Mendeteksi Keparahan Luka Bakar Berdasarkan Derajatnya (Plus Cara Perawatannya)

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Luka bakar adalah salah satu cedera rumah tangga yang paling umum terjadi. Seringnya karena terkena piringan logam setrika, knalpot mobil atau motor, hingga terciprat air mendidih atau api saat memasak.

Luka bakar terjadi karena sel-sel kulit mengalami kerusakan akibat terkena paparan benda panas, listrik, atau bahan kimia tertentu. Meski begitu, tidak semua kasus luka bakar sama persis, lho! Antara luka bakar karena tersundut setrika dan luka bakar akibat terjebak dalam kebakaran, misalnya, memiliki tingkat keparahan dan potensi risiko yang berbeda sehingga cara penanganannya pun tentu berbeda. Maka dari itu, yuk, pelajari lebih lanjut seputar derajat luka bakar dan perawatannya untuk masing-masing.

Tingkatan derajat luka bakar plus cara penanganannya

Cara menangani luka bakar tergantung dari tingkatan keparahannya, atau disebut juga dengan derajat luka bakar. Derajat luka bakar itu sendiri terbagi menjadi tiga tingkatan, yaitu derajat satu, derajat dua, dan derajat tiga.

Semakin tinggi derajat luka bakar Anda, maka dampaknya pada tubuh akan semakin parah dan mungkin semakin rumit juga penanganannya. Supaya lebih jelas, mari kita kupas satu per satu.

Luka bakar derajat satu

diet luka bakar gas gangrene

Derajat luka bakar pertama disebut juga dengan luka bakar superfisial. Pasalnya, kerusakan kulit yang terjadi hanya mengenai epidermis atau lapisan kulit yang paling luar. Jadi, tingkat keparahannya tergolong paling ringan dan mudah ditangani.

Tanda-tanda Anda mengalami luka bakar derajat satu adalah:

  • Kulit kemerahan.
  • Peradangan atau bengkak ringan.
  • Nyeri yang masih dapat ditahan.
  • Kulit kering dan mengelupas, biasanya saat luka bakar mulai sembuh.

Karena luka bakar derajat satu ini hanya mengenai lapisan kulit paling atas, maka tanda-tanda tersebut biasanya akan hilang saat sel-sel kulit mati mulai terkelupas dan tergantikan dengan yang baru.

Cara penanganan

Luka bakar derajat satu masih terhitung mudah penanganannya dan bisa dilakukan sendiri di rumah dengan:

  • Mengalirkan air dingin pada kulit yang terbakar selama lima menit. Hindari mengompresnya pakai es batu karena dapat memperparah luka bakar.
  • Minum paracetamol atau ibuprofen untuk membantu mengurangi rasa sakit.
  • Oleskan gel lidah buaya atau krim dingin untuk menenangkan kulit yang memerah.
  • Oleskan salep antibiotik dan balut dengan kasa untuk menghindari gesekan dengan benda sekitar. Jangan gunakan kapas untuk menutupi luka bakar. Serat-serat kapas dapat menempel pada luka dan malah memicu infeksi.

Waktu penyembuhan luka derajat satu pun lebih cepat, sekitar 7 sampai 10 hari dan tidak meninggalkan jaringan parut. Jadi, kulit Anda masih bisa kembali mulus seperti semula.

Walaupun bisa diobati sendiri di rumah, Anda tetap dianjurkan untuk pergi ke dokter jika mengalami luka bakar jenis ini. Terlebih jika area lukanya meluas hingga lebih dari 9 sentimeter dan mengenai wajah atau sendi tubuh utama, seperti lutut, tumit, kaki, pundak, siku, lengan, atau tulang belakang.

Luka bakar derajat dua

obat luka bakar

Tingkat keparahan luka bakar derajat dua cenderung lebih serius daripada tingkatan pertama. Pasalnya, area kerusakan sel-sel kulit sudah mulai menembus epidermis hingga mengenai sebagian dermis atau lapisan kulit dalam.

Tanda-tanda luka bakar ini biasanya meliputi kulit yang melepuh, memerah, dan terasa perih. Area luka bakar juga tampak basah dan mengkilap. Terkadang, kondisi ini juga dapat memicu pertumbuhan jaringan parut mengandung nanah yang disebut dengan luka bakar eksudat (fibrinous exudate).

Cara penanganan

Lama penyembuhan luka bakar derajat kedua bisa berbeda-beda pada tiap orang. Semakin parah lepuhannya, semakin lama pula masa penyembuhannya. Namun, orang yang terkena luka bakar jenis ini biasanya akan sembuh dalam waktu 2 sampai 3 minggu tanpa pertumbuhan jaringan parut.

Maka itu, segera atasi luka bakar Anda dengan cara:

  • Aliri area kulit yang melepuh dengan air dingin selama 15 menit
  • Minum paracetamol atau ibuprofen untuk membantu meredakan nyeri
  • Hindari menutup area luka bakar dengan kapas agar tidak memperparah infeksi

Bagi Anda yang mengalami luka bakar jenis ini, sebaiknya selalu jaga area luka bakar tetap bersih dan balut dengan kain kasa. Hal ini bertujuan untuk mencegah kemungkinan infeksi dan mempercepat penyembuhan.

Sebaiknya, tetap konsultasikan ke dokter untuk membantu menyembuhkan luka bakar Anda. Terlebih bila kondisi ini terjadi pada area wajah, tangan, bokong, selangkangan, dan kaki.

Luka bakar derajat III

Sumber: Healthline

Dibandingkan derajat luka bakar lainnya, luka bakar jenis ini adalah yang paling parah. Pasalnya, kerusakan yang terjadi pada kulit lebih lebar dan merusak jaringan subkutan kulit.

Tanda-tanda Anda mengalami luka bakar derajat ketiga meliputi:

  • Timbul area putih atau cokelat gelap pada kulit.
  • Kulit kasar dan terkelupas.
  • Ada penebalan kulit yang tampak seperti lilin dan meluas.

Jangan sekali-kali mencoba untuk mengobati luka bakar derajat tiga sendiri karena sangat rentan terhadap infeksi. Sebaiknya cepat-cepat pergi ke IGD rumah sakit terdekat untuk menangani luka bakar Anda. Biasanya, dokter akan merekomendasikan operasi untuk menghilangkan jaringan parut dan menyembuhkan luka bakar.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca