home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Beragam Jenis Produk Perawatan Rambut

Beragam Jenis Produk Perawatan Rambut

Rutinitas perawatan rambut sama seperti perawatan kulit pada umumnya. Bila sudah mendapatkan produk yang cocok, tentu hasilnya akan cukup memuaskan. Itu sebabnya, Anda perlu mengenali produk perawatan rambut guna mendapatkan khasiatnya.

Jenis produk perawatan rambut

gonta-ganti sampo

Selain sampo dan kondisioner, sebenarnya ada banyak jenis produk perawatan rambut lainnya yang bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan rambut.

Hanya saja, produk-produk tersebut perlu dicermati dengan seksama terkait cara penggunaan dan kandungannya, apakah sesuai dengan jenis rambut Anda atau tidak. Di bawah ini penjelasan seputar produk untuk merawat rambut yang perlu Anda kenali.

1. Sampo

Produk sampo merupakan produk perawatan rambut yang bertujuan membersihkan rambut dan kulit kepala dari kotoran, keringat, dan sebum.

Selain itu, beberapa produk pembersih ini mengandung senyawa yang mampu melembutkan rambut hingga mengatasi sejumlah masalah kulit kepala.

Meski dianggap aman, sampo bisa memicu dermatitis kontak karena memiliki senyawa alergen yang umum, seperti paraben dan benzophenones.

2. Kondisioner

Langkah keramas yang perlu dilakukan selanjutnya yakni menggunakan kondisioner rambut.

Kondisioner merupakan produk perawatan agar rambut lebih mudah diatur. Produk yang satu ini juga membantu meningkatkan volume rambut dan membantu mengganti minyak alami setelah keramas.

Dibandingkan dengan sampo, penggunaan kondisioner tidak disarankan menyentuh hingga kulit kepala. Pasalnya, hal ini bisa menyebabkan rambut kering dan mudah rusak.

3. Masker rambut

Usai keramas dan mengeringkan rambut hingga setengah lembap, Anda sangat disarankan untuk menggunakan masker rambut (hair mask).

Produk perawatan rambut yang satu ini terbuat dari mentega, minyak, dan bahan alami lainnya guna melembapkan rambut. Pasalnya, masker rambut dapat meresap sampai ke batang rambut dan kulit kepala.

Oleh sebab itu, kehadiran hair mask sangat membantu para pemilik rambut kering mengingat produk ini dapat meningkatkan hidrasi jenis rambut tersebut.

4. Minyak rambut (hair oil)

Berbeda dengan produk perawatan rambut di atas, minyak rambut atau hair oil biasanya dipakai satu hari sebelum mencuci rambut.

Cara merawat yang rambut satu ini bertujuan meningkatkan kelembapan dan kilau rambut. Hal ini dikarenakan minyak rambut dapat membantu melembutkan rambut dan memberikan vitamin serta mineral yang hilang akibat terlalu sering keramas.

Terlebih lagi, Anda bisa memanfaatkan minyak dari bahan-bahan alami untuk memperkuat batang rambut, seperti:

  • kelapa,
  • wijen,
  • argan,
  • daun kelor, hingga
  • almond.

5. Serum rambut

Serum rambut merupakan produk perawatan rambut berbentuk cair yang mengandung silikon, yaitu senyawa mineral yang melapisi permukaan rambut.

Tidak seperti hair oil, serum rambut tidak menembus kutikula rambut atau mengubah strukturnya. Sebaliknya, metode ini meningkatkan kelembutan rambut yang kusut dan melindunginya dari pengaruh buruk lingkungan.

Silikon dalam serum rambut juga membantu memperkuat dan mencerahkan rambut. Bahkan, hair serum tertentu diklaim dapat mengurangi rambut rontok karena memiliki tingkat pH (keasaman) yang rendah.

6. Hair spray

Bagi Anda yang tidak tahu, hair spray ternyata dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu hair spray untuk melindungi rambut saat dikeringkan dan untuk menata rambut.

Heat protection spray

Hair spray untuk melindungi rambut atau biasa disebut heat protection spray digunakan saat memakai alat penata rambut, seperti hair dryer atau catokan.

Hal ini dikarenakan Anda perlu melindungi helai rambut, sehingga semprotan ini akan menciptakan penghalang yang mengurangi paparan panas pada rambut.

Hair spray

Sementara itu, hair spray yang biasa Anda jumpai di salon diaplikasikan guna menata rambut. Produk semprotan rambut yang satu ini lebih cepat kering dan membuat rambut mudah ditata karena mengandung bahan yang menempel pada rambut.

Oleh sebab itu, hair spray bisa menahan rambut seperti yang Anda inginkan berkat bahan-bahan di dalamnya.

7. Gel rambut

Mirip dengan hair spray, gel rambut merupakan produk perawatan yang dipakai untuk menata rambut. Produk yang satu ini memberikan kesan rambut yang mudah ditata dengan tingkat kekuatan yang berbeda-beda, tergantung produk yang digunakan.

Meski begitu, hampir setiap gel rambut memberikan tekstur dan kilau pada rambut. Selain gel, produk lainnya yang bisa dimanfaatkan untuk menata rambut antara lain:

  • pomade,
  • wax, dan
  • mousse.

Efek samping dari produk perawatan rambut

Produk perawatan rambut memang memberikan manfaat berupa menjaga kesehatan rambut. Namun, Anda perlu berhati-hati ketika memilih produk yang akan diaplikasikan pada rambut.

Kandungan yang ada pada produk yang disebutkan di atas terkadang bisa menimbulkan berbagai efek samping, seperti reaksi alergi.

Bila memungkinkan, usahakan untuk melakukan uji tempel pada sejumlah produk yang hendak dipakai. Hal ini dilakukan agar Anda bisa lihat apakah produk tersebut bisa mengiritasi kulit kepala dan rambut Anda.

Jika kebingungan, cobalah berkonsultasi dengan dokter atau ahli dermatologi guna mendapatkan saran yang tepat untuk Anda.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Gavazzoni Dias M. F. (2015). Hair cosmetics: an overview. International journal of trichology, 7(1), 2–15. https://doi.org/10.4103/0974-7753.153450. Retrieved 26 April 2021. 

Hair Care Products. (n.d). Cosmetics Info. Retrieved 26 April 2021, from https://cosmeticsinfo.org/product/hair-care-products 

Araújo, L. A., Addor, F., & Campos, P. M. (2016). Use of silicon for skin and hair care: an approach of chemical forms available and efficacy. Anais brasileiros de dermatologia, 91(3), 331–335. https://doi.org/10.1590/abd1806-4841.20163986. Retrieved 26 April 2021. 

Koganti, S. (2021). Hair Serum: Benefits and How to Use Them. Style Craze. Retrieved 26 April 2021, from https://www.stylecraze.com/articles/hair-serum-what-are-they-why-to-use-them/ 

Hair Sprays. (n.d). Cosmetics Info. Retrieved 26 April 2021, from https://cosmeticsinfo.org/products/hair-sprays 

Sharkey, L. (2019). How to Establish the Right Hair Care Routine for You. Healthline. Retrieved 26 April 2021, from https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/hair-care-routine 

Rathi, S., & D′Souza, P. (2015). Shampoo and conditioners: What a dermatologist should know?. Indian Journal Of Dermatology, 60(3), 248. doi: 10.4103/0019-5154.156355. Retrieved 26 April 2021.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Nabila Azmi Diperbarui 27/07/2021
Ditinjau secara medis oleh dr Patricia Lukas Goentoro
x