Mengatasi Terpuruknya Emosi Saat Kanker Payudara Datang Lagi

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Sebagian orang berpikir bahwa kanker payudara yang datang lagi setelah dinyatakan sembuh, terkadang terasa seperti hukuman. Mereka sudah harus menderita kanker payudara dan efek samping dari pengobatannya satu kali. Dan sekarang, mereka harus menjalani penderitaan yang sama untuk kedua kalinya. Oleh karena itu, perasaan negatif adalah sesuatu yang alami. Mari kita lihat perasaan apa yang mungkin timbul.

Apa yang mungkin Anda rasakan saat kembali didiagnosis dengan kanker payudara

Anda terkena kanker payudara lagi. Ini berarti Anda harus mengalami kembali status emosional yang Anda kira telah Anda lewati setelah kanker payudara yang terdahulu. Anda mungkin merasa takut, marah, cemas, dan depresi. Anda mungkin bertanya-tanya apakah pengobatan kanker itu efektif.

Anda mungkin merasa marah kepada dokter atau profesional kesehatan lainnya, dan kepada diri Anda sendiri. Anda mungkin bertanya-tanya apakah dokter Anda tidak sebaik yang Anda duga, dan Anda tidak mampu melawan kanker.

Anda mungkin merasa takut akan masa depan karena Anda tidak tahu apa yang akan terjadi dengan kehidupan Anda.

Anda juga mungkin merasa marah dan bertanya pada diri sendiri: “Mengapa aku? Mengapa aku harus mengalaminya dua kali?” Atau, dalam beberapa kasus, Anda mungkin bisa menerima kenyataan dan menerima diagnosis dengan pemikiran positif.

Apa yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya

Meskipun perasaan dan pemikiran negatif adalah sesuatu yang alami saat Anda terkena kanker payudara lagi, ini bisa memengaruhi kesehatan fisik Anda jika Anda tidak mengatasinya. Dalam beberapa kasus, ini dapat menyebabkan depresi dan rasa takut di kemudian hari. Ada beberapa teknik dan terapi yang dapat membantu Anda mengatasi masalah emosional ini, meliputi:

  • Konseling: Anda bisa mencari bantuan dari profesional. Konseling bisa dilakukan di tempat tersendiri, hangat, nyaman, dan aman. Para konselor dapat membantu Anda mengeksplorasi perasaan Anda, mengapa Anda merasakannya, dan bagaimana cara mengatasinya. Jangan merasa malu, beri tahu konselor mengenai masalah Anda, maka ia bisa membantu Anda.
  • Relaksasi: Berhentilah berpikir dan pergilah tidur, atau mandilah dengan air panas. Atau, Anda bisa melakukan pijat. Hal-hal ini bisa membantu Anda rileks.
  • Pikiran terbuka: Pikirkanlah masa kini, mengenai apa yang Anda miliki, apa yang membuat Anda bahagia. Fokuslah pada bau, rasa, suara. Hidup Anda tetap indah, jadi Anda harus berusaha sebaik mungkin untuk melawan kanker payudara.

Jika perasaan Anda tidak menjadi lebih baik, atau malah menimbulkan masalah lain seperti kehilangan napsu makan, kehilangan nikmat hidup, kehilangan minat, kurang tidur, atau sulit berkonsentrasi, Anda harus menghubungi dokter.

Jika Anda terkena kanker payudara untuk kedua kalinya, itu berarti Anda harus menderita akibat perasaan dan pemikiran negatif untuk kedua kalinya pula. Ini adalah sesuatu yang alami. Anda boleh merasa tidak bahagia saat Anda terkena penyakit. Namun, jangan biarkan mood negatif mengendalikan hidup Anda.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Baca Juga:

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca