6 Tips Sukses Mempersiapkan Kencan Pertama

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Kencan pertama adalah salah satu kunci penentu, apakah hubungan Anda bisa lanjut atau berhenti sampai di situ saja. Artinya, jika Anda ingin hubungan tersebut lanjut, kencan pertama Anda harus sukses. Sebaliknya, jika Anda tidak ingin hubungan Anda lanjut ke jenjang berikutnya, Anda tidak perlu ‘bekerja keras’ saat kencan tersebut.

Berhasil atau tidaknya sebuah kencan tergantung pada kesungguhan Anda saat menjalaninya. Tapi, apakah Anda tahu bagaimana sebuah kencan pertama bisa dikatakan berjalan dengan baik dan lancar?

6 hal yang bisa bikin kencan pertama sukses

Jangan hanya mengandalkan keberuntungan jika mau kencan pertama sukses. Ada beberapa hal yang bisa Anda siapkan supaya kencang pertama ini berjalan lancar dan si dia pun tertarik dengan Anda.

1. Memilih lokasi kencan yang tepat

BAB saat kencan pertama

Lokasi kencan pertama adalah salah satu penentu keberhasilan kencan Anda. Jika Anda belum menentukan kegiatan apa yang akan dilakukan saat kencan nanti, ada baiknya jika Anda memilih tempat yang tidak terlalu berisik dan ramai.

Justru, pilihlah tempat yang tenang supaya Anda dan pasangan bisa mengobrol dengan nyaman. Dengan begitu, Anda berdua bisa mengenal lebih jauh dengan pribadi masing-masing.

Memilih kegiatan yang membatasi Anda dengan teman kencan Anda mengobrol justru menghambat Anda untuk menilai, apakah Anda ingin melanjutkan hubungan tersebut ke jenjang berikutnya.

Takutnya, Anda malah salah menilai jika Anda terlalu fokus pada jenis kegiatan apa yang akan dilakukan bersama, ketimbang fokus untuk saling mengenal terlebih dahulu.

2. Mempersiapkan bahan obrolan

tips kencan

Menentukan bahan obrolan memang tidak selalu mudah, apalagi jika Anda cenderung pendiam. Hal ini tentu akan menjadi tantangan tersendiri bagi Anda.

Untuk kencan pertama yang sukses, hindari percakapan dangkal yang tidak membuat Anda mengetahui lebih jauh tentang teman kencan Anda. Bahkan, jika Anda tidak tahu topik apa yang harus dibicarakan, kencan Anda dapat berujung tidak menyenangkan atau Anda dan teman kencan Anda akan sama-sama diam.

Cobalah untuk melakukan percakapan yang menarik, seperti menanyakan tentang hobi, orang terdekat, makanan kesukaan, atau membahas pendapatnya mengenai isu-isu yang saat ini sedang banyak dibahas di televisi atau media sosial. Mendengarkan opini pribadinya akan sesuatu juga dapat membuat Anda lebih mengenal seseorang.

3. Mencintai diri sendiri terlebih dulu

mencintai diri sendiri

Sebuah penelitian yang dimuat di dalam jurnal Self & Identity menyatakan bahwa mencintai diri sendiri dapat meningkatkan kualitas hubungan percintaan Anda. Pasalanya jika Anda tidak merasa sayang pada diri sendiri, kecil kemungkinan Anda akan merasakan kasih sayang dari orang lain.

Hal ini penting untuk dilakukan saat sedang melakukan kencan pertama karena hal ini dapat mengurangi rasa stres dan panik yang mungkin Anda rasakan saat hendak melakukan kencan pertama.

Dengan mencintai diri sendiri, Anda tidak akan membiarkan kegagalan-kegagalan di masa lalu menghantui kencan pertama Anda. Sebab Anda akan percaya bahwa setiap orang pernah melalui kegagalan dan itu adalah hal biasa yang pasti terjadi saat menjalin hubungan dengan orang lain.

4. Belajar dari kesalahan masa lalu

penyebab pasangan posesif

Tidak membiarkan masa lalu menghantui Anda bukan berarti melupakan tanpa mengambil pelajaran darinya. Masa lalu adalah bahan Anda untuk belajar agar Anda tidak melakukan kesalahan yang di kemudian hari.

Jangan fokus pada hal negatif yang terjadi, tapi fokuslah pada sikap Anda di masa lalu. Anda bisa mempertahankan sikap baik yang sudah Anda lakukan sejak dulu dan juga memperbaiki sikap buruk yang Anda lakukan agar menjadi lebih baik di masa kini.

Kencan pertama sukses terjadi karena Anda berhasil menahan serta memperingatkan diri Anda untuk mengambil nilai positif dari kesalahan di masa lalu.

5. Sadari gerak tubuh

baju merah kencan pasangan cinta

Ketertarikan Anda terhadap pasangan kencan Anda juga bisa ditunjukkan melalui gerak tubuh Anda. Jangan takut untuk menunjukkannya melalui bahasa tubuh jika Anda tertarik dengan teman kencan. Suksesnya kencan pertama bisa terjadi jika Anda berhasil menunjukkan perasaan suka Anda melalui gerak tubuh yang tepat.

Namun, rasa suka yang Anda tunjukkan melalui bahasa tubuh juga tidak sebaiknya berlebihan. Karena belum tentu pasangan kencan Anda suka dengan sentuhan yang terjadi, sehingga cobalah untuk menunjukkan melalui gerak tubuh yang wajar.

Jangan melakukan sentuhan yang berlebihan, takutnya teman kencan justru menganggapnya sebagai pelecehan seksual dan justru berdampak buruk pada kencan pertama Anda.

6. Gali pribadi teman kencan lebih dalam

mencari pasangan mirip orangtua

Hampir semua orang senang membicarakan dirinya sendiri. Mungkin, teman kencan Anda juga begitu. Jadi tidak ada salahnya untuk memancingnya menceritakan dirinya sendiri lebih dalam. Umumnya, orang akan senang mendengarkan pertanyaan tentang dirinya.

Menggali pribadi teman kencan Anda lebih dalam bisa menjadi salah satu cara untuk membuatnya lebih terbuka dan nyaman dengan Anda. Tanyakan berbagai macam pertanyaan mendasar tentang dirinya yang bisa mendorongnya untuk bercerita lebih jauh tentang dirinya.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca