Cara Pakai Dental Dam (Kondom Perempuan) yang Benar

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Selain kondom penis, ada pilihan pengaman jenis dental dam yang bisa digunakan di bagian mulut dan kelamin wanita untuk mencegah penularan penyakit kelamin. Bagaimana cara pakainya?

Apa itu dental dam?

Dental dam adalah lembaran elastis yang terbuat dari bahan lateks dan polyurethan.

Pada awalnya, dental dam hanya digunakan khusus selama prosedur perawatan gigi di dokter gigi untuk melindungi area mulut pasien dari bakteri ketika mulut dan giginya sedang dibersihkan.

Namun sekarang alat ini umum digunakan sebagai metode pelindung saat hubungan seksual, mengingat ada risiko besar terhadap penularan infeksi penyakit kelamin lewat seks oral dan seks anal serta seks seks anal-oral (rimming).

Bagaimana cara pakai dental dam?

Contoh cara menggunakan dental dam saat oral seks vaginal (sumber: CDC.gov)

Dental dam digunakan untuk melakukan seks oral-vaginal atau juga bisa untuk oral-anal. Dental dam bekerja sebagai penghalang atau perisai antara mulut seseorang dan penis, vagina, atau anus pasangannya.

Cara menggunakannya adalah dengan dibentangkan agar menutupi bukaan area genital (misalnya lubang vagina atau lubang anus) selama seks oral dari awal sampai akhir sehingga tidak terjadi kontak langsung antara sesama kulit atau kulit dengan cairan tubuh.

Berikut adalah cara pakai dental dam yang benar

  • Pertama, keluarkan produk dari kemasan dan pastikan kalau kondisinya masih bagus.
  • Periksa tanggal kedaluwarsa kemasan dental dam
  • Lebarkan atau bentangkan dental dam sebelum pakai untuk memastikan kalau tidak ada bagian yang sobek.
  • Gunakan alat tersebut untuk menutupi mulut vagina atau mulut anus.
  • Setelah digunakan, ikat dan buang di tempat sampah dan jangan gunakan berulang kali.

Jangan takut apabila dental dam meregang atau elastis masuk ke dalam anus atau vagina, cukup pegang atau tahan bagian luar dental dam di tempat.  Lembar dental dam umumnya tidak akan goyang atau berpindah kemana-mana karena tertahan menempel dengan kelembapan vagina.

Pakai  dental dam baiknya harus sebelum benar-benar melakukan seks oral. Memasang alat ini di tengah-tengah berlangsungnya hubungan seks tidak akan efektif mencegah risiko penularan penyakit.

Sama seperti kondom, lembaran pengaman ini hanya boleh dipakai untuk satu kali hubungan seks dari awal sampai akhir. Ganti dengan yang baru jika ingin lanjut ke sesi selanjutnya. Pakai dental dam yang berbeda untuk seks oral, anal, ataupun vaginal. Alat pengaman ini hanya baru boleh dilepas setelah Anda dan pasangan yakin bahwa hubungan seks sudah selesai.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca