Membandingkan Seks Tanpa Kondom dan Seks Pakai Kondom

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Melakukan seks dengan atau tanpa kondom memang menjadi selera orang masing-masing. Terlepas dari bahayanya, seks tanpa kondom memang sering disebut lebih nikmat dan lebih mengacu kepada kepuasan tanpa penghalang. Kira-kira, apa saja perbandingannya melakukan seks dengan atau tanpa kondom? Lalu adakah tips seks agar menyenangkan meski menggunakan kondom? Simak pembahasannya di bawah ini.

Kenapa banyak orang berhubungan seks tanpa kondom?

Beberapa orang menyatakan kalau mereka lebih senang berhubungan seks tanpa kondom. Saat berhubungan seks tanpa kondom, mereka merasa lebih menikmati interaksi antar kulit dan itu membuat mereka merasa lebih mendapatkan keintiman yang maksimal.

Sedangkan beberapa wanita juga senang melakukan hubungan seks tanpa kondom. Mereka berpikir bahwa dengan berhubungan seks tanpa kondom mereka bisa merasakan ejakulasi di dalam tubuh mereka.

Kenapa berhubungan seks pakai kondom lebih aman?

Beberapa orang berpendapat bahwa menggunakan kondom saat berhubungan seks bisa membuat mereka merasa aman serta tidak khawatir terhadap penyakit kelamin dan kehamilan yang tidak diinginkan. Adanya relaksasi mental ini, dapat berpengaruh kepada kenikmatan seksual yang maksimal

Orang yang memiliki masalah seperti ejakulasi dini mengatakan bahwa memakai kondom dapat membantu aktivitas seks mereka. Kondom dirasa dapat mengurangi gesekan berlebih saat penetrasi dan dapat membantu meningkatkan daya tahan penis ereksi ketika berhubungan seksual.

Jenis kondom yang digunakan selama melakukan seks, juga berdampak pada kenikmatan yang didapat. Contohnya, kondom dengan tekstur atau rasa yang bervariasi dapat membuat seks jadi lebih menarik dan menyenangkan.

Tips berhubungan seks menyenangkan meski pakai kondom

1. Pakai pelumas

Dr. Hilda Hutcherson, MD, Profesor Obstetri dan Ginekologi di Columbia University, memberikan saran tentang bagaimana mencapai kenikmatan dengan menggunakan kondom dan pelumas. Anda disarankan untuk menggunakan 1 hingga 2 tetes pelumas pada penis yang telah dibalut kondom. Cobalah pelumas vagina yang berbahan silikon, yang lebih tahan lama daripada pelumas yang berbahan dasar air.

2. Pakai tekstur kondom yang berbeda

Tak hanya ada kondom monoton dengan tekstur polos dan tebal. Kondom masa kini telah berevolusi menghadirkan tekstur dan pelumas untuk meningkatkan kenikmatan sambil memberikan perlindungan maksimal.

3. Pastikan kondom sesuai ukuran

Dan yang paling penting, pastikan kondom yang digunakan pas. Tidak semua ukuran kondom sama, ada yang kecil dan ada yang besar. Kondom yang tidak pas cenderung cepat robek atau bisa tertinggal di dalam vagina. Hal tersebut bisa mengurangi kenikmatan bercinta menggunakan kondom.

Baca Juga:

Yang juga perlu Anda baca