Benarkah Pakai Sampo yang Sama Terus-menerus Bikin Rambut Rusak?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Sampo bisa menjaga kesehatan rambut. Di sisi lain juga bisa membuat rambut rusak, misalnya ketika Anda salah pilih sampo. Lantas, kalau menggunakan sampo yang sama terus-menerus dalam waktu lama, apakah bisa membuat rambut rusak?

Pakai sampo yang sama terus bikin rambut rusak?

Anda mungkin pernah mendengar gonta-ganti sampo terlalu cepat, bisa membuat rambut rusak. Ya, ini memang benar, salah satu masalahnya adalah dermatitis kulit kepala.

Bahan kimia yang terkandung pada sampo, seperti parfum, pewarna, dan zat lain bisa mengiritasi kulit. Ini menyebabkan kulit gatal, kemerahan, dan mengelupas.

Melihat adanya kemungkinan masalah kulit kepala akibat sering gonta-ganti sampo akhirnya membuat Anda tetap setia pada satu sampo. Namun, ada pula yang menyebutkan, tidak pernah ganti sampo dalam jangka panjang bisa menyebabkan rambut rusak. Apa benar?

Sebenarnya, konsisten menggunakan sampo yang sama, tidak membuat rambut rusak. Akan tetapi, secara perlahan zat aktif yang ada pada sampo tidak lagi ampuh mengatasi masalah pada rambut.

Contohnya, Anda menggunakan sampo A karena berketombe. Pada pemakaian bulan pertama dan seterusnya, Anda merasakan khasiat sampo. Namun, secara perlahan, rambut Anda kembali berketombe.

Masalah rambut yang kembali muncul, membuat Anda berpikiran bahwa rambut jadi rusak karena sampo yang sama terus. Padahal tidak.

Masalah rambut tersebut yang kembali kambuh, atau bahkan makin parah terjadi karena sampo tidak lagi efektif melindungi dan menjaga rambut.

Kenapa sampo tersebut jadi tidak efektif?

mengatasi mata perih kena shampoo

Tidak ganti merek sampo dalam jangka waktu lama tidak menyebabkan rambut rusak. Hanya saja, sampo jadi tidak efektif mengobati keluhan. Apa sebabnya?

Ada mitos yang beredar bahwa tubuh menjadi kebal atau resisten dengan zat kimia yang ada pada sampo. Sama halnya ketika Anda minum antibiotik. Namun, pendapat ini kemudian disanggah dan perlu diluruskan.

“Kulit tidak membangun kekebalan terhadap produk perawatan kulit dari waktu ke waktu,” ujar Suneel Chilukuri, MD, pendiri Refresh Dermatology di Houston, seperti dikutip dari Black Doctor.

Pakai sampo yang sama terus-menerus dalam jangka waktu lama tidak membuat rambut rusak. Ahli percaya bahwa sampo yang sama dan telah lama digunakan tidak lagi efektif karena faktor dalam tubuh dan lingkungan. Kulit dan rambut Anda akan menyesuaikan setiap perubahan yang terjadi, meliputi:

  • Usia yang bertambah tua
  • Perubahan musim
  • Hormon tubuh yang naik turun
  • Pola makan yang kurang menutrisi kulit dan rambut
  • Alergi dan masalah kesehatan tertentu
  • Aktivitas dan lingkungan rambut, misalnya terus terpapar matahari atau beralih menggunakan hijab

Agar rambut tidak rusak, tetap pakai sampo yang sama atau ganti?

Memutuskan untuk ganti atau konsisten pada satu sampo yang sama, tergantung dengan kondisi rambut Anda, rusak atau tidak.

Bila pilihan sampo sudah tepat dan efektif untuk menjaga kesehatan rambut, Anda tidak perlu ganti sampo.

Sementara, jika Anda melihat adanya tanda-tanda masalah kerusakan pada rambut, akan lebih baik segera ganti sampo Anda.

Bila kerusakan rambut, seperti rambut kering, berubah warna, dan rontok tidak kunjung membaik, jangan sungkan untuk periksa ke dokter. Kondisi tersebut bisa menjadi tanda adanya masalah medis, seperti kekurangan vitamin atau mineral tertentu.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca