9 Masalah Kesehatan yang Paling Sering Menyerang Kaki (Mungkin Anda Juga Pernah)

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 20/03/2020
Bagikan sekarang

Tahukah Anda jika kaki memiliki 42 otot, 26 tulang, 33 sendi, 50 ligamen, dan 250.000 kelenjar keringat? Saking menakjubkannya, kaki merupakan bagian tubuh yang mampu menopang berat badan saat Anda melakukan berbagai aktivitas. Termasuk berjalan, berlari, dan lainnya. Namun sayangnya, aktivitas yang padat seringkali membuat Anda tidak menyadari bahwa kaki Anda juga bisa terluka. Akibatnya, kaki bisa mengalami cedera, peradangan pada tulang, ligamen, atau tendon pada kaki. Lebih jelasnya, simak macam-macam masalah dan penyakit kaki yang paling sering terjadi berikut ini.

Berbagai masalah dan penyakit kaki yang paling umum

1. Lecet pada kaki

Penggunaan sepatu baru atau ukuran sepatu yang tidak pas seringkali menyebabkan luka atau lecet pada kaki. Jika terjadi luka atau lecet pada kaki, Anda bisa mengobatinya dengan membersihkan area kaki yang terluka tersebut, menggunakan salep antibiotik, lalu menutupinya dengan perban.

2. Kuku kaki yang tumbuh ke dalam (cantengan)

Kuku kaki yang tumbuh ke dalam seringkali membuat serba salah. Jika dibiarkan, membuat Anda gemas. Namun jika diambil dengan cara yang kurang tepat, seperti ditarik paksa, maka akan menyebabkan infeksi.

Penyakit kaki yang sering disebut cantengan ini biasanya disebabkan karena tekanan sepatu, infeksi jamur, atau struktur kaki yang buruk. Untuk mencegah terjadinya infeksi, Anda perlu memotong bagian kuku tersebut dengan pemotong kuku. Saat Anda memotong kuku kaki Anda, gunakan gunting kuku yang lebih besar dan hindari memotong kuku sampai pendek, karena ini juga bisa menyebabkan kuku kaki atau infeksi tumbuh ke dalam.

3. Kapalan

Kapalan biasanya disebabkan karena tekanan atau gesekan yang berlebihan sehingga menimbulkan terjadinya penebalan atau pengerasan pada kulit kaki.

Biasanya, kapalan muncul pada telapak kaki, tumit, atau jari kaki yang seringkali menimbulkan rasa tidak nyaman atau nyeri saat beraktivitas atau berjalan. Bagian kaki yang mengalami kapalan biasanya akan berwarna kekuningan dan cenderung menjadi kurang sensitif terhadap sentuhan.

Untuk mecegah terjadinya kapalan, Anda perlu menggunakan sepatu yang pas, karena penggunaan ukuran sepatu yang salah bisa menimbulkan terjadinya kapalan.

4. Asam urat

Asam urat merupakan bentuk radang sendi yang bisa menyebabkan rasa sakit pada jari kaki. Hal ini disebabkan oleh adanya kristal asam urat yang menumpuk di sendi kaki, sehingga menyebabkan rasa sakit dan pembengkakan pada kaki.

Jika terjadi asam urat pada kaki, biasanya, jari kaki akan terasa hangat, berwarna kemerahan, bengkak, dan terasa sakit jika disentuh. Untuk mengobatinya, Anda bisa mengistirahatkan kaki, mengompres kaki dengan es, menghindari konsumsi makanan yang bisa memperparah asam urat, dan menggunakan obat yang disarankan oleh dokter.

5. Bunions

Bunion adalah tonjolan tulang di sepanjang tepi kaki, tepatnya di samping dasar jempol kaki. Bunions memiliki berbagai penyebab, termasuk kelainan bentuk bawaan, radang sendi, trauma, dan faktor keturunan.

Biasanya, bunions akan terasa menyakitkan jika Anda menggunakan sepatu. Bahkan penggunaan sepatu yang terlalu sempit seringkali dikaitkan dengan penyebab terjadinya bunions.

Untuk mencegahnya, Anda perlu menghindari penggunaan sepatu yang salah atau terlalu sempit. Jika bunions terasa menyakitkan, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

6. Sakit tumit

Sakit pada tumit kaki biasanya disebabkan oleh iritasi atau pembengkakan jaringan keras yang menghubungkan tulang tumit ke jari kaki. Sakit pada tumit ini biasanya paling parah terjadi di pagi hari saat Anda bangun tidur.

Untuk mengobatinya, Anda bisa mengistirahatkan kaki Anda, bentangkan tumit dan otot kaki, pakailah sepatu dengan lengkungan yang bagus dan alas kaki yang empuk, serta Anda bisa konsumsi obat penghilang rasa sakit.

7. Taji tumit

Selain sakit pada tumit, penyakit taji tumit juga merupakan penyebab nyeri pada kaki. Penyakit ini timbul karena adanya pertumbuhan tulang yang abnormal di bagian bawah tumit Anda.

Taji tumit bisa disebabkan karena penggunaan sepatu yang salah, postur yang tidak normal, atau aktivitas berlari. Sayangnya, penyakit ini seringkali tidak menimbulkan rasa sakit.

Untuk mengobatinya, Anda perlu mengistirahatkan kaki Anda, menggunakan orthotic yang dipakai di sepatu, menggunakan sepatu yang pas, serta melakukan terapi fisik. Bila penyakit ini terus menimbulkan rasa sakit, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter.

8. Hammertoes

Hammertoes adalah salah satu penyebab nyeri pada kaki yang ditandai dengan kecacatan atau kerusakan sendi yang paling dekat dengan ibu jari kaki. Penyakit kaki yang satu ini juga dikenal sebagai kelainan bentuk pada sendi tengah jari kaki sehingga sulit untuk diluruskan yang menyerupai bentuk palu. Biasanya, hammertoes sering disebabkan oleh penggunaan sepatu yang tidak pas.

9. Varises

Varises merupakan pembengkakan dan pelebaran darah vena yang biasa terjadi pada bagian kaki akibat penumpukan darah. Varises biasanya ditandai dengan pembuluh vena yang terlihat menonjol keluar berwarna biru atau ungu tua.

Penyebab terjadinya varises diantaranya adalah riwayat keluarga, pertambahan usia, kelainan pada katup pembuluh darah, kehamilan, obesitas, faktor hormonal, pil KB, kebiasaan menggunakan pakaian ketat (seperti celana, pakaian dalam, dan sepatu), serta penyakit tertentu seperti penyakit jantung dan hati.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"

Yang juga perlu Anda baca

5 Penyebab Mulut Anda Terasa Pahit Saat Puasa

Penyebab mulut terasa pahit saat puasa biasanya tidak berbahaya. Bisa jadi, mulut terasa pahit karena Anda lalai melakukan hal yang satu ini! Apa ya?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Hari Raya, Ramadan 19/05/2020

Rutin Minum Madu Saat Sahur Bisa Memberikan 5 Kebaikan Ini

Katanya, minum madu saat sahur bisa memberikan segudang manfaat baik bagi tubuh selama menjalani puasa. Tertarik ingin coba? Simak beragam khasiatnya.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Hari Raya, Ramadan 17/05/2020

3 Buah Selain Kurma yang Baik untuk Berbuka Puasa

Kurma bukan satu-satunya buah yang baik dimakan saat berbuka puasa. Lihat berbagai pilihan lainnya.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Monika Nanda
Hari Raya, Ramadan 14/05/2020

5 Fungsi Antiseptik Cair Selain untuk Mandi

Antiseptik mampu memusnahkan atau menghambat perkembangan bakteri pada jaringan hidup. Yuk, baca 5 fungsi antiseptik cair untuk kesehatan Anda dan keluarga.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro

Direkomendasikan untuk Anda

resep membuat bakwan

4 Resep Membuat Bakwan di Rumah yang Enak Tapi Sehat

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 28/05/2020

Berbagai Manfaat Daun Kale, Si Hijau yang Kaya Zat Gizi

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 28/05/2020
panduan diet sehat untuk menurunkan berat badan, cara diet sehat, menu diet sehat, makanan diet sehat, diet sehat alami

Cara Diet Turun Berat Badan yang Aman Tanpa Bahayakan Kesehatan

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 28/05/2020
diagnosis hiv

Apa Bedanya Stres dan Depresi? Kenali Gejalanya

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 26/05/2020