home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Ingin Rumah Bersih dari Kecoa? Coba 10 Tips Ini untuk Membasminya

Ingin Rumah Bersih dari Kecoa? Coba 10 Tips Ini untuk Membasminya

Melihat hewan berukuran kecil, berwarna cokelat, bergerak dengan lincah, serta memiliki antena yang panjang, mungkin membuat sebagian dari Anda bergidik ketakutan. Ya, membaca ciri-cirinya saja mungkin sudah bisa tergambar di otak Anda kalau hewan tersebut bernama kecoa. Kehadirannya sering tidak diharapkan karena kecoa bisa menimbulkan bahaya bagi kesehatan manusia. Agar cepat pergi tanpa mengotori rumah, mari simak cara mengusir kecoa yang ampuh ini.

Cara mengusir kecoa di rumah dengan tepat

cara membasmi telur kecoa

Selama ini, kecoa selalu dinilai bisa menimbulkan berbagai efek negatif, seperti mengontaminasi makanan, menimbulkan keracunan, hingga membawa penyakit.

Menurut laman American Lung Association, kecoa dapat menghasilkan zat alergen alias pemicu alergi.

Alergen tersebut tidak bertahan lama di udara, tetapi dapat menempel di debu-debu rumah atau perlengkapan berbahan kain, seperti bantal, kasur, dan sofa.

Ketika seseorang yang memiliki alergi terpapar oleh zat tersebut, ia mungkin akan mengalami gejala-gejala seperti:

  • batuk,
  • hidung tersumbat,
  • ruam kulit,
  • napas berbunyi,
  • infeksi telinga, hingga
  • infeksi sinus.

Selain itu, seseorang yang mengidap asma bisa mengalami kekambuhan saat terpapar alergen yang dihasilkan kecoa.

Itulah mengapa penting untuk menjaga kebersihan rumah serta menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) agar kecoa tidak berkeliaran di sekitar rumah.

Hal ini dapat membantu menjaga kesehatan seluruh anggota keluarga.

Jangan cemas, berikut beberapa cara yang bisa Anda upayakan untuk mengusir kecoa agar tidak mengotori rumah.

1. Cari tahu area yang sering dilalui kecoa

Sebelum langsung menerapkan cara untuk mengusir kecoa, alangkah baiknya untuk mengenali terlebih dahulu area mana saja yang sering dilewati kecoa di rumah.

Lakukan hal ini dengan menggunakan senter, sampai Anda menemukan sekiranya dari mana kecoa berasal dan di mana ia bersembunyi.

Meliputi di daerah belakang kulkas, celah atau belakang lemari, sudut pintu, bawah wastafel dapur, serta kamar mandi.

Dengan begitu, Anda jadi bisa menentukan harus menerapkan cara membasmi kecoa di mana saja.

2. Bersihkan sisa makanan yang sudah tidak dimakan

Jika selama ini Anda terbiasa untuk menumpuk sampah makanan di dapur selama beberapa hari baru kemudian membuangnya, sekarang coba hentikan kebiasaan tersebut.

Selayaknya manusia, hewan juga membutuhkan makanan agar bisa bertahan hidup.

Itu sebabnya, kecoa akan mencari sisa-sisa makanan, khususnya yang tidak dibuang dengan benar.

Pertama-tama, mulailah cara mengusir kecoa dengan menyimpan makanan bersih terlebih dahulu di tempat yang tertutup.

Anda bisa simpan makanan kering di dalam lemari serta makanan yang baru dimasak di kulkas atau di atas meja makan yang ditutupi tudung saji.

Selanjutnya, bersihkan makanan yang tumpah atau bersisa dan masukkan ke dalam tempat sampah di dapur, kemudian buang ke luar rumah secara teratur.

Hindari meletakkan makanan yang masih akan dimakan di atas meja tanpa ditutupi. Anda juga tidak disarankan untuk meninggalkan makanan sisa di atas wastafel.

Pasalnya, hal ini dapat memancing kecoa untuk datang dan berkeliaran di area rumah. Selidiki juga area belakang kulkas karena mungkin masih ada sisa makanan yang tertinggal.

Di samping dapat menjadi sumber makanan bagi kecoa, area belakang kulkas adalah tempat yang nyaman dan hangat untuk kecoa bersarang.

Jangan lupa, pastikan Anda membuang sampah yang dilengkapi dengan penutup di dapur. Usahakan jangan ada sampah yang terjatuh saat Anda membawanya keluar untuk dibuang.

beres-beres rumah

3. Buang sisa kardus dan rutin membersihkan rumah

Selain menyukai sampah dan area yang kotor, kecoa juga senang bersembunyi di dalam kardus bekas, bahkan menghasilkan telur kecoa di dalamnya.

Jadi, pastikan Anda membersihkan dan membuang sisa kardus yang menumpuk di rumah sebagai cara mengusir kecoa.

Usahakan juga untuk rutin membersihkan rumah, termasuk menyapu, mengelap, dan mengepel seisi rumah, khususnya di sela-sela atau sudut rumah yang kerap tidak terjangkau.

Sebab di tempat seperti itulah biasanya kecoa-kecoa senang bersembunyi.

4. Gunakan umpan kecoa

Umpan kecoa sebenarnya adalah racun bagi kecoa. Gunakan cara ini untuk mengusir atau menghilangkan kecoa sekaligus membawanya kembali ke tempat asal.

Sebaiknya letakkan umpan di area yang jauh dari jangkauan anak-anak, tapi strategis di area yang sering dilalui kecoa.

Cara membasmi kecoa yang satu ini perlahan-lahan akan membunuhnya agar tidak lagi berkeliaran di sekitar rumah.

5. Bersihkan genangan air di rumah

Ingat, tempat yang lembap dan kotor adalah lingkungan ideal bagi kecoa untuk bersarang.

Oleh karena itu, pastikan Anda sudah membersihkan genangan air yang ada di rumah, misalnya dari pipa atau atap yang bocor.

Cara ini diyakini ampuh mengusir kecoa agar tidak betah berlama-lama di rumah Anda.

6. Gunakan produk insektisida

Untuk mengusir kecoa dengan cepat, Anda juga bisa menggunakan produk insektisida alias pembunuh serangga.

Ada banyak jenis insektisida yang tersedia di pasaran, mulai dari yang berbentuk semprotan hingga perangkap kecoa.

Pilih dengan bahan pyrethroid atau imiprothrin agar kecoa dapat terbasmi seketika. Namun, pemakaian insektisida harus dilakukan dengan hati-hati, terutama jika ada anak-anak di rumah.

7. Pancing kecoa dengan soda kue

Cara yang satu ini mungkin tidak terbayangkan oleh Anda, yaitu mengusir kecoa dengan soda kue.

Ya, bahan kue yang satu ini ternyata beracun jika kecoa menyantapnya. Anda bisa memancing kecoa dengan makanan yang dicampurkan dengan soda kue.

Letakkan makanan bercampur soda kue tersebut di tempat-tempat yang sering dilewati kecoa.

8. Campurkan boraks dan makanan manis

Jika Anda membutuhkan racun yang lebih kuat dari soda kue, alternatif lainnya adalah boraks.

Cara menggunakannya mirip dengan memakai soda kue, yaitu dicampurkan dengan makanan manis untuk memancing kecoa di rumah.

Namun, jauhkan boraks dari jangkauan anak-anak atau hewan peliharaan di rumah Anda, ya!

9. Semprotkan minyak esensial (essential oil)

Cara berikutnya yang diyakini ampuh mengusir kecoa adalah menyemprotkan minyak esensial alias essential oil.

Sebuah studi dari Journal of Arthropod-Borne Diseases menyebutkan bahwa pemakaian minyak esensial diyakini dapat mengusir kecoa jenis Supella longipalpa.

Jenis minyak esensial yang paling efektif dalam penelitian tersebut adalah oregano dan rosemary. Namun, Anda bisa mencoba pilihan lain seperti minyak daun eukaliptus dan mint.

10. Hubungi jasa pengusir hama

Apabila jumlah kecoa yang berkeliaran di dalam rumah sudah tidak mempan dibasmi dengan cara mengusir kecoa di atas, Anda mungkin perlu meminta bantuan dari jasa pengusir hama.

Ini bisa menjadi solusi terakhir setelah Anda berusaha mencoba berbagai cara untuk membasmi serangga yang satu itu.

Itu dia beragam langkah yang bisa Anda coba untuk membasmi kecoa di rumah.

Selain itu, dengan menjaga kebersihan diri dan menerapkan kebersihan di lingkungan rumah, tentu Anda dan keluarga akan terhindar dari bahaya kecoa.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Parada, J. (2012). The Truth About Cockroaches and Health – Pest World. Retrieved June 23, 2021, from https://www.pestworld.org/news-hub/pest-health-hub/the-truth-about-cockroaches-and-health/ 

Chapter 5: Cockroaches – WHO. (n.d.). Retrieved June 23, 2021, from https://www.who.int/water_sanitation_health/resources/vector288to301.pdf 

Get Rid of Cockroaches – New York State Department of Health. (n.d.). Retrieved June 23, 2021, from https://www.health.ny.gov/publications/3202/ 

Cockroaches – American Lung Association. (2020). Retrieved June 23, 2021, from https://www.lung.org/clean-air/at-home/indoor-air-pollutants/cockroaches 

How do you get rid of a heavy cockroach infestation? – Stop Pests. (n.d.). Retrieved June 23, 2021, from http://www.stoppests.org/frequently-asked-questions/how-do-you-get-rid-of-a-heavy-cockroach-infestation/ 

Pest Advice for controlling Cockroaches – British Pest Control Association. (2021). Retrieved June 23, 2021, from https://bpca.org.uk/pest-aware/cockroach-control-how-to-get-rid-of-cockroaches-bpca-a-z-of-pests/189168 

How To Get Rid Of Cockroaches – Government of South Australia. (n.d.). Retrieved June 23, 2021, from https://westsidehousing.org.au/wp-content/uploads/How-to-get-rid-of-Cockroaches.pdf 

Cockroach Allergy – American College of Allergy, Asthma, and Immunology. (2018). Retrieved June 23, 2021, from https://acaai.org/allergies/types/cockroach-allergy 

Jones, S. (n.d.). Roaches – American Orchid Society. Retrieved June 23, 2021, from https://www.aos.org/orchids/orchid-pests-diseases/roaches.aspx 

Potter, MF. (2018). Cockroach Elimination in Homes and Apartments – Entomology at the University of Kentucky. Retrieved June 23, 2021, from https://entomology.ca.uky.edu/ef614 

Sharififard, M., Safdari, F., Siahpoush, A., & Kassiri, H. (2016). Evaluation of Some Plant Essential Oils against the Brown-Banded Cockroach, Supella longipalpa (Blattaria: Ectobiidae): A Mechanical Vector of Human Pathogens. Journal of arthropod-borne diseases, 10(4), 528–537.

Foto Penulis
Ditulis oleh Karinta Ariani Setiaputri Diperbarui seminggu yang lalu
x