5 Tips Hubungan Intim yang Sehat dan Menyenangkan

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 7 November 2017 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Bagi sebagian orang atau mungkin banyak orang, seks bukanlah suatu faktor yang berpengaruh pada kesehatan, melainkan hanyalah penyaluran nafsu birahi yang memang harus dilampiaskan. Oke, bisa dibilang itu hampir sepenuhnya salah, kadang-kadang rasa sakit atau ketidaknyamanan saat berhubungan seks membuat seks menjadi tidak senikmat kata-kata pepatah di luar sana. Banyak faktor yang disebabkan oleh sabotase seperti masturbasi yang lebih nikmat, kecemasan saat melakukan seks, atau bahkan dilanda stres. Berikut beberapa tips hubungan intim yang sehat agar terasa lebih menyenangkan.

Tips hubungan intim yang bisa Anda lakukan bersama pasangan

1. Kompromikan seks untuk menemukan kepuasan satu sama lain

Ketahui dan bicarakan daerah sensitif seksual Anda. Ketika Anda tahu apa yang Anda suka, Anda juga harus mengetahui daerah seksual pasangan. Untuk wanita khususnya, pria butuh arahan dalam membantu Anda mencapai orgasme, jadi jangan ragu memberikan instruksi. Anda bisa memegang tangan pasangan dan mengarahkan kebagian tubuh Anda yang bisa memuaskan hasrat seksual Anda. Jangan lupa untuk melakukan hal serupa atau menanyakan kepada pasangan bagian mana yang ingin dipuaskan.

2. Coba gunakan pelumas

Pelumas adalah hal penting pada urusan ranjang, yang setiap wanita harus coba untuk meningkatkan kenikmatan seksual. Dalam beberapa kasus, bahkan mengurangi rasa sakit saat penetrasi. Seperti yang disarankan Amy Levine, pelatih seks,dari SexEdSolutions.com, beberapa wanita menganggap menggunakan pelumas saat seks,mengisyaratkan bahwa vagina mereka tidak sempurna (karena tidak bisa menghasilkan pelumas alami).

Nyatanya itu salah,  cairan vagina sebetulnya akan muncul tergantung bagaimana rangsangan itu dihasilkan. Jika tidak muncul, mungkin itu akibat kurangnya foreplay atau rendahnya gairah seksual yang dihasilkan. Agar tidak mengecewakan pasangan apa salahnya Anda menggunakan pelumas, daripada harus menahan rasa sakit dan menghasilkan orgasme palsu. Dengan memakai pelumas, penetrasi Anda juga akan lebih nikmat dan menyenangkan bagi Anda dan pasangan.

3. Selalu ingat perasaan Anda untuknya

Ketika Anda memiliki hubungan emosional dengan pasangan seks Anda, kualitas hubungan seks Anda bisa menjadi lebih kaya dan lebih dalam. Fokus pada komitmen Anda satu sama lain, rasakan dan lihat diri Anda dan pasangan bukan hanya bersama-sama di tempat tidur, tetapi bersama-sama dalam hidup, dan itu akan meningkatkan gairah Anda. Kenikmatan seksual dan hubungan intim yang sehat akan terjalin antara Anda dan pasangan.

4. Berlatih senam alat vital bersama pasangan

Jika Anda merasa otot vagina mulai kendur atau orgasme Anda terlalu cepat, Anda bisa melakukan latihan senam kegel bersama pasangan. Untuk wanita, Anda bisa meminta bantuan oleh pasangan pria yang menopang panggulnya saat senam kegel dilakukan. Sedangkan untuk pria, Anda bisa berlatih menahan orgasme dengan bantuan jari jemari pasangan untuk menggenggam penis.

5. Lakukan sesuatu yang berbeda di ranjang

Seks yang sehat kadang tidak melulu harus dilakukan secara monoton, entah dari gaya, penampilan, ataupun lokasi bercinta. Ini bertujuan untuk menambahkan keintiman dan mengurangi jenuh pada seks yang monoton. Cobalah gaya baru atau dengan berpenampilan seksi demi pasangan. Anda juga bisa melakukannya di dapur atau di kamar mandi untuk hubungan intim yang lebih liar.

6. Olahraga bersama

Dengan olahraga seperti lari, hiking, bersepeda, atau sekadar push up atau sit up bersama pasangan, Anda akan merasakan kedekatan dan jalinan yang lebih terbangun. Coba untuk membantu menyemangati satu sama lain. Lihat hasil perubahan yang dilakukan dengan berolahraga bersama, Anda dan pasangan pantas untuk menikmati tubuh indah yang dibangun bersama.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy

Yang juga perlu Anda baca

6 Alasan Seks Lebih Menyenangkan dengan Lampu Menyala

Bercinta dengan lampu yang redup sudah biasa. Pernahkah Anda membayangkan seks dengan lampu menyala? Sebelumnya, coba simak artikel berikut.

Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Seks & Asmara 29 September 2020 . Waktu baca 4 menit

Cara Mudah Ukur Kebugaran Jantung dan Paru, Tak Perlu Periksa ke Rumah Sakit

Cepat lelah dan kehabisan napas bisa jadi tanda kebugaran jantung dan paru-paru Anda kurang baik. Tapi bagaimana cara mengukurnya? Simak di sini!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Fauzan Budi Prasetya
Kebugaran, Hidup Sehat 29 September 2020 . Waktu baca 4 menit

6 Tips Membantu Pasangan yang Malu Berhubungan Intim

Mau coba hal-hal baru di ranjang, tapi pasangan Anda malu berhubungan intim? Tenang, Anda bisa membangkitkan kehidupan seks Anda dengan beragam cara ini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Seks & Asmara 28 September 2020 . Waktu baca 4 menit

Begini Cara Menggunakan Tongkat Kruk yang Benar Saat Sedang Cedera Kaki

Ketika Ada mengalami cedera kaki, mungkin Anda akan diminta untuk menggunakan tongkat penyangga (kruk) untuk berjalan. Lalu bagaimana cara menggunakannya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Hidup Sehat, Tips Sehat 28 September 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

risiko kesehatan akibat terlalu lama menatap layar komputer

Risiko Kesehatan Setelah Menatap Layar Komputer Terlalu Lama

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Elita Mulyadi
Dipublikasikan tanggal: 1 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit
posisi bercinta agar cepat hamil

Ini Posisi Bercinta yang Tepat Agar Cepat Hamil

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 30 September 2020 . Waktu baca 4 menit
kepribadian introvert ekstrovert kesehatan

Apakah Kepribadian Anda Introvert atau Ekstrovert? Ini Pengaruhnya untuk Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 30 September 2020 . Waktu baca 4 menit
gangguan pencernaan anak

Gangguan Pencernaan yang Sering Dialami Bayi dan Anak-Anak

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Dipublikasikan tanggal: 30 September 2020 . Waktu baca 10 menit