backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

7 Rekomendasi Merek Vitamin untuk Diabetes di Apotek

Fakta medis diperiksa oleh Hello Sehat Medical Review Team


Ditulis oleh Adhenda Madarina · Tanggal diperbarui 4 minggu lalu

7 Rekomendasi Merek Vitamin untuk Diabetes di Apotek

Pasien diabetes tidak hanya harus mengontrol asupan makanannya tetapi juga perlu mengonsumsi vitamin untuk menjaga stamina tubuh. Mengingat, ada sejumlah makanan seperti gula dan karbohidrat yang harus dibatasi konsumsinya. Agar tahu merk vitamin untuk diabetes di apotik yang cocok, kami memiliki rekomendasinya berikut ini.

Cara memilih vitamin untuk diabetes di apotik

Diabetes atau penyakit gula merupakan kondisi kronis ketika kadar gula darah terlalu tinggi.

Oleh karena itu, penting untuk pasien diabetes mengontrol gula darah dengan minum obat-obatan yang telah diresepkan oleh dokter.

Tak hanya itu, konsumsi vitamin biasanya berguna untuk menjaga kesehatan tubuh dan agar terhindar dari kekurangan gizi, termasuk pada pasien diabetes.

Meskipun hampir semua obat memiliki risiko efek samping, pastikan Anda memilih vitamin yang tidak mengandung bahan-bahan berbahaya yang dapat memperparah kondisi tubuh.

Apabila masih ragu menentukan merk vitamin mana yang bagus untuk pasien diabetes, Anda bisa menanyakan terlebih dahulu dengan dokter atau apoteker di apotek.

Merk vitamin untuk pasien diabetes di apotik

waktu mengonsumsi vitamin untuk puasa

Selain dapat membantu mengontrol kadar gula darah, pasien diabetes perlu mengonsumsi vitamin agar tidak lemas. Kendati begitu, perlu Anda ingat jika tidak semua vitamin aman untuk pasien diabetes.

Pasalnya, beberapa produk mungkin dapat berinteraksi dengan obat-obatan diabetes atau dapat memiliki efek samping yang tidak diinginkan.

Nah, untuk memudahkan Anda menemukan merk vitamin yang cocok untuk pasien diabetes di apotik, kami memiliki rekomendasinya berikut ini.

1. Natures Plus Sc Formula

Natures Plus Sc Formula merupakan merk vitamin untuk diabetes yang bisa Anda temukan di apotik. Produk ini bertujuan untuk membantu pasien hiperglikemia dalam mengendalikan kadar gula darahnya.

Vitamin ini mengandung Chromium Polynicotinate yang berperan dalam metabolisme glukosa dan membantu penggunaan insulin dalam tubuh agar lebih efektif.

Sementara itu, dosis yang disarankan adalah 1 kapsul sehari dan dapat Anda minum 15 menit sebelum makan. Untuk penyimpanan, Anda dapat letakkan produk ini pada suhu antara 15-30 derajat celcius.

Nomor registrasi BPOM: SI054317821 

2. Vitabiotics Diabetone Kapsul

Diabetone diformulasikan secara spesifik untuk membantu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral bagi para diabetesi, sebutan bagi pasien diabetes.

Vitamin ini bertujuan untuk membantu menjaga kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan, bukan sebagai pengobatan untuk diabetes atau kontrol metabolik.

Vitabiotics Diabetone Kapsul memiliki kandungan 21 mikronutrien yang penting, sehingga Anda tidak perlu mengonsumsi multivitamin tambahan.

Selain itu, Diabetone tidak mengandung gula tambahan, obat, atau hormon yang aman untuk diabetesi konsumsi.

Untuk aturan pemakaian, Anda bisa mengonsumsi 1 tablet sehari sesudah makan. Pastikan diminum dengan air putih, tidak dengan kopi dan teh.

Nomor registrasi BPOM: SD191354861

3. Inlacin

Apabila Anda sedang mencari vitamin untuk diabetes yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah di apotik, merek Inlacin bisa jadi alternatif pilihan yang bagus.

Bahkan, Inlacin dapat Anda gunakan sebagai terapi pendukung dalam pengobatan Diabetes Melitus tipe 2 karena mengandung Bioaktif DLBS3233.

Melansir jurnal Drug Design, Development and Therapy (2016), Bioaktif DLBS3233 merupakan senyawa kimia yang menghasilkan aktivitas biologi dalam tubuh dan telah terbukti secara klinis dapat membantu menurunkan kadar glukosa darah.

Produk ini hadir dalam bentuk kapsul dengan dosis 100 mg dan 50 mg yang umumnya diminum 1 kali sehari.

Nomor registrasi BPOM: FF152300621

4. Diabetasol

Anda mungkin sudah familiar dengan merek yang satu ini. Ya, Diabetasol termasuk salah satu merk vitamin yang bisa Anda temukan di apotik atau swalayan terdekat dan dikonsumsi oleh pasien diabetes.

Diabetasol merupakan nutrisi pengganti makan yang lengkap dan seimbang dengan Vita Digest dan Indeks Glikemik Rendah untuk membantu menjaga kestabilan gula darah.

Menariknya, susu medis ini hadir dalam varian rasa coklat dan vanilla yang bisa Anda pilih sesuai selera.

Nomor registrasi BPOM: 867010436281 

5. Lipesco

Lipesco dirancang khusus untuk membantu pasien diabetes dalam memelihara kesehatannya. Produk ini mengandung:

  • alfa-Lipoic acid 600 mg,
  • vitamin B12 175 mcg,
  • vitamin E 8 mg,
  • vitamin B1 mononitrate 60 mg, dan
  • vitamin B6 HCI 100 mg.

Suplemen ini dapat Anda konsumsi 1 kali sehari sebanyak 1 kaplet. Selain itu, dilengkapi dengan pengontrol gula darah dan mampu mengurangi rasa nyeri pada pasien gangguan saraf akibat penyakit diabetes.

Seperti vitamin lainnya, penggunaan lipesco harus sesuai dengan anjuran dokter dan tidak boleh digunakan sebagai pengganti pengobatan medis utama.

Nomor registrasi BPOM: SD111541771E 

6. NUTRIMAX Diagard

Nutrimax Diagard terbuat dari kombinasi herbal dan mineral penting yang bekerja secara lengkap untuk menormalkan gula darah. 

Vitamin ini mengandung Gymnema Sylvestre, Bitter Melon, Tinospora Crispa, Chromemate, Optizinc dan ALA yang aman untuk pasien diabetes.

Nutrimax Diagard bekerja menghambat penyerapan gula di usus, meningkatkan produksi dan kerja insulin, mencegah kerusakan pankreas serta sebagai antioksidan untuk meningkatkan sensitivitas reseptor insulin.

Meskipun demikian, Anda perlu waspadai kemungkinan efek samping yang muncul setelah mengonsumsi produk ini, seperti sakit kepala, pusing, hingga kelelahan.

Nomor registrasi BPOM: SI174308551

7. Sido Muncul Natural Diabe

Sido Muncul Diabe merupakan merk vitamin herbal di apotik yang baik dikonsumsi pasien kencing manis atau diabetes.

Sebab, produk ini mengandung herba meniran, daun murbei, daun kumis kucing, herba sambiloto, dan daun salam yang secara tradisional dapat Anda gunakan untuk membantu meringankan gejala kencing manis.

Terbukti dalam jurnal Akademi Keperawatan Husada Karya Jaya tahun 2020, rebusan daun salam dapat diterapkan untuk menurunkan kadar gula darah pada pasien diabetes mellitus.

Sementara itu, Sido Muncul Natural Diabe hadir dalam bentuk kapsul dengan isi 30 kapsul per botol. Produk ini menjadi pilihan yang baik bagi Anda yang mencari pendekatan herbal untuk mendukung kondisi diabetes.

Nomor registrasi BPOM: TR 092304381

Demikian rekomendasi merk vitamin untuk diabetes yang bisa Anda beli di apotik. Apabila Anda bingung dan ragu memilih vitamin yang tepat, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Fakta medis diperiksa oleh

Hello Sehat Medical Review Team


Ditulis oleh Adhenda Madarina · Tanggal diperbarui 4 minggu lalu

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan