Pemilik kulit kering pasti sudah akrab dengan keluhan seperti kulit bersisik atau pecah-pecah. Kulit kering memang dapat terjadi pada bagian tubuh mana saja. Akan tetapi, kondisi ini paling sering terjadi pada bagian-bagian yang sering terpapar sinar matahari seperti kaki, tangan, dan wajah. Lantas, bagimana cara merawat kulit kering? Simak tipsnya dalam artikel di bawah ini.

Kenapa kulit kita bisa kering?

Penyebab kulit kering beragam, mulai dari faktor suhu, pemakaian produk tertentu, paparan sinar matahari, ataupun kondisi kulit lainnya. Dalam banyak kasus, musuh utama dari kulit kering adalah paparan sinar matahari.

Coba perhatikan beberapa bagian tubuh Anda yang jarang terkena kontak dengan sinar matahari seperti bagian lengan dalam atau bokong. Nah, bagian tersebut hampir tidak pernah memiliki masalah kulit kering, bukan? Ya, area tubuh yang seringnya tertutup ini tidak menderita masalah kulit yang sama dengan bagian tubuh lainnya sebagai akibat dari paparan sinar matahari yang berlebihan.

Pada kulit kering, lapisan terluar kulit kehilangan kemampuannya dalam mempertahankan tingkat kelembapan alami kulit sehingga kulit mengalami dehidrasi dan memunculkan berbagai kondisi. Misalnya kulit terasa kasar, gatal, mengelupas, bersisik, pecah-pecah, dan lain sebagainya. 

Berbagai cara merawat kulit kering

1. Perawatan setelah mandi

Ternyata mandi bisa sebabkan kulit jadi tambah kering. Namun, bukan berarti Anda jadi tidak boleh mandi. Untuk mencegah kulit kering setelah mandi, lakukan langkah-langkah di bawah ini:

  • Batasi waktu mandi sekitar 5-10 menit
  • Gunakan air hangat, bukan air panas
  • Hindari produk pembersih yang mengandung sodium lauryl sulfate
  • Pilih produk pembersih yang bebas dari pewangi dan pewarna serta diberi label moisturizing
  • Bersihkan wajah dengan sabun pembersih khusus wajah, tetapi hindari juga pemakaian yang terlalu sering atau terlalu banyak
  • Keringkan tubuh menggunakan handuk yang lembut dan bersih dengan menepuk-nepuk, jangan digosok
  • Oleskan losion pelembap segera setelah kulit baru dikeringkan

2. Pakai pelembap yang tepat

Cara merawat kulit kering satu ini memegang peranan penting. Ya, kulit kering terjadi karena kulit kehilangan kelembapannya. Itu sebabnya, produk pelembap adalah hal yang wajib Anda perhatikan.

Pilih pelembap ringan yang tidak menyebabkan komedo dan alergi. Hindari penggunaan sabun berpewangi dan produk perawatan kulit yang mengandung alkohol, parfum, retinoid, atau AHA. Gunakan produk pelembap yang mengandung asam laktat, urea, asam hyaluronic, dimethicone, gliserin, lanolin, minyak mineral dan petrolatum. Namun, jika Anda menyukai pelembap yang sangat ampuh, pilih produk yang mengandung shea butter, ceramides, asam stearat, atau gliserin.

Pelembap jenis krim atau salep bekerja lebih baik bagi kulit kering daripada losion, karena salep dan krim lebih efektif untuk melembutkan dan mencegah iritasi dibanding losion. Untuk menjaga kehalusan alami kulit, selalu gunakan pelembap pada wajah dan tubuh beberapa saat setelah selesai mandi atau mencuci muka.

3. Pakai tabir surya

Seperti yang sudah disinggung di atas, sinar matahari adalah musuh utama kulit kering. Nah, untuk mencegah kerusakan kulit lebih parah, Anda dapat mengoleskan tabir surya yang memiliki spektrum luas ber-SPF minimal 30 setiap kali Anda akan keluar rumah. Jangan lupa, pilih juga pakaian yang tepat. Anda sebaiknya melindungi tubuh dengan menggunakan pakaian lengan panjang yang tipis dan longgar, topi bertepi lebar, serta kacamata hitam yang memiliki pelindung sinar UV.

Tidak hanya itu, bagi Anda yang sering naik sepeda motor, menggunakan sarung tangan juga bisa jadi pilihan yang tepat sebagai cara merawat kulit kering. Pastikan juga untuk memakai sarung tangan sebelum melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan bahan kimia, seperti pupuk buatan atau zat kimia lainnya.

4. Konsultasi dengan dokter kulit

Temui dokter jika kulit Anda tidak menunjukkan adanya perubahan setelah melakukan perawatan sendiri di rumah. Kulit kering juga merupakan tanda bahwa kulit yang membutuhkan perawatan khusus atau obat resep (salep atau krim). Dokter akan memeriksa kulit Anda dan membantu menjelaskan hal-hal apa saja yang dapat mengurangi ketidaknyamanan pada kulit.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca