, bagaimana cara menghilangkan bau kaki? Simak jawabannya di sini.

Berbagai cara untuk menghilangkan bau kaki

bau kaki

Bau kaki atau dalam istilah medis disebut dengan bromodosis yang biasanya disebabkan oleh pertumbuhan bakteri di kaki.

Meski normalnya setiap orang memiliki bakteri alami yang hidup di kaki, tapi jika jumlahnya berlebihan ini dapat menimbulkan bau yang tidak sedap.

Menggunakan sepatu dan kaus kaki sepanjang hari, bisa membuat kaki Anda berkeringat dan menjadi lembap. Kondisi kaki yang lembap menjadi tempat yang disenangi bakteri untuk berkembang biak.  Jika Anda tidak memperhatikan kebersihan kaki, kaus kaki dan sepatu Anda, hal ini mudah terjadi.

Berikut berbagai cara atau tips untuk menghilangkan bau kaki.

Tips pakai sepatu untuk menghilangkan bau kaki

Kaus kaki dan sepatu bisa menyebabkan kaki berkeringat, yang bisa memperburuk bau kaki. Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan seseorang untuk mengurangi atau menghilangkan bau kaki yang terkait dengan alas kaki, antara lain.

Kaus kaki

Menggunakan kaus kaki setiap saat dapat memicu bau kaki, karena itu gunakan kaus kaki dengan bahan yang mudah menyerap keringat, sehingga bisa mengurangi bau tidak sedap pada kaki. Pastikan juga Anda mengganti kaus kaki dengan rutin setiap hari.

Sepatu

Sebaiknya gunakan sepatu yang memiliki ruang untuk bernapas atau menyerap keringat. Ini dapat membantu mengurangi timbulnya keringat.

Hindari menggunakan sepatu yang terbuat dari plastik atau jelly, karena membuat kaki mudah berkeringat dan tidak ada ruang untuk menyerap keringat. Sehingga keringat terperangkap di dalam sepatu dan menyebabkan bau kaki.

Sol dan semprotan anti bakteri

Untuk mencegah bau kaki, Anda bisa mengganti sol sepatu dengan sol antibakteri. Selain itu, Anda bisa menggunakan semprotan anti bakteri atau disinfektan untuk digunakan pada sol sepatu Anda.

Perawatan di rumah untuk menghilangkan bau kaki

Kaki bersih adalah kunci utama mencegah maupun menghilangkan bau kaki, termasuk mencucinya rutin dengan sabun antibakteri. Beberapa hal yang bisa Anda coba di rumah untuk menghilangkan bau kaki adalah:

Eksfoliasi kaki

Menggunakan scrub atau batu apung dapat membantu mengangkat sel kulit mati. Jika Anda ingin menghilangkan bau kaki, Anda bisa menggunakan batu apung 2-3 kali setiap minggu.

Selain itu, Anda juga dapat membersihkan kaki Anda dengan sabun mandi hingga bersih setiap hari. Setelahnya selalu pastikan kaki Anda kering hingga celah-celah jari.

Rendam air garam

Merendam kaki dengan air garam bermanfaat sebagai proses pengelupasan kulit mati. Siapkan mangkuk atau ember kecil yang berisi air hangat, dan larutkan satu setengah cangkir garam ke dalamnya. Rendam kaki Anda selama 10-20 menit lalu keringkan kaki Anda.

Rendam air cuka

Caranya hampir sama dengan rendam air garam, siapkan ember kecil yang berisi air hangat lalu tambahkan cuka secukupnya. Anda bisa menggunakan cuka apel atau cuka putih untuk ini. Rendam kaki Anda selama 15-20 menit.

Namun, jika Anda memiliki luka di kaki, sebaiknya hindari ini. Karena cuka memiliki potensi untuk mengiritasi area kulit yang terbuka.

Antiperspirant

Gunakan semprotan deodorant atau antiperspirant pada kaki Anda. Ini dapat mengurangi keringat di kaki Anda.

Bila tak kunjung hilang, ada pilihan perawatan medis yang bisa dilakukan

Jika perawatan rumah tidak efektif untuk menghilangkan bau kaki. Anda mungkin bisa konsultasi dengan dokter Anda untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Berikut pilihan perawatan yang biasanya dokter akan berikan.

Iontophoresis

Salah satu pilihan pengobatan adalah proses yang disebut iontophoresis. Ini adalah pengobatan yang memberikan arus listrik ringan melalui air ke kulit untuk mengurangi timbulnya kaki berkeringat.

Botox

Pilihan lain yang digunakan adalah injeksi toksin botulinum atau Botox. Obat ini disuntikkan ke kaki dengan cara yang dikenal sebagai suntikan plantar.

Namun, suntikan ini bisa sangat menyakitkan dan perawatan tidak dapat dilakukan hanya sekali, akan memerlukan perawatan berikutnya.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: September 30, 2018 | Terakhir Diedit: September 27, 2018

Sumber
Yang juga perlu Anda baca