4 Tanda Anda Salah Memilih Jenis Olahraga yang Tepat

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Sudah tidak perlu diragukan lagi, olahraga memiliki beragam manfaat positif untuk menunjang kesehatan dan kebugaran tubuh. Namun, penting untuk mengetahui apakah jenis olahraga tersebut sudah sesuai dengan kemampuan serta kebutuhan Anda. Memangnya, apa tanda-tandanya kalau jenis olahraga yang Anda pilih tidak cocok sehingga tidak perlu dilanjutkan? Berikut ulasannya.

Apa tandanya kalau jenis olahraga yang sedang dijalani tidak cocok?

1. Sering terluka

cedera paha

Sudah berkali-kali melakukan suatu jenis olahraga, tapi berkali-kali itu juga Anda selalu terluka atau cedera? Mungkin olahraga tersebut tidak cocok dengan kemampuan tubuh Anda.

Menurut Jessica Metthews, seorang asisten dosen ilmu olahraga di Miramar College San Diego, salah satu penyebab terkilir; cedera; maupun luka lain yang terjadi saat berolahraga yaitu karena Anda terlalu memaksakan diri saat latihan.

Kemampuan setiap orang memang berbeda-beda. Ada yang mahir menjaga keseimbangan, ada yang bisanya melatih otot, dan lain-lain. Jadi kalau saat olahraga Anda bolak-balik cedera, sebaiknya cari alternatif olahraga lain yang lebih mudah untuk dilakukan.

2. Merasa lelah tak tertahankan

cuaca panas

Rasanya olahraga memang kurang lengkap bila tidak disertai rasa lelah. Namun, bila dilakukan dengan tepat, seharusnya olahraga menyumbang energi bagi tubuh, bukannya selalu memicu rasa lelah. Terlebih jika kelelahan yang Anda alami berlangsung selama beberapa hari usai melakukan olahraga.

Irv Rubenstein, seorang ahli fisiologi olahraga sekaligus pendiri sebuah pusat kebugaran di Nashville, Amerika Serikat, menuturkan bahwa kelelahan yang berlangsung cukup lama merupakan salah satu tanda dari overtraining, dan tubuh tidak dapat memanfaatkan waktu untuk memulihkan dirinya.

Di sisi lain, ini dapat diartikan juga bahwa olahraga yang Anda lakukan kurang cocok dengan diri Anda. Solusinya, Anda bisa menurunkan intensitas olahraga, menyusun jadwal olahraga baru yang lebih sesuai, hingga mengganti jenis olahraga.

3. Latihan terasa mudah

manfaat yoga aerial

Jenis olahraga yang sudah tidak lagi sesuai dengan Anda tidak harus selalu berdampak negatif. Begini, semakin lama Anda melakukan suatu jenis olahraga, tubuh Anda akan semakin terbiasa.

Saat olahraga yang tadinya terasa sulit menjadi jauh lebih mudah, artinya tubuh Anda sudah cukup beradaptasi dan membuat kemajuan pesat dengan olahraga tersebut. Nah, ini termasuk salah satu tanda olahraga tersebut sudah tidak cocok lagi buat Anda.

Jika Anda mengalami hal ini, sebaiknya ubah rutinitas latihan Anda atau jenis olahraga yang Anda lakukan ke tingkat yang lebih tinggi. Misalnya selama ini Anda hanya melakukan yoga biasa, sebaiknya ganti dengan kreasi yoga yang lebih menantang seperti aerial yoga.

4. Nyeri otot

Umumnya, nyeri otot akan terjadi sesekali dan bisa dengan mudah sembuh dalam beberapa jam usai berolahraga. Namun, jika yang terjadi justru sebaliknya, bisa jadi artinya jenis olahraga tidak cocok dengan Anda. Hal ini dijelaskan lebih lanjut oleh Emily Paskins, pelatih olahraga asal Amerika Serikat.

Menurutnya, penyebab sederhana Anda nyeri otot adalah karena saat melakukan olahraga yang melebihi batas kemampuan tubuh, otot harus bekerja jauh lebih keras guna mendukung aktivitas Anda. Akibatnya, otot terluka dan rusak.

Ketika Anda tetap memaksakan untuk melakukan olahraga yang sebetulnya tidak sesuai dengan Anda, maka otot akan memerlukan waktu lebih lama untuk pulih.

Lagi-lagi, Anda disarankan untuk menyesuaikan intensitas latihan, lama waktu latihan, serta jenis latihan dengan kemampuan tubuh Anda. Sebaiknya lakukan olahraga secara bertahap. Mulai dari yang mudah hingga beranjak menjadi semakin sulit setelah Anda benar-benar mahir.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Juli 24, 2018 | Terakhir Diedit: Juli 5, 2018

Sumber
Yang juga perlu Anda baca