7 Ciri Kulit Sensitif dan Cara Jitu Mengatasinya

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 06/09/2017 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Jika kulit Anda pernah mengalami reaksi yang tidak wajar atau gatal-gatal setelah memakai produk perawatan kulit atau produk wewangian, kemungkinan besar Anda memiliki kulit sensitif. Guna mengetahui cara penanganannya, Anda harus mengenal terlebih dulu ciri kulit sensitif dan apa yang menyebabkannya untuk mencegah iritasi tidak terulang kembali.

Apa penyebab kulit sensitif?

Kulit sensitif adalah kondisi kulit yang bereaksi secara berlebihan pada faktor lingkungan. Reaksi kulit yang berlebihan ini kerap dialami saat memakai kosmetik, sabun, sampo, atau lotion tabir surya. Kondisi kulit sensitif bisa memburuk saat terpapar udara yang kering dan dingin. Meski tanda iritasi tidak selalu terdeteksi, rasa gatal, perih, tersengat  atau sensasi kulit kencang umumnya selalu ada.

Tiap orang memiliki pemicu reaksi kulit sensitif yang berbeda-beda, di antaranya bisa disebabkan oleh paparan polusi dan perubahan suhu. Sebagian lagi bisa terpicu oleh kebiasaan menjalani diet yang mengakibatkan penurunan berat badan secara cepat atau efek suatu pengobatan tertentu.

Penyebab lain sehingga kulit menjadi sensitif adalah terlalu sering berganti produk dan perawatan kulit yang berlebihan. Mengganti produk terus-menerus dan terlalu sering melakukan pengelupasan kulit mati dapat merusak pertahanan kulit, bukannya membangun perlindungan yang kuat untuk  kulit.

Sejumlah kondisi di atas dapat melemahkan daya tahan lapisan kulit terluar. Alhasil, kulit mengalami iritasi, terasa panas, dan mengelupas. Oleh karena itu, disarankan untuk menghindari suhu yang ekstrem dan lakukan pengelupasan kulit hanya satu kali seminggu.

Ciri kulit sensitif yang harus Anda ketahui

Mengetahui ciri kulit sensitif bisa diamati dari rutinitas perawatan pribadi Anda, seperti bagaimana cara Anda merawat kulit dan memperhatikan barang-barang yang bersentuhan dengan kulit. Misalnya, deterjen dengan wewangian, produk perawatan rambut yang mengandung alkohol, dan sebagainya.

Benda-benda yang bersentuhan langsung dengan kulit bisa mempengaruhi kondisi kulit. Gunakan selalu produk yang lembut, yang bisa menjaga kelembapan kulit Anda. Berikut ini tanda-tanda kulit Anda termasuk ciri kulit sensitif.

1. Bercak atau ruam muncul dengan mudah

Kalau kulit Anda mudah menimbulkan bercak atau ruam karena memakai produk tertentu dan kondisi cuaca, artinya Anda mempunyai ciri kulit sensitif.

2. Kulit tidak menyerap wewangian dengan baik

Produk dengan wewangian tidak bereaksi dengan baik pada kulit yang sensitif. Wewangian yang terlalu kuat bisa membuat kulit iritasi.

3. Produk membuat wajah Anda merah atau sakit menyengat

Kulit yang memerah atau terasa panas menyengat bisa menjadi salah satu ciri kulit sensitif akibat reaksi alergi pada suatu bahan kimia dalam produk kecantikan Anda, kata dokter Elizabeth Tanzi, Wakil Direktur Washington Institute of Dermatologic Laser. Pemilik kulit sensitif dianjurkan untuk memilih produk kulit tanpa wewangian dan tanpa bahan aktif yang kuat seperti retinoid atau asam glikolat untuk mencegah gejala kambuh kembali.

4. Alergi

Ada kaitan kuat antara alergi dan kulit sensitif. Jangan buru-buru mengganti produk perawatan kulit Anda sementara wajah Anda masih iritasi. Sebaiknya hentikan dulu pemakaiannya sama sekali selama beberapa minggu. Jika kulit Anda masih merah atau kering setelah melakukan perawatan yang sama, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter kulit untuk memastikan apakah ini benar-benar tanda reaksi alergi. Hal ini untuk mengetahui apa yang harus Anda lakukan untuk menyembuhkan kulit Anda.

5. Kulit sering mengelupas

Kulit mengelupas menandakan ada sesuatu keganjilan pada kelembapan kulit Anda. Pengelupasan yang berlebihan bisa disebabkan oleh terlalu sering melakukan exfoliation (scrub pengelupasan kulit mati). Selain itu, kulit mengelupas bisa disebabkan oleh kekeringan kulit yang sangat parah. Gunakan pelembap yang mengandung asam hyaluronic untuk mengatasi hal ini. Ada juga berbagai cara alami untuk mengatasi kulit kering bersisik.

6. Kulit terasa gatal

Kulit gatal merupakan gejala kulit kering yang parah. Kembalikan kelembapan kulit dengan menggunakan produk perawatan yang lebih lembut dan menghidrasi untuk mengisi kelembapan alami kulit.

7. Kulit memerah

Jika kulit Anda terus memerah, mungkin itu pertanda Anda mengidap rosacea. Ciri kulit sensitif ini diakibatkan karena adanya peradangan pada kulit dan sering disertai dengan benjolan kecil. Ketika Anda mendapat kondisi kulit seperti ini, diskusikan dengan dokter kulit Anda untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Bahan-bahan Alami untuk Mengusir Kulit Kepala Gatal

Ada banyak penyebab kulit kepala gatal, tapi banyak juga bahan-bahan alami dan sederhana yang ampuh mengusir kulit kepala gatal.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Tips Sehat 09/06/2020 . Waktu baca 5 menit

Cara Membedakan Stres, Depresi, dan Gangguan Kecemasan

Setiap orang pernah mengalami stres. Tapi tidak semua orang mengalami depresi atau gangguan kecemasan. Lalu, apa bedanya stres dan depresi serta kecemasan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Hidup Sehat, Psikologi 09/06/2020 . Waktu baca 6 menit

Tips Memilih Kosmetik yang Aman bagi Kulit Sensitif

Memiliki kulit sensitif memang perlu perawatan dan perhatian ekstra ya, termasuk untuk memilih kosmetik. Berikut tips memilih kosmetik yang aman untuk Anda.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Perawatan Kulit, Hidup Sehat, Kecantikan 04/06/2020 . Waktu baca 5 menit

Kulit Kering Bikin Gatal? Begini Cara Mengatasinya

Kulit kering ternyata bisa menimbulkan rasa gatal dan iritasi. Begini cara mengatasi gatal karena kulit kering, serta mencegah kulit jadi semakin kering.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Penyakit Kulit, Health Centers 01/06/2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

obat prostat

Obat-obatan yang Bisa Digunakan untuk Mengatasi Penyakit Prostat

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 05/08/2020 . Waktu baca 8 menit
penyebab cantengan; kuku cantengan

Mengapa Kuku Bisa Cantengan dan Bagaimana Mengobatinya?

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 08/07/2020 . Waktu baca 5 menit
skin fasting adalah

Menilik Skin Fasting, Tren ‘Puasa’ Skincare agar Kulit Lebih Cantik

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 28/06/2020 . Waktu baca 5 menit
mencegah ruam popok

Tips Mencegah Ruam Popok Pada Pantat Bayi

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Dipublikasikan tanggal: 25/06/2020 . Waktu baca 4 menit