5 Makanan yang Bisa Meningkatkan Kinerja Otak

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Rata-rata, manusia bekerja selama 8-10 jam sehari dalam 5 hari seminggu, atau bahkan lebih. Kesibukan ini tak jarang bikin Anda hanya ingin makan makanan yang cepat diolah dan dikonsumsi. Sayangnya, makanan tersebut tidak baik untuk kesehatan, terutama otak Anda yang digunakan terus menerus selama bekerja. Lalu adakah makanan untuk otak yang baik dikonsumsi?

Berbagai makanan untuk otak yang sehat dan berfungsi optimal

1. Air

kandungan flouride dalam air mineral

Tahukah Anda bahwa 70 persen dari tubuh kita terdiri dari air? Sudah banyak anjuran untuk minum minimal 2 liter air sehari, tapi tidak semua orang melakukannya. Semua fungsi tubuh tergantung pada air agar bisa berfungsi dengan baik. Air pada tubuh berfungsi bak minyak bagi mesin.

Jika Anda tidak air yang cukup untuk mengisi cairan yang hilang, otak Anda yang akan menanggung konsekuensinya. Kurang minum air dapat menyebabkan kelelahan dan sakit kepala. Sebaiknya, pastikan untuk minum banyak air sehingga Anda dapat bekerja dengan pikiran yang jernih dan tetap produktif.

2. Ikan salmon

salmonella dalam makanan

Salmon merupakan makanan untuk otak yang baik dikonsumsi karena mengandung omega-3, yang terbuat dari asam eicosapentaenoic (EPA) docosahexaenoic acid (DHA). Ini adalah asam lemak yang juga ditemukan dalam otak kita. Penelitian telah menunjukkan omega-3 memiliki banyak manfaat yang dapat membantu meningkatkan otak. Salah satunya omega-3 melindungi otak dan mencegah peradangan. Tingkat DHA yang rendah di dalam tubuh juga telah dikaitkan dengan risiko tinggi terkena penyakit Alzheimer dan kehilangan ingatan. Dalam studi terbaru, omega-3 juga dapat membantu mengatur mood agar tetap terjaga sepanjang hari.

3. Buah dari keluarga berry dan makanan kaya akan antioksidan

blueberry, raspberry, dan blackberry

Buah beri kaya akan antioksidan, yang dapat melindungi otak Anda dan meningkatkan memori. Hal ini akan membantu meningkatkan kinerja otak Anda. Yang termasuk buah-buahan berry di antaranya stroberi, blueberry, mulberry, dan ceri. Buah ini dapat membantu mencegah timbulnya penyakit Alzheimer dan penyakit Parkinson di masa depan. Secara umum, semakin gelap buah beri, semakin tinggi kandungan antioksidannya.

4. Alpukat

Alpukat  merupakan salah satu makanan untuk otak yang kaya akan asam lemak yang disebut asam oleat. Buah ini dapat membantu meningkatkan otak Anda dengan menciptakan sebuah selubung di sekitar otak yang dikenal sebagai mielin. Mielin membantu proses informasi pada kecepatan hingga sekitar 300 km/ jam.

Tanpa mielin, tubuh dapat memperlambat kemampuan otak Anda. Makanan lain yang mengandung asam oleat yaitu kacang almond, kacang pecan, dan kacang mete. Makanan untuk otak tersebut mengandung lemak baik yang membantu Anda berpikir lebih cepat.

5. Bayam

makan bayam meningkatkan asam urat

Bayam adalah makanan untuk otak yang bisa meningkatkan fungsi dan kinerja otak. Pasalnya,  bayam memiliki kandungan folat tinggi dan vitamin K dimana nutrisinya penting bagi otak Anda.

Folat, yang juga dikenal sebagai asam folat, adalah vitamin B yang membantu melindungi saraf Anda dari kerusakan. Hal ini mencegah keterlambatan ketika pesan dikirim ke otak Anda.

Sedangkan vitamin K telah terbukti terkait dalam meningkatkan daya ingat dan aktivitas otak. Hal ini dapat memperlambat proses penurunan kognitif yang didasari oleh faktor usia dan mencegah penyakit Alzheimer. Manfaat lain bayam yaitu membantu detoksifikasi liver Anda. Hal ini membuat darah Anda bersih dan otak Anda sehat.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca