Benarkah Stres Bisa Menyebabkan Siklus Menstruasi Jadi Kacau?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 7 Desember 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Stres dan menstruasi yang terlambat sering dikaitkan satu sama lain. Menstruasi yang tidak teratur atau terlambat memang bisa disebabkan oleh gangguan kesehatan. Lalu bagaimana dengan gangguan psikologis? Apa benar stres bisa memengaruhi menstruasi? Cari tahu jawabannya di bawah ini, ya!

Siklus menstruasi yang normal seperti apa, sih?

Siklus menstruasi pada setiap wanita berbeda, kadang bisa sesuai jadwal dan kadang tidak teratur. Rata-rata, menstruasi (haid, yaitu masa di mana wanita mengalami perdarahan) pada wanita berlangsung setiap hari ke-21 sampai 35 pada satu siklus menstruasi Anda. Lamanya haid biasanya berlangsung sekitar tiga sampai lima hari. Menstruasi tidak teratur mungkin terjadi karena beberapa hal, di antaranya adalah stres dan suatu kondisi kesehatan tertentu.

Stres dan menstruasi memang saling berkaitan

Beberapa wanita mungkin mengalami menstruasi tidak teratur atau berhenti mengalami menstruasi, biasanya sebagai dampak dari obat-obatan tertentu. Kondisi seperti olahraga berlebih, berat badan yang terlalu rendah, atau kurang asupan makanan berkalori juga bisa menghambat kelancaran ovulasi dalam tubuh wanita.

Penyebab lain mungkin adalah dampak dari ketidakseimbangan hormon. Sebagai contoh, kelainan kelenjar tiroid bisa menyebabkan menstruasi tidak teratur bila tingkat hormon tiroid dalam darah menjadi terlalu rendah atau tinggi

Menstruasi yang terlambat atau tidak teratur bisa saja disebabkan oleh stres. Mungkin Anda tidak menyadarinya, tapi stres mengacaukan hormon-hormon di seluruh tubuh, termasuk hormon sinyal menstruasi yaitu estrogen.

Hormon yang berperan dalam munculnya stres adalah hormon kortisol. Kortisol ini juga bisa menghambat jalannya ovulasi dalam tubuh Anda. Dengan menurunnya hormon estrogen untuk ovulasi, menstruasi Anda jadi tertunda. Ketika stres meningkat, ada kemungkinan periode menstruasi Anda berhenti sementara. Berhentinya menstruasi sementara ini juga dikenal sebagai amenore sekunder.

informasi tentang menstruasi haid

Apa itu amenore sekunder?

Amenore sekunder adalah kondisi di mana periode menstruasi berhenti selama lebih dari tiga atau enam bulan, di mana sebelumnya sudah pernah mengalami menstruasi. Hal ini biasanya disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon. Kadang, berlebih atau berkurangnya kadar estrogen dalam tubuh bisa menjadi penyebab menstruasi jadi tidak teratur. Selain itu, gaya hidup tak sehat yang memicu stres juga bisa membuat Anda tidak menstruasi dengan teratur.

Lalu, bagaimana mengatasi stres dan menstruasi terlambat ini?

Stres dapat memengaruhi bagian otak yang bertanggung jawab untuk memproduksi hormon. Lalu, hormon ini dapat menurunkan kadar hormon-hormon menstruasi seperti estrogen dan progresteron. Karena itu, Anda harus menghilangkan stres dulu dari benak Anda.

Mengurangi tingkat stres bisa membantu tubuh Anda kembali ke periode menstruasi yang normal. Selain itu, jika Anda tidak bisa menanggulangi stres sendirian, Anda bisa berbicara atau berkonsultasi dengan psikolog atau psikiater (dokter ahli kejiwaan). Nantinya, psikiater akan memahami masalah penyebab stres Anda dengan menggunakan obat antidepresan atau antikecemasan. Obat-obatan tersebut dapat membantu mengatasi masalah dan menurunkan stres.

Makan-makanan yang sehat seperti sayur dan buah juga bisa membuat hormon kortisol pemicu stres menurun. Coba juga olahraga seperti jogging atau meditasi. Kedua hal tersebut bisa menaikkan hormon oksitosin yang bisa membuat Anda senang dan bahagia, serta terbebas dari stres.

Kalkulator Masa Subur

Ingin Cepat Hamil? Cari tahu waktu terbaik untuk bercinta dengan suami lewat kalkulator berikut.

Kapan Ya?
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Sehatkah Kalau Makan Makanan yang Sama Terus Setiap Hari?

Adakah dampak kesehatan tertentu jika kita makan makanan yang sama tiap harinya? Apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi kebiasaan tersebut?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Tips Makan Sehat, Nutrisi 26 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Tiba-Tiba Susah Kentut? Tak Perlu Pusing, Begini Cara Mengatasinya

Pernah merasakan tidak bisa kentut? Tentu rasanya sangat mengganggu dan membuat perut terasa sakit. Tenang, atasi masalah susah kentut dengan cara alami ini

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Kesehatan, Gejala dan Kondisi Umum 25 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

9 Cara Jitu untuk Mengusir Semut Bandel di Rumah

Setiap rumah pasti ada semutnya. Apalagi rumah yang kotor. Jangan panik dulu, air lemon ternyata bisa jadi cara mengusir semut di rumah yang terjamin ampuh.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Kebersihan Diri, Hidup Sehat 25 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

Kenapa Lidah Terasa Pahit saat Anda Sedang Sakit?

Saat Anda sakit, makan dan minum apapun jadi tak selera. Hal ini karena mulut dan lidah terasa pahit. Nah, ini dia alasan dan cara ampuh mengatasinya.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Penyakit Gusi dan Mulut, Gigi dan Mulut 25 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit

Direkomendasikan untuk Anda

gula darah turun

Habis Makan, Gula Darah Malah Turun Drastis? Apa Sebabnya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Angelina Yuwono
Dipublikasikan tanggal: 26 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
ciri dan gejala infeksi parasit

Mengenal Jenis-Jenis Parasit dan Penyakit Infeksi yang Disebabkannya

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 26 Januari 2021 . Waktu baca 10 menit
badan sakit setelah olahraga

Badan Sakit Setelah Olahraga, Apakah Artinya Olahraga Anda Ampuh?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Dipublikasikan tanggal: 26 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
tidak enak badan

6 Cara Mengurangi Rasa Tidak Enak Badan saat Demam

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 26 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit