Face Oil Seperti Apa yang Cocok Buat Jenis Kulit Anda? Cek di Sini, Yuk!

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Meski namanya minyak, face oil tidak akan membuat wajah Anda berminyak. Pasalnya, face oil merupakan perawatan kulit wajah yang ditunjukkan untuk mengangkat kotoran dan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori, sekaligus menyehatkan kondisi kulit Anda. Ada banyak macam face oil yang beredar di pasaran. Jika Anda bingung memilih face oil yang sesuai dengan jenis kulit Anda, simak tipsnya dalam artikel ini.

Memilih face oil sesuai dengan jenis kulit

1. Jenis kulit normal

Beruntunglah Anda yang memiliki jenis kulit normal karena cenderung tidak rewel dalam memilih perawatan. Produk yang tepat untuk orang yang memiliki jenis kulit normal adalah yang mengandung minyak jojoba. Pasalnya, minyak ini memiliki struktur yang sangat mirip dengan sebum atau minyak alami yang biasa ditemukan pada kulit.

Nah, hal tersebut membuat minyak jojoba bisa menyerap dengan mudah ke lapisan kulit terdalam dan tidak membuat kulit jadi terlihat berminyak. Menggunakan minyak ini sebagai perawatan wajah Anda secara rutin bisa menjadikan kulit Anda lebih cerah.

2. Jenis kulit sensitif

Orang yang memiliki jenis kulit sensitif harus selalu hati-hati dalam melakukan perawatan kulit. Jika tidak, kulitnya akan mudah mengalami iritasi dan kemerahan. Minyak tamanu bisa jadi pilihan yang tepat apabila Anda memiliki kulit sensitif. Pasalnya, minyak jenis ini memiliki sifat yang menenangkan, membuatnya sangat baik mencegah iritasi dan kemerahan untuk kulit sensitif.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan minyak marula. Meski masih jarang tersedia, minyak ini menawarkan serangkaian manfaat bagi kulit Anda. Minyak marula kaya akan asam oleat dan linoleat yang diperlukan untuk pembuatan ceramida, yaitu unsur penting untuk melindungi kulit. Sama halnya dengan minyak tamanu, minya marula juga tidak menimbulkan iritasi karena sifatnya yang ringan. Itu sebabnya, minyak ini sangat cocok untuk jenis kulit yang paling sensitif sekalipun.

3. Kulit kering

Orang yang memiliki kulit kering membutuhkan kelembapan ekstra untuk mencegah kulitnya bersisik atau mengelupas. Jika Anda memiliki jenis kulit ini, pilihlah minyak yang bersifat ringan karena bisa menyerap ke lapisan kulit terdalam sehingga mampu menjaga agar sel kulit Anda terhidrasi dengan baik.

Nah, minyak zaitun bisa jadi solusinya. Pasalnya, minyak zaitun kaya akan asam lemak dan vitamin E yang baik untuk kelembapan kulit. Selain itu, Anda pun bisa menggunakan minyak jojoba, minyak almond, serta minyak alpukat untuk menutrisi dan melembapkan kulit Anda yang kering.

4. Kulit berminyak

Jika Anda memiliki jenis kulit berminyak, Anda harus memilih face oil yang mampu mengendalikan produksi sebum dan minyak pada kulit, sehingga kulit Anda tetap kering. Menurut dr. Debra Jaliman, seorang spesialis kulit bersertifikat, minyak geranium adalah zat alami yang kaya akan nutrisi sehingga membantu mengendalikan produksi sebum dan warna kulit Anda. 

5. Kulit kombinasi

Jenis kulit ini bisa dibilang yang paling merepotkan karena perpaduan dari dua jenis kulit, yaitu kering dan juga berminyak. Orang dengan jenis kulit kombinasi biasanya memiliki kulit berminyak di daerah T-Zone (hidung, dahi, dan dagu). Sedangkan kulit yang kering biasanya terletak di daerah pipi.

Hindari menggunakan minyak yang terlalu khusus untuk kulit berminyak maupun kulit kering. Pasalnya, hal tersebut justru akan membuat kulit Anda yang berminyak semakin berminyak apabila menggunakan minyak khusus kulit berminyak. Begitu juga sebaliknya. Anda bisa menggunakan minyak argan karena mengandung vitamin E, asam lemak, dan sterolin yang baik digunakan untuk orang dengan jenis kulit kombinasi karena membantu membuat keseimbangan antara kedua jenis kulit.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca