Haid Sampai Dua Kali Dalam Satu Bulan, Apakah Berbahaya?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Umumnya, wanita mengalami haid sekali dalam sebulan, namun ada juga beberapa wanita yang mengaku mengalami siklus haid sampai dua kali dalam sebulan. Penyebab seorang wanita mengalami haid dua kali dalam satu bulan memang bermacam-macam. Mulai dari karena faktor ketidakseimbangan hormon atau juga menandakan kondisi penyakit tertentu. Simak penjelasannya berikut ini.

Haid dua kali dalam satu bulan, normalkah?

Haid dua kali dalam satu bulan masih dibilang normal. Orang dewasa memiliki siklus menstruasi yang berjarak antara 21 sampai 35 hari, sedangkan pada remaja memiliki siklus menstruasi yang berjarak 21 sampai 45 hari. Oleh sebab itu, bagi wanita yang memiliki siklus menstruasi berjarak 21 hari, ada kemungkinan besar Anda mengalami menstruasi dua periode dalam satu bulan.

Selain itu, kebanyakan wanita memang memiliki sekitar 13 periode menstruasi dalam satu tahun yang berarti mereka memungkinkan memiliki dua periode dalam satu bulan.

Apa yang disebut sebagai menstruasi normal bervariasi untuk setiap orang. Pasalnya, siklus Anda bisa sama setiap bulannya atau malah tidak teratur. Hal ini juga berlaku pada setiap keluhan ketika menstruasi yang juga berbeda-beda tiap orangnya. Jadi, siklus menstruasi yang normal adalah ketika Anda merasakan hal normal pada diri Anda sendiri saat mengalami menstruasi – tidak terdapat keluhan yang berarti.

Apa yang menyebabkan siklus haid tidak teratur?

Meskipun haid dua kali dalam satu bulan dikatakan wajar, namun ada beberapa faktor lain yang menyebabkan Anda mengalami haid dua kali dalam satu bulan. Inilah beberapa penyebabnya:

1. Stres

Stres adalah masalah paling umum yang biasanya menyebabkan wanita mengalami haid dua kali dalam sebulan. Entah karena menghadapi ujian, masalah keuangan, padatnya jadwal kegiatan ataupun masalah lain yang memicu stres memang akan mengubah siklus menstruasi Anda untuk sementara.

2. Penurunan berat badan yang berlebihan

Selain masalah stres, menstruasi bisa terganggu juga bisa dari akibat penurunan berat badan yang ekstrem, kelainan makan seperti anoreksia nervosa atau peningkatan aktivitas fisik.

3. Pubertas

Wanita yang baru mengalami masa pubertas biasanya akan mengalami siklus menstruasi yang belum teratur. Anda bisa saja mengalami haid dua kali dalam sebulan, atau bahkan bisa juga baru haid satu kali dalam waktu tiga bulan.

4. Hipertiroidisme

Hipertiroidisme atau biasa yang disebut sebagai kelenjar tiroid adalah kondisi kelebihan hormon tiroksin yang dihasilkan oleh kelenjar tiroid di dalam tubuh. kondisi ini menyebabkan gangguan pada metabolisme tubuh, termasuk siklus menstruasi.

5. Sindrom ovarium polikistik

Sindrom ovarium polikistik adalah kelainan hormonal umum yang dapat menyebabkan kista kecil yang terbentuk di ovarium, sehingga menyebabkan menstruasi tidak teratur.

6. Penyakit radang panggul

Pelvic Inflammatory Disease (PID) atau penyakit radang panggul adalah infeksi organ reproduktif wanita seperti uterus, serviks, ovarium, atau tuba fallopi. Infeksi organ reproduksi ini bisa menyebabkan menstruasi tidak teratur.

Kapan haid dua kali sebulan harus diperiksakan ke dokter?

Sebagian besar alasan perdarahan yang sering terjadi adalah masalah yang wajar dan tergolong ringan. Namun jika Anda mengalami periode haid dua kali dalam sebulan yang sangat sering, Anda harus segera konsultasi ke dokter terlebih jika Anda mengalami:

  • Merasakan rasa sakit yang luar biasa di sekujur badan selama menstruasi
  • Periode menstruasi Anda berlangsung selama lebih dari 7 hari
  • Siklus menstruasi Anda lebih dari 35 hari atau kurang dari 21 hari
  • Meskipun tidak hamil, Anda tidak mengalami menstruasi selama lebih dari tiga bulan
  • Anda mengeluarkan darah menstruasi yang lebih banyak dari biasanya sehingga harus rutin mengganti pembalut setiap satu sampai dua jam
  • Siklus menstruasi Anda tiba-tiba tidak menentu

Wanita yang mengalami menstruasi dua kali dalam satu bulan harus mempertimbangkan pengobatan lebih lanjut terutama jika dialami selama tiga bulan secara berturut-turut. Ingatlah agar untuk melakukan pemeriksaan secara teratur area panggul agar memastikan diagnosis dini masalah yang mempengaruhi organ reproduksi Anda.

Bagaimana cara mengobati siklus haid yang tidak teratur?

Berikut adalah beberapa kebiasaan hidup sehat yang akan membantu mengatur siklus haid Anda:

1. Konsumsi buah dan sayuran

Vitamin C dan zat besi yang hilang karena perdarahan selama mentsruasi dapat dipulihkan dengan mengonsumsi sayuran berdaun hijau seperti brokoli, bayam, pakchoy, sawi hijau, jeruk, lemon, dan lain sebaginya

2. Tetap terhidrasi

Jaga asupan cairan dalam tubuh dengan memperbanyak minum air putih sesuai kebutuhan Anda.  Hal ini dilakukan untuk mencegah Anda kekurangan cairan selama menstruasi.

3. Buat jurnal menstruasi

Buatlah sebuah jurnal menstruasi yang menunjukan tanggal pasti periode menstruasi Anda. Pasalnya ini akan membantu Anda mempersiapkan diri lebih awal ketika mengalami pola menstruasi yang tidak teratur.

4. Rutin berolahraga

Lakukan olahraga ringan secara rutin seperi melakukan peregangan, senam, atau sekadar jalan kaki. Anda juga bisa melakukan yoga untuk membantu mengurangi sindrom pramenstruasi dan meringankan kram otot. 

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca