Menonton TV berjam-jam sambil rebahan atau duduk santai di sofa dapat menjadi senjata makan tuan bagi kesehatan Anda. Sebuah penelitian menemukan bahwa nonton TV terlalu lama meningkatkan risiko Anda terhadap diabetes tipe 2. Penelitian lainnya dari American Heart Association Circulation menyebutkan bahwa menonton TV kelamaan berisiko menyebabkan emboli paru, yang bisa berujung pada kematian. Hal ini berkaitan dengan kebiasaan duduk yang terlalu lama saat menonton televisi. Oleh karena itu, siasatilah dengan melakukan olahraga sambil nonton TV! Tidak perlu yang berat dan merepotkan, cukup beberapa gerakan di bawah ini.

Olahraga sambil nonton tv, kenapa tidak? Yuk mulai…

1. Plank

Di sela-sela iklan program TV kesayangan, Anda bisa melakukan plank yang dapat menguatkan otot-otot lengan, perut, hingga kaki. Bahkan gerakan sederhana ini dapat membantu Anda memperbaiki postur tubuh dan meratakan perut.

Saat awal-awal mencoba, mulailah lakukan gerakan plank ini ketika jeda iklan. Jadi Anda tidak perlu kehilangan fokus dan tetap bisa menonton. Akan tetapi, pastikan kalau setiap jeda iklan Anda harus melakukan gerakan ini.

2. Squat

Bila biasanya Anda melakukan gerakan squat ketika sedang berada di kelas khusus olahraga, tapi kali ini Anda bisa kok mencoba olahraga sambil nonton TV.

Gerakan squat tidak sulit dan cukup bisa bikin otot paha, betis, bokong, dan perut lebih kencang serta kuat. Squat juga dianggap mampu membuat pencernaan lebih lancar.

Untuk mencobanya, Anda bisa melakukan squat selama 2-3 menit. Gerakan ini tak bikin mata Anda berpaling dari layar kaca kok, jadi Anda tetap bisa olahraga sambil nonton TV.

3. Wall sit

Nah, gerakan mudah lainnya adalah wall sit yang mengharuskan Anda bersandar di dinding. Jadi, pertama-tama berdirilah sekitar setengah meter dari dinding dengan punggung membelakangi tembok. Selanjutnya, buat gerakan setengah jongkok dengan posisi kaki menekuk membentuk 90 derajat dan tempelkan punggung pada tembok.

Jaga bahu, punggung atas, dan belakang kepala agar tetap lurus. Tahan gerakan ini hingga 30 detik. Bila Anda sudah terbiasa dengan gerakan ini, maka Anda bisa menambah durasinya sesuai dengan kemampuan.

4.  Yoga

Ada banyak gerakan yoga yang sederhana yang bisa dilakukan sambil menonton TV. Misalnya, gerakan kobra ini. Anda bisa memulainya dengan berbaring telungkup di atas lantai dan jari tangan berada di bawah bahu. Kemudian, regangkan kaki hingga ujung jari kaki menyentuh lantai. Buat panggul lebih kencang dan kunci perut Anda.

Tekan bahu ke atas dengan mendorong ibu jari dan telunjuk. Selanjutnya, arahkan dada ke depan dan jaga agar posisi tangan lurus sejajar dengan lantai dan tahan agar bahu tidak membungkuk. Lakukan gerakan ini setidaknya 30-60 detik. Dengan begini, Anda tetap bisa menonton TV tapi tubuh juga lebih banyak bergerak.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca