Serangan Panik Mendadak di Kantor? Yuk, Atasi dengan 5 Cara Ini

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Pernahkah Anda merasa serangan panik (panic attack) tiba-tiba ketika akan presentasi di depan atasan Anda? Keringat dingin mengalir deras dan Anda tidak bisa berpikir jernih. Nah, sebenarnya bagaimana, ya, cara mengatasi serangan panik di kantor?

Penyebab terjadinya serangan panik di kantor

masalah mental pada pekerja kantor

Keringat dingin, jantung berdetak kencang, dan sesak napas adalah salah satu tanda bahwa Anda sedang mengalami serangan panik.

Gejala tersebut lebih parah dibandingkan ketika Anda sedang stres atau khawatir. Pada kenyataannya, orang yang mengalami serangan panik sangat cemas hingga mereka merasa bahwa dunia akan segera berakhir. 

Serangan ini sering terjadi tiba-tiba. Meski belum jelas apa yang menyebabkan hal ini, terdapat beberapa penjelasan medis yang mungkin dapat membantu Anda memahami kondisi ini. 

Seperti yang dilansir dari Help Guide, terdapat delapan penyebab yang mungkin bisa dikaitkan dengan serangan panik, terutama di kantor, antara lain. 

  • Stres parah akibat kematian orang yang disayangi, perceraian, atau masalah pekerjaan 
  • Faktor genetik
  • Transisi kehidupan baru, seperti pindah kerja atau masuk ke lingkungan baru 
  • Salah satu katup jantung tidak menutup dengan benar 
  • Kelenjar tiroid terlalu aktif
  • Gula darah rendah
  • Mengonsumsi kafein terlalu banyak
  • Pembatasan penggunaan obat-obatan tertentu

Penyebabnya memang dapat terjadi karena masalah kesehatan, bisa juga karena kondisi psikologis Anda. Itu sebabnya, jika hal ini cukup sering terjadi namun Anda tak tahu apa penyebabnya, segeralah berkonsultasi dengan tenaga medis, seperti dokter, psikiater, atau psikolog Anda. 

Cara mengatasi serangan panik di kantor

Serangan panik yang dialami oleh seseorang di kantor tidak jarang membuat mereka menjadi tidak produktif, sulit berkonsentrasi, dan membuang waktu.

Bila kondisi ini dibiarkan dan tidak ditangani dengan benar, justru dapat mengganggu Anda dalam jangka waktu panjang. 

Cara di bawah ini memang akan membutuhkan percobaan berkali-kali karena Anda harus memercayai tubuh Anda kembali. Cobalah untuk membaca buku yang membantu atau mendatangi terapis yang memang ahli di bidangnya.

Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan jika mendapatkan serangan panik di kantor. 

1. Mengatur pernapasan

mengatasi stres dengan bernapas dalam

Pada saat serangan panik muncul, tidak jarang para penderitanya akan merasakan sesak napas. Oleh karena itu, berlatih pernapasan yang benar ternyata cukup membantu Anda melepaskan diri dari serangan panik.

Hal ini juga dapat membantu menurunkan tingkat stres dan mengurangi rasa cemas. 

Anda bisa mencobanya dengan mengambil dan membuang napas secara lambat dan panjang ketika kepanikan muncul. Usahakan untuk mengambil napas dalam empat hitungan dan membuangnya slama enam hitungan. 

2. Menghadapi ketakutan yang dialami

menjaga stamina

Menurut American Psychological Association, satu dari 75 orang pasti pernah mengalami serangan panik dan secara fisik terlihat gejalanya. 

Mulai dari gemetar, jantung berdetak kencang, dada terasa nyeri, sakit kepala ringan hingga tidak mampu menyelesaikan tugas di kantor.  

Salah satu cara mengatasi serangan panik di kantor adalah dengan menghadapi ketakutan dan gejala yang Anda alami, meskipun hal tersebut bertentangan dengan keinginan Anda. 

Persiapkan diri Anda sebelum menghadapi hal yang membuat panik. Misal, Anda sering panik saat hendak presentasi, berlatihlah perlahan-lahan di depan umum. Mulai dari di depan sedikit orang, hinga semakin lama di khalayak ramai secara bertahap.

3. Berpikir dengan logis 

bahaya kerja lembur

Serangan panik yang terjadi tiba-tiba di kantor membuat Anda tidak dapat berpikir jernih. Hal tersebut dikarenakan sinyal dari daerah hipotalamus dan batang otak dapat mengambil alih proses pengambilan keputusan.

Kedua bagian otak yang telah disebutkan tadi berfungsi sebagai sistem pertahanan. Terdapat beberapa cara untuk mengatasi serangan panik yang mengakibatkan Anda sulit untuk fokus di kantor, antara lain: 

  • Berbicara dengan diri sendiri ternyata dapat mengurangi gejala serangan panik. Hal ini akan membuat bagian penalaran pada otak berfungsi kembali. 
  • Menggunakan kelima indra Anda, seperti menemukan 5 warna tertentu, mendengarkan empat suara yang berbeda, menyentuh 3 tekstur, menghirup 2 aroma, dan mencicipi 1 hal. 
  • Menuliskan apa yang Anda rasakan sebelum dan sesudah serangan panik muncul dapat membantu Anda untuk melihat apa yang sebenarnya terjadi dan membantu berpikir jernih. 

Bagi beberapa orang, cara ini dapat membantu mereka untuk melihat apa yang terjadi pada mereka ketika serangan panik muncul. Tulisan yang Anda buat juga dapat membantu evaluasi atas serangan panik yang muncul. 

4. Mencari bantuan dari orang lain

kondisi kantor

Sebenarnya, serangan panik juga dapat diatasi dengan mendengar suara orang yang dekat dengan Anda. Misalnya, ketika panik Anda menelepon ibu Anda, suaranya seketika memberikan semangat dan menenangkan Anda. 

Kebanyakan orang yang mengalami serangan panik tidak mau memberitahu teman kantor atau atasannya. Hal tersebut dikarenakan mereka takut dianggap tidak kompeten dalam bekerja. 

Pada kenyataannya, serangan panik merupakan peristiwa yang dialami seorang diri karena sulit meminta bantuan akibat lingkungan kantor yang tidak nyaman. 

Dukungan dari rekan kerja dan orang sekitar ternyata dapat menjadi cara mengatasi gejala serangan panik yang muncul di kantor. Oleh karena itu, cobalah untuk tidak melarikan diri karena malu, tetapi hubungi teman yang Anda percaya untuk meminta bantuan. 

5. Mengenali pemicunya

brain fog banyak pikiran di kantor

Mengetahui apa yang memicu Anda mengalami serangan panik di kantor dapat menjadi salah satu cara untuk mengatasi kondisi ini. 

Hal tersebut sangat penting mengingat kejadian ini mungkin akan berulang saat di kantor. Biasanya, serangan panik di kantor terjadi karena beban pekerjaan di kantor atau kurang baiknya hubungan Anda dengan lingkungan pekerjaan. 

Meski serangan panik di kantor bisa jadi sangat mencemaskan, satu-satunya cara mengatasi hal itu adalah dengan menghadapinya, bukan lari dari kenyataan. Hadapilah kepanikan yang Anda alami. Jika memang terlalu berat, Anda dapat berkonsultasi dengan psikolog untuk mendapatkan jalan keluarnya.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca