home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Bunion

Definisi bunion|Tanda & gejala bunion|Penyebab bunion|Faktir risiko bunion|Komplikasi bunion|Diagnosis & pengobatan bunion|Perawatan bunion di rumah|Pencegahan bunion
Bunion

Definisi bunion

Apa itu bunion?

Bunion atau bunion feet adalah benjolan tulang di pangkal jempol kaki Anda yang disebabkan oleh kurang lebarnya alas kaki untuk menampung jari kaki Anda. Istilah lain dari kondisi ini adalah hallux valgus.

Kata “bunion” sendiri berasal dari bahasa Yunani yang berarti lobak. Ini karena kondisi benjolan di jempol kaki tampak memerah dan membengkak seperti lobak.

Benjolan yang muncul pada jempol kaki ini berkembang secara perlahan, yang awalnya terjadi akibat tekanan terus-menerus, sehingga membuat jempol kaki condong ke arah jari kaki kedua. Seiring waktu, kondisi ini akan mengubah struktur tulang yang normal dan membentuk tonjolan.

Perubahan arah tulang jempol kaki hingga menyebabkan benjolan, menimbulkan rasa nyeri yang seiring waktu bisa membuat seseorang kesulitan untuk menggunakan sepatu dan berjalan.

Seberapa umumkah penyakit ini?

Kelainan tulang pada sistem gerak yakni kaki, dan bisa menyerang siapa saja. Namun ketimbang pria, wanita lebih sering terkena penyakit ini.

Kemungkinan besar ini terjadi karena wanita cenderung lebih sering menggunakan sepatu ketat dan sempit di bagian ujung, seperti sepatu hak tinggi atau flat shoes.

Tanda & gejala bunion

Bunion menimbulkan gejala yang beragam. Berikut gejala yang mungkin Anda rasakan:

  • Terbentuk benjolan di bagian luar pangkal jempol kaki Anda.
  • Terjadi pembengkakan, kemerahan, disertai nyeri di sekitar jempol yang terkena.
  • Kaki yang bermasalah sering kali mengalami kapalan karena jempol kaki terus bergesekan dengan jari kaki kedua.
  • Rasa nyeri di sekitar yang terus-menerus terjadi.
  • Gerakan jempol Anda jadi terbatas.

Setiap orang mengalami gejala yang berbeda-beda. Bahkan, ada pula yang mengalami gejala lain yang tidak disebutkan di atas.

Kapan harus ke dokter?

Jika Anda mengalami gejala yang disebutkan di atas, segera ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat. Terutama, jika Anda mengalami kondisi di bawah ini:

  • Nyeri pada jempol kaki yang tidak kunjung membaik.
  • Ada benjolan yang terlihat pada jempol.
  • Gerakan jempol kaki menjadi terbatas.
  • Anda kesulitan untuk memakai sepatu atau tidak nyaman ketika menggunakan sepatu.

Penyebab bunion

Jempol kaki Anda terdiri dari dua sendi, salah satunya sendi metatarsophalangeal (MTP). Letaknya, di antara tulang panjang pertama kaki (metatarsal) dengan tulang pertama jari kaki (phalanx).

Bunion terbentuk di sekitar tulang-tulang yang membentuk sendi MTP. Tulang tersebut bergeser ke bagian dalam kaki, sehingga membuat jempol masuk ke dalam mengarah ke jari kaki kedua

Pada kasus-kasus tertentu, penyebab pasti adanya benjolan pada jempol kaki tidak diketahui secara pasti. Namun, dilansir dari laman Mayo Clinic, berikut ini adalah kemungkinan berbagai penyebab bunion feet:

  • Bentuk tulang jempol kaki yang memang menjorok masuk ke dalam.
  • Stres atau cedera pada kaki.
  • Kelainan bentuk dan ukuran tulang jari-jari kaki bawaan lahir.

Faktir risiko bunion

Meski penyebabnya kadang tidak diketahui secara pasti, ada berbagai faktor yang bisa meningkatkan risiko bunion pada jempol kaki di antaranya, adalah:

  • Terlalu sering memakai sepatu hak tinggi

Sepatu ini memaksa jari-jari kaki Anda berdempetan satu sama lain sehingga bisa memberi tekanan dan mengubah arah tulang kaki lebih menjorok ke dalam.

  • Penggunaan sepatu sempit

Penggunaan sepatu yang terlalu ketat ini, memberi tekanan besar pada jari-jari kaki sehingga bisa menyebabkan peradangan dan berakhir dengan perubahan tulang jempol kaki.

  • Riwayat rheumatoid arthritis

Peradangan pada sendi ini menempatkan seseorang lebih berisiko tinggi mengalami bunion.

  • Kelainan bawaan genetik

Ada kecenderungan kelainan pada tulang kaki ini diturunkan dari keluarga yang memiliki masalah pada struktur dan anatomi kaki sejak lahir.

Komplikasi bunion

Gangguan muskuloskeletal ini bisa berkembang semakin parah bisa menimbulkan komplikasi, di antaranya adalah:

  • Bursitis

Bursitis adalah peradangan pada kantung bursae atau kantung kecil berisi pelumas untuk melindungi tulang di dekat sendi kaki, siku, pinggul, dan lutut.

  • Hammertoe

Hammertoe adalah lengkungan abnormal yang terjadi pada sendi tengah jari kaki dan menimbulkan rasa nyeri parah.

  • Metatarsalgia

Metatarsalgia adalah peradangan pada metatarsal yang menyebabkan pembengkakan dan rasa nyeri.

Diagnosis & pengobatan bunion

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Berikut ini adalah tes kesehatan yang dilakukan dokter untuk mendiagnosis bunion:

Pemeriksaan fisik

Dokter Anda akan menanyakan riwayat kesehatan, gejala yang Anda rasakan. Kaki Anda akan diperiksa, baik benjolan dan pembengkakannya, untuk menegakkan diagnosis bunion.

Rontgen

Pencitraan dengan sinar X membantu dokter untuk memeriksa kesejajaran jari-jari kaki Anda dan mencari peradangan di sekitar sendi MTP.

Penjajaran tulang kaki Anda berubah saat Anda berdiri atau duduk. Dokter Anda akan melakukan rontgen saat Anda berdiri untuk melihat lebih jelas kondisi tulang kaki Anda.

Apa saja cara mengobati bunion?

Ada beragam cara untuk mengobati bunion, di antaranya adalah:

Pengobatan tanpa operasi

  • Memakai bantalan untuk melindungi bunion. Anda bisa melindungi benjolan pada jempol kaki Anda dengan bantalan berisi gel. Hal ini bertujuan untuk mengurangi rasa sakit dan tekanan pada sendi kaki. Biasanya, Anda bisa membeli bantalan ini di apotek terdekat.
  • Minum obat pereda nyeri. Jika rasa sakit yang Anda alami tidak tertahankan, cobalah untuk meminum obat anti inflamasi non steroid, seperti naproxen atau ibuprofen. Keduanya bisa menjadi solusi cepat Anda untuk mengurangi pembengkakan dan rasa sakit.
  • Mendapatkan suntikan kortikosteroid. Jika bursa pada kaki Anda meradang, sudah saatnya untuk meringankan rasa sakit dengan suntikan kortikosteroid. Bursa adalah kantong yang berisi cairan, yang bertugas untuk melindungi sendi Anda dengan mengelilinginya.

Prosedur pembedahan

Pengobatan yang telah disebutkan di atas tidak bisa menghilangkan bunion feet, hanya saja gejalanya bisa diringankan. Jika Anda ingin benjolan pada tulang jempol kaki sembuh, dokter akan merekomendasikan prosedur operasi.

Prosedur ini harus dilakukan jika pengobatan rumahan atau obat tidak cukup ampuh meredakan gejala, bahkan membuat aktivitas Anda jadi terganggu.

Ada banyak prosedur pembedahan untuk mengatasi benjolan pada tulang jempol kaki. Bisa diselesaikan dengan operasi tunggal maupun kombinasi, tergantung dengan kondisi benjolan. Namun lebih jelasnya, operasi untuk bunion, meliputi:

  • Menghilangkan jaringan bengkak di sekitar sendi jempol kaki.
  • Meluruskan jempol kaki yang bengkok dengan menghilangkan sebagian tulang.
  • Menyelaraskan satu atau lebih tulang kaki depan ke posisi yang lebih normal untuk memperbaiki sudut abnormal pada sendi jempol kaki.

Ada kemungkinan Anda bisa berjalan dengan kaki tepat setelah prosedur operasi. Namun, pemulihan penuh bisa memakan waktu berminggu-minggu hingga berbulan-bulan.

Untuk mencegah kekambuhan, Anda harus memakai sepatu yang tepat setelah pemulihan. Sangat dianjurkan untuk menghindari penggunaan sepatu yang sempit.

Perawatan bunion di rumah

Selain pengobatan dokter, ada berbagai perawatan rumah yang bisa membantu Anda meringankan rasa nyeri akibat adanya bunion, di antaranya adalah:

Gunakan alas kaki yang nyaman dan aman

Pertama-tama, pilihlah alas kaki yang nyaman dipakai. Sepatu atau alas kaki lainnya menjadi faktor penting dalam meringankan rasa nyeri yang disebabkan oleh bunion. Oleh karena itu, berikut tips memilih alas kaki untuk Anda yang memiliki benjolan pada jempol kaki.

  • Pilihlah alas kaki dengan ruang untuk jari kaki yang lebar dan sol yang rendah.
  • Hindari penggunaan sepatu yang terlalu sempit.
  • Hindari penggunaan high heels atau sepatu yang memiliki ujung yang runcing, seperti stiletto.

Istirahatkan kaki

Berdiri lama-lama dapat memperparah benjolan pada jempol kaki Anda. Salah satu cara mudah untuk mencegah hal tersebut adalah sering mengistirahatkan kaki. Jika Anda memiliki benjolan pada kaki tapi sering berdiri, cobalah untuk beristirahat sejenak.

Di samping itu, posisi berdiri ternyata bisa menekan benjolan, menambah rasa sakit, dan membuat peradangan kian parah. Oleh karena itu, usahakan untuk duduk selama 10-15 menit. Jika memungkinkan, melepas sepatu juga mengurangi rasa sakit tersebut.

Kompres air dingin

Selain minum obat pereda nyeri, Anda bisa mengurangi rasa nyeri dan peradangan dengan mengompresnya dengan air dingin. Siapkan es batu yang dibungkus dengan handuk. Kemudian, tempelkan handuk tersebut pada area jempol kaki yang terasa sakit selama kurang lebih 10 menit.

Pencegahan bunion

Salah satu cara untuk mencegah terjadinya bunion adalah dengan menghindari penggunaan sepatu yang sempit. Pasalnya, sepatu ini memiliki ujung yang menyempit sehingga menimbulkan tekanan pada jari kaki dan memaksa jari kaki lebih berdempetan.

Selain sepatu yang sempit, penggunaan sepatu hak tinggi juga harus dibatasi. Alasannya, karena jenis sepatu ini bisa menambah tekanan pada jari kaki dengan memindahkan beban tumit ke bagian area kaki depan.

Jadi, Anda harus mengganti sepatu seiring waktu menyesuaikan perubahan ukuran kaki Anda. Selain itu, pastikan Anda juga memakai sandal di sela-sela waktu ketika Anda harus memakai sepatu hak tinggi.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Bunions – Diagnosis and treatment – Mayo Clinic. (2019, October 22). Mayo Clinic – Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/bunions/diagnosis-treatment/drc-20354805 [Accessed on November 12th, 2020]

7 ways to ease bunion pain without surgery. (2020, October 14). Health Essentials from Cleveland Clinic. https://health.clevelandclinic.org/7-ways-to-ease-your-bunions-without-surgery/ [Accessed on November 12th, 2020]

Bunions – OrthoInfo – AAOS. https://orthoinfo.aaos.org/en/diseases–conditions/bunions [Accessed on November 12th, 2020]

Preventing bunions. (n.d.). Patient Care at NYU Langone Health. https://nyulangone.org/conditions/bunions-in-adults/prevention [Accessed on November 12th, 2020]

Harvard Health Publishing. (2020, July 7). What to do about bunions. Harvard Health. https://www.health.harvard.edu/diseases-and-conditions/what-to-do-about-bunions [Accessed on November 12th, 2020]

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Aprinda Puji Diperbarui seminggu yang lalu
Ditinjau secara medis oleh dr Tania Savitri
x