6 Hal yang Harus Segera Dilakukan Saat Positif Terkena Penyakit Kelamin

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 14/09/2018
Bagikan sekarang

Didiagnosis memiliki penyakit kelamin atau infeksi menular seksual tentu menjadi pukulan besar bagi setiap orang. Pasalnya, penyakit kelamin masih menjadi hal yang dianggap sebagai aib besar. Jangan langsung rendah diri, saat terkena penyakit kelamin ada beberapa hal yang baiknya Anda lakukan segera.

Hal yang perlu dilakukan saat terkena penyakit kelamin

Berikut ini berbagai langkah utama yang perlu dilakukan saat Anda terkena penyakit kelamin, yaitu:

1. Ingatkan diri bahwa Anda tidak sendirian

penyebab depresi

Meskipun pandangan akan penyakit kelamin masih sangat negatif tetapi faktanya di Amerika hampir 20 juta kasus baru terjadi setiap tahunnya.

Pada dasarnya penyakit kelamin sama saja dengan penyakit menular nonseksual lainnya. Jangan berkecil hati, ingat saja bahwa Anda tidak sendiri. Jangan sampai Anda mengalami depresi karena memikirkan hal ini dan merasa sendirian.

2. Jangan menyalahkan orang lain

masalah rumah tangga

Saat Anda divonis terkena penyakit kelamin mungkin yang ada di pikiran Anda ialah menghubungi pasangan, marah, dan menyalahkannya. Padahal Anda sendiri tidak tahu persis dari mana Anda tertular penyakit ini.

Jika Anda memang mencurigai pasangan menularkan penyakit kelamin pada Anda maka usahakan untuk tetap bersikap tenang meskipun sulit. Ajak pasangan bicara dan mintalah ia untuk melakukan tes yang sama.

Pasalnya, infeksi menular seksual memang tidak selalu menular lewat hubungan seks. HIV misalnya, termasuk ke dalam infeksi yang bisa ditularkan melalui proses transfusi darah akibat jarum yang digunakan secara berulang.

3. Ajak pasangan berbicara

cara kompromi dengan pasangan

Hal penting lainnya yang perlu Anda lakukan saat terkena penyakit kelamin ialah mengajak pasangan Anda untuk berbicara. Ingat, pastikan untuk tidak membicarakan hal seserius ini melalui pesan teks atau telepon.

Usahakan untuk meluangkan waktu secara langsung. Dengan begini, risiko kesalahpahaman bisa dihindari. Dengan bertemu langsung, pasangan juga bisa mengajukan berbagai pertanyaan yang memenuhi benaknya.

4. Cari tahu sebanyak-banyaknya soal penyakit yang Anda miliki

Saat divonis memiliki penyakit kelamin, cari tahu sebanyak-banyaknya soal penyakit yang Anda miliki. Cari tahu dari mulai penyebab, gejala, cara penularan, hingga pilihan pengobatannya.

Pastikan untuk mencari tahu apakah penyakit yang Anda miliki bisa disembuhkan hanya dapat ditangani. Pasalnya, beberapa penyakit memang tidak bisa disembuhkan tetapi dapat dikelola dengan pengobatan yang tepat.

Dengan mengetahui secara jelas dan pasti kondisi tubuh Anda saat ini, Anda akan tahu apa yang perlu dilakukan.

5. Anda tetap bisa melakukan hubungan seksual

posisi seks doggy style

Banyak orang berpikiran saat seseorang memiliki penyakit kelamin, maka kehidupan seksnya pun sudah berakhir. Jangan keliru, Anda tetap bisa berhubungan seks dan menghidupkannya kembali asalkan Anda dan pasangan mempraktikkan seks yang aman dan sama-sama mengetahui risikonya.

Oleh karena itu, yang perlu Anda lakukan ialah mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai penyakit yang Anda miliki. Anda juga bisa menanyakannya pada dokter mengenai apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan baik sebelum maupun setelah berhubungan seksual.

6. Siapkan mental untuk kemungkinan terburuk

arti senyuman

Salah satu kemungkinan terburuk saat Anda terkena penyakit kelamin ialah mengalami penolakan dari orang-orang sekitar, termasuk pasangan. Dalam hal ini, Anda perlu menyadari bahwa penyakit kelamin memang dianggap sebagai momok yang menakutkan.

Bahkan tak jarang, ada orang yang bersentuhan pun enggan karena berpikir akan tertular. Meskipun sulit, Anda tetap harus menerimanya dengan lapang dada dan ingat kembali bahwa Anda tidak sendirian.

Carilah grup dukungan dengan kondisi serupa supaya Anda lebih memahami bahwa yang terpenting ialah bukan menyesali dan meratapi keadaan tetapi bagaimana cara untuk tetap dapat hidup normal seperti sebelumnya.

Memiliki penyakit kelamin tentu tidak menghalangi Anda untuk tetap dapat berguna untuk orang lain. Salah satu hal yang bisa Anda lakukan ialah mengedukasi orang-orang sekitar Anda mengenai penyakit kelamin dan bahaya seks bebas yang dilakukan secara sembarangan. Jadikan masalah yang menimpa Anda sebagai bahan pembelajaran untuk Anda dan juga orang-orang terdekat.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Mengatasi Trauma Memulai Hubungan Baru Setelah Bercerai

Setelah bercerai, pasti banyak orang yang mengalami trauma dan takut memiulai hubungan baru. Bagaimana cara mengatasi trauma setelah bercerai?

Ditulis oleh: Novita Joseph

5 Tanda-Tanda Anda Tidak Cinta Lagi Dengan Pasangan

Sudah lama menjalin hubungan dengan dia dan kini merasakan tanda sudah tidak cinta lagi? Simak apa saja tanda cinta Anda ke dia mulai pudar.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph

4 Tips Memilih Lingerie yang Nyaman dan Menggoda untuk Bercinta

Persiapan bercinta malam ini bisa dilakukan dengan memilih lingerie. Adakah tips untuk memilih lingerie yang pas, nyaman, dan menggoda?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph

Cara Cepat Hilangkan Pegal Linu Sehabis Bercinta

Badan pegal linu sehabis berhubungan seks? Jangan sedih, simak 3 cara cepat berikut untuk mengatasi otot yang pegal linu sehabis bercinta.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph

Direkomendasikan untuk Anda

air mani keluar saat puasa

4 Cara Mencegah Keluar Air Mani Saat Puasa

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 17/05/2020
tanda-tanda selingkuh

6 Tanda Pasangan Anda Selingkuh

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 17/02/2020
alasan tes penyakit kelamin

4 Alasan Kenapa Anda Harus Menjalani Tes Penyakit Kelamin

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 07/02/2020
suami gay

Suami Tiba-tiba Mengaku Gay, Apa yang Harus Saya Lakukan?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 29/01/2020