home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

9 Manfaat yang Dapat Diperoleh dari Mandi Pagi

9 Manfaat yang Dapat Diperoleh dari Mandi Pagi

Pagi hari bisa sangat menyenangkan, terlebih saat cahaya matahari yang tidak terlalu panas ditambah dengan paparan udara yang sejuk. Salah satu cara untuk membuat tubuh menjadi lebih segar dan bersemangat di sepanjang hari adalah dengan mandi di pagi hari. Selain itu, ada beragam manfaat lain yang dapat Anda peroleh dengan mandi pagi, lho! Apa saja, ya?

Berbagai manfaat kesehatan mandi pagi

Tidak hanya penting untuk kebersihan diri serta menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), mandi pagi juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Agar tahu apa saja khasiat mandi pagi untuk kesehatan, berikut penjelasan lengkapnya.

1. Meningkatkan produktivitas

semangat kerja di kafe

Mandi di pagi hari, terutama dengan air dingin, memberikan manfaat berupa produktivitas yang tinggi.

Hal ini dikarenakan siraman air dingin di pagi hari mampu membuat tubuh kita lebih cepat “terbangun”.

Ya, mandi pagi membantu meningkatkan detak jantung, memompa aliran darah ke seluruh tubuh, serta meningkatkan ritme pernapasan.

Ditambah lagi, paparan air dingin juga meningkatkan metabolisme tubuh agar suhu tubuh tetap stabil.

Efek-efek inilah yang membuat Anda akan lebih berenergi serta produktif dalam menjalani hari hanya karena mengawali hari dengan mandi, terlebih bila mandi dilakukan dengan cara yang benar.

2. Mengurangi rasa sakit

Ternyata, menyiram air dingin saat mandi di atas kepala dapat memberi manfaat berupa meredanya rasa sakit pada tubuh.

Menurut sebuah studi dari North American Journal of Medical Sciences, air dingin mampu memberikan efek yang serupa dengan obat bius lokal untuk meringankan rasa sakit.

Lebih lanjut lagi, paparan air dingin juga membantu mempersempit pembuluh darah sehingga mengurangi pembengkakan yang menjadi pemicu rasa sakit.

Air dingin juga memperlambat kecepatan sinyal yang menghantarkan rasa sakit ke otak.

3. Menurunkan risiko stres dan depresi

manfaat berendam air panas

Mandi pagi hari memberikan manfaat yang tak terduga untuk kesehatan mental Anda.

Selain meningkatkan suasana hati, mandi air dingin di pagi hari bisa mengurangi gejala-gejala depresi.

Dikutip dari Psychology Today, mandi air dingin serupa dengan metode hidroterapi, yaitu pengobatan yang dilakukan dengan air.

Salah satu manfaat dari hidroterapi adalah untuk mengatasi gejala depresi. Bagaimana bisa?

Mandi air dingin membantu melepaskan hormon norepinefrin. Hormon ini dapat meningkatkan suasana hati pada pengidap depresi.

Tak hanya itu, air dingin juga meningkatkan produksi beta-endorfin pada tubuh sehingga Anda akan merasa jauh lebih baik.

4. Meningkatkan sirkulasi darah

Apabila Anda ingin memperlancar aliran darah, Anda bisa mencoba mandi air hangat di pagi hari untuk mendapatkan manfaat tersebut.

Hangatnya air yang mengalir selama mandi tidak hanya baik untuk sirkulasi darah, tetapi juga dapat mengendurkan ketegangan otot dan sendi kita.

Meskipun tidak dapat membuat masalah kaku sendi hilang untuk selamanya, mandi saat pagi hari dapat merangsang penyembuhan, meredakan rasa sakit, dan mengurangi peradangan.

5. Meningkatkan kekebalan tubuh

cara mendidik anak agar mandiri dan berani

Ingin memiliki tubuh yang sehat dan tidak mudah sakit? Nah, manfaat tersebut bisa Anda peroleh dengan mandi air dingin di pagi hari.

Sebuah studi dari jurnal PLoS One melakukan penelitian dengan melibatkan 3.000 partisipan yang mandi air dingin di pagi hari selama 30 hari.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, terjadi penurunan sebesar 29% pada angka orang-orang yang sakit.

Penurunan tersebut semakin besar, yaitu sekitar 54%, apabila dibarengi dengan olahraga rutin.

Meski demikian, belum diketahui secara pasti apa hubungan air dingin dengan sistem imun tubuh.

6. Meringankan gejala hidung tersumbat

Jika Anda menderita gejala hidung tersumbat akibat pilek, flu, atau gangguan pernapasan lainnya, Anda bisa mencoba mendapatkan manfaat mandi air hangat di pagi hari.

Ini karena dengan mandi air hangat, uap dari air akan membantu mengencerkan dahak dan lendir dalam hitungan menit.

Ketika dahak dan lendir sudah menjadi lebih encer, Anda bisa menyingkirkannya dengan mudah.

Mandi air panas juga dikenal dapat meringankan nyeri tubuh yang diakibatkan flu atau demam.

7. Cocok untuk pendinginan setelah olahraga

mandi terlalu lama

Bagi Anda yang hobi berolahraga di pagi hari, mandi dengan air dingin akan memberi manfaat untuk memulihkan tubuh Andasetelah olahraga.

Sebuah artikel dari Journal of Strength and Conditioning Research menemukan bahwa terapi air dingin membantu mempercepat pemulihan tubuh seusai berolahraga.

Tak hanya itu, air dingin juga dipercaya dapat menurunkan suhu tubuh yang tinggi akibat berolahraga.

Namun, pastikan Anda tidak langsung mandi saat tubuh sedang berkeringat, ya!

Biarkan suhu tubuh turun dengan sendirinya dan atur pernapasan selama beberapa saat.

8. Menurunkan risiko penyakit jantung

Mandi air hangat di pagi hari memberi manfaat untuk kesehatan jantung Anda. Hal ini dibuktikan melalui sebuah penelitian dari jurnal Heart.

Studi tersebut meneliti kebiasaan mandi 30.000 partisipan selama 20 tahun.

Beberapa aspek yang ditanyakan adalah seberapa sering mereka mandi, serta bagaimana temperatur air yang digunakan.

Hasilnya menemukan bahwa orang-orang yang mandi air hangat setiap hari memiliki risiko 28% lebih rendah untuk terkena penyakit jantung dibanding orang yang lebih jarang mandi.

Ingat, jangan menggunakan suhu air yang terlalu panas, ya!

Mandi dengan suhu terlalu tinggi justru berisiko menyebabkan tekanan darah terlalu rendah.

9. Pemanasan yang baik sebelum berolahraga

berendam air panas

Mandi air hangat sebelum berolahraga lari atau pergi ke gym merupakan salah satu cara instan untuk melakukan pemanasan tubuh.

Hal tersebut ternyata dapat mengendurkan otot tubuh yang kaku setelah tidur sepanjang malam.

Dengan demikian, tubuh akan menjadi jauh lebih siap untuk menghadapi berbagai aktivitas fisik di pagi hari, terutama jika Anda ingin berolahraga di pagi hari.

Nah, itu dia manfaat mandi di pagi hari, baik dengan air dingin maupun dengan air hangat.

Sebagian orang mungkin lebih suka mandi air hangat karena efeknya yang menenangkan.

Namun, tak sedikit pula yang lebih memilih mandi air dingin untuk mendapatkan kesegaran secara instan.

Apapun pilihan suhu air yang Anda gunakan, pastikan Anda tidak melewati rutinitas mandi di pagi hari, ya!

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Bongiorno, P. (2014). A Cold Splash–Hydrotherapy for Depression and Anxiety – Psychology Today. Retrieved February 24, 2021, from https://www.psychologytoday.com/intl/blog/inner-source/201407/cold-splash-hydrotherapy-depression-and-anxiety 

Hot baths and saunas: Beneficial for your heart? – Harvard Health Publishing. (2020). Retrieved February 24, 2021, from https://www.health.harvard.edu/heart-health/hot-baths-and-saunas-beneficial-for-your-heart 

Beard, A. (2018). Cold Showers Lead to Fewer Sick Days – Harvard Business Review. Retrieved February 24, 2021, from https://hbr.org/2018/03/cold-showers-lead-to-fewer-sick-days 

Buijze, G., Sierevelt, I., van der Heijden, B., Dijkgraaf, M., & Frings-Dresen, M. (2016). The Effect of Cold Showering on Health and Work: A Randomized Controlled Trial. PLOS ONE, 11(9), e0161749. https://dx.doi.org/10.1371%2Fjournal.pone.0161749

Ranjbar, E., Memari, A., Hafizi, S., Shayestehfar, M., Mirfazeli, F., & Eshghi, M. (2015). Depression and Exercise: A Clinical Review and Management Guideline. Asian Journal Of Sports Medicine, 6(2). https://dx.doi.org/10.5812%2Fasjsm.6(2)2015.24055

Mooventhan, A., & Nivethitha, L. (2014). Scientific evidence-based effects of hydrotherapy on various systems of the body. North American Journal Of Medical Sciences, 6(5), 199. https://dx.doi.org/10.4103%2F1947-2714.132935

Higgins, T., Greene, D., & Baker, M. (2017). Effects of Cold Water Immersion and Contrast Water Therapy for Recovery From Team Sport: A Systematic Review and Meta-analysis. Journal Of Strength And Conditioning Research, 31(5), 1443-1460. https://doi.org/10.1519/jsc.0000000000001559

Ukai, T., Iso, H., Yamagishi, K., Saito, I., Kokubo, Y., & Yatsuya, H. et al. (2020). Habitual tub bathing and risks of incident coronary heart disease and stroke. Heart, 106(10), 732-737. http://dx.doi.org/10.1136/heartjnl-2019-315752

Butts, C., McDermott, B., Buening, B., Bonacci, J., Ganio, M., & Adams, J. et al. (2016). Physiologic and Perceptual Responses to Cold-Shower Cooling After Exercise-Induced Hyperthermia. Journal Of Athletic Training, 51(3), 252-257. https://doi.org/10.4085/1062-6050-51.4.01

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Novi Sulistia Wati Diperbarui 05/07/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.