Jaga Rambut agar Tetap Sehat dan Berkilau dengan 5 Cara Ini

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Memiliki rambut sehat dan berkilau adalah impian bagi sebagian besar orang. Selain terlihat indah, kulit kepala terhindar dari berbagai masalah, seperti ketombe. Itu sebabnya, Anda perlu mengetahui cara menjaga kesehatan rambut agar tetap indah berkilau. 

Tanda bahwa Anda memiliki rambut yang sehat

citamin agar rambut cepat panjang

Pada saat membandingkan rambut Anda dengan iklan di televisi, pernahkah terbesit di pikiran bahwa Anda ingin juga memiliki rambut seindah itu dan malah memutuskan ajakan iklan?

Nah, agar tidak termakan godaan iklan, Anda perlu memeriksa dulu kesehatan rambut Anda. Hal ini dilakukan untuk mengetahui seberapa sehat rambut Anda.

Beberapa cara untuk mengetahui rambut Anda sehat atau tidak, yaitu:

  • Memastikan rambut bercabang atau tidak dengan melihat titik kecil pada ujung rambut. Jika ada, kemungkinan besar rambut Anda bercabang. 
  • Mengambil satu helai rambut dan memasukkannya ke dalam air. Jika mengambang, artinya rambut Anda sehat. Rambut yang kering dan berpori-pori yang diletakkan di air akan tenggelam.
  • Rambut terasa lembut merupakan tanda dari rambut yang sehat. Jika terlalu kasar dan rapuh, berarti rambut Anda menunjukkan kerusakan. 
  • Rambut yang terlihat berkilau dan mudah diatur merupakan salah satu ciri dari rambut sehat. 

Bila merasa rambut Anda baik-baik saja, cobalah melakukan beberapa cara di bawah ini untuk menjaga kesehatan rambut Anda.

Akan tetapi, bila rambut Anda sudah terlalu rusak dan bingung harus melakukan perawatan apa, Anda mungkin dapat berkonsultasi dengan dokter untuk menemukan solusinya. 

Cara menjaga kesehatan rambut

Kesehatan rambut tidak kalah penting dengan kesehatan tubuh Anda. Bila rambut terlihat kusam dan sulit diatur, tidak jarang akan mengurangi kepercayaan diri Anda.

Menurut American Academy of Dermatology, langkah awal untuk menjaga kesehatan rambut adalah memperhatikan cara keramas dan penggunaan sampo. Hal ini biasanya ampuh untuk menjaga kesehatan rambut tetap lembut dan berkilau.

1. Rutin keramas bagi rambut berminyak

keramas saat flu

Seberapa sering Anda mencuci rambut sebenarnya bisa dilihat berdasarkan seberapa banyak minyak yang dihasilkan oleh kepala Anda. 

  • Kulit kepala berminyak dianjurkan untuk mencuci rambut sehari sekali
  • Rambut yang terlihat kering direkomendasikan untuk lebih jarang keramas. 
  • Seiring dengan berjalannya usia, kulit kepala akan menghasilkan minyak yang lebih sedikit sehingga Anda tidak memerlukan sampo. 
  • Jika ada ketombe, artinya Anda kurang pemakaian sampo atau kurang membilasnya sampai bersih. 

Akan tetapi, bagi Anda yang memiliki rambut normal, mungkin mencuci rambut satu sampai dua kali seminggu tidak akan menjadi masalah.

2. Membersihkan kulit kepala dengan sampo

Pada saat keramas, usahakan untuk menggosok dengan lembut kulit kepala Anda agar terhindar dari ketombe rambut. 

3. Memakai kondisioner saat keramas

sakit kepala setelah keramas

Setelah menggunakan sampo dan membilasnya sampai bersih, jangan lupa memakai kondisioner agar rambut lebih bersih dan terlihat berkilau.

Penggunaan kondisioner dapat memperbaiki rambut rusak akibat matahari, memperkuat akar rambut, dan melindungi rambut dari sinar UV. 

Cara pemakaian kondisioner tidak sama dengan sampo untuk menjaga kesehatan rambut. Anda cukup mengoleskannya pada permukaan rambut, tidak perlu sampai ke kulit kepala. 

Hal tersebut untuk menghindari rambut terlihat lemas atau lepekAkan tetapi, cara ini tidak berlaku bila Anda menggunakan sampo yang sudah termasuk dengan kondisioner. 

4. Memilih sampo dan kondisioner berdasarkan tipe rambut

keramas 1

Salah satu cara efektif dalam menjaga kesehatan rambut adalah memilih sampo dan kondisioner berdasarkan kondisi rambut. Nah, agar tidak bingung, ini dia beberapa tips memilih sampo. 

a. Rambut berminyak

Bagi Anda yang memiliki rambut berminyak, dianjurkan untuk memilih sampo yang memiliki asam salisilat untuk membersihkan sisa minyak yang ada di kulit kepala dan rambut. 

b. Rambut normal

Para pemilik rambut normal mungkin bisa menghindari penggunaan sampo dengan kandungan bahan silikon.

Akan tetapi, bila pada sampo pilihan Anda terdapat kandungan polimer, tetap memakainya adalah cara yang tepat untuk menjaga kesehatan rambut. Hal tersebut dikarenakan sampo Anda dapat membuat rambut lebih tebal. 

Polimer pada sampo berfungsi untuk memperbaiki keadaan rambut yang rusak akibat terlalu sering keramas atau memakai pewarna rambut.

c. Rambut keriting

Rambut keriting biasanya sulit untuk diatur dan mudah kusut. Oleh karena itu, cobalah untuk memilih sampo yang sudah termasuk kondisioner yang mengandung kelembapan tinggi. 

d. Rambut rusak dan kering

Jika rambut Anda rusak parah dan kering, pilihlah sampo yang mampu melembutkan. Ini akan membuat rambut Anda lebih lembut. 

5. Melindungi rambut saat berenang

epilepsi tidak boleh berenang

Pada saat berenang, usahakan untuk menutupi rambut Anda dengan penutup kepala agar efek klorin dari kolam renang berkurang.

Sebagian besar kolam renang umumnya mengandung klorin agar air kolam tetap bersih.  Akan tetapi, senyawa ini ternyata dapat membuat rambut Anda cepat kering dan kusam.

Oleh karena itu, menggunakan topi renang yang ketat dan memakai sampo serta kondisioner setelah berenang dianjurkan untuk mengganti kelembapan yang hilang. 

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Agustus 6, 2019 | Terakhir Diedit: November 29, 2019

Sumber
Yang juga perlu Anda baca