Pro dan Kontra Melakukan Olahraga Ekstrem

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 07/09/2017 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Jika Anda menikmati aktivitas yang memicu adrenalin atau petualangan yang mendebarkan, Anda mungkin akan menyukai olahraga ekstrem. Entah itu skateboarding, panjat tebing, atau bungee jumping, sebelum memilih olahraga petualangan, Anda harus mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan dari aktivitas tersebut.

Risiko melakukan olahraga ekstrem

Dua kekurangan utama dari melakukan olahraga ekstrem adalah:

1. Risiko cedera

Aktivitas ini disebut “ekstrem” karena memang cenderung berbahaya jika tidak dilakukan dengan hati-hati dan didukung peralatan yang memadai. Lagipula, untuk memberikan dorongan adrenalin yang sesungguhnya, olahraga ini haruslah berisiko. Tidak peduli bagaimana canggihnya alat pengaman yang digunakan, alat tersebut tetap terbatas karena sifat aktivitasnya yang berisiko.

Cedera berat adalah hal umum bagi adrenaline junkies dan jumlah kecelakaan fatal cukup besar. Misalnya, menurut laporan United States Parachuting Association, lebih dari 20 orang meninggal setiap tahunnya hanya karena terjun payung.

2. Biaya peralatan cukup mahal

Anda harus royal dalam membeli peralatan olahraga ini untuk mendapatkan yang terbaik demi kesalamatan Anda. Namun, peralatan olahraga ekstrem tidaklah murah. Selain itu, model perlengkapan keamanan yang canggih dipasarkan secara rutin, dan Anda harus selalu memperbaharui peralatan Anda.

Keuntungan melakukan olahraga ekstrem

Apakah Anda mempertimbangkan ulang untuk melakukan olahraga ekstrem setelah membaca kekurangan di atas? Meskipun begitu, jumlah orang yang melakukan olahraga ini terus bertambah setiap tahunnya. Jadi, apa sih yang jadi godaan aktivitas ekstrem ini bagi orang-orang ini?

Kelebihan dari aktivitas ini adalah sejumlah manfaat yang bisa Anda dapatkan hanya dari olahraga ini. Bentuk olahraga tradisional tidak bisa memberikan efek positif sebesar itu pada kesehatan fisik dan mental Anda.

1. Latihan fisik yang kuat namun menyenangkan

Oleh karena olahraga ekstrem memang membentuk otot, tubuh Anda pasti akan terbentuk jika mempraktikkannya secara teratur. Aktivitas ini biasanya memberikan latihan fisik bagi tubuh secara keseluruhan. Latihannya intens, tetapi pelepasan adrenalin dan hormon lainnya akan melampaui dugaan Anda. Itulah alasannya mengapa Anda tidak merasakan ketegangan dan kelelahan yang biasanya timbul saat melakukan bentuk olahraga biasa.

2. Persahabatan

Menjalin pertemanan di gym tentu menyenangkan dan memungkinkan Anda untuk bertemu dengan beberapa orang yang menarik. Namun, hubungan seperti itu cukup sederhana, tidak ada ikatan kuat antara Anda dan teman gym Anda.

Sebaliknya, olahraga ekstrem memungkinkan terjalinnya ikatan yang jauh lebih kuat. Pengalaman yang berisiko dapat membantu Anda menjalin ikatan emosional dengan rekan tim Anda, dan persahabatan ini sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan emosional yang baik.

3. Dorongan adrenalin

Menurut University of Maryland Endocrinology Health Guide, rangsangan terhadap kelenjar adrenal melepaskan sejumlah hormon, termasuk adrenalin. Ini kemudian meningkatkan denyut jantung dan kekuatan kontraksi jantung, mempercepat aliran darah ke otot dan otak, membuat otot rileks, dan membantu konversi glikogen menjadi glukosa di hati.

Bagi atlet olahraga ekstrem, dorongan adrenalin ini adalah perasaan yang memabukkan dan rasanya tak pernah cukup. Ini adalah perasaan yang tidak dapat didapatkan dari aktivitas lainnya, dan bagi banyak atlet olahraga ekstrem, perasaan tersebut adalah arti sesungguhnya dari merasa hidup.

“Mentalitas di sini adalah, orang-orang yang tertarik pada olahraga ekstrem adalah orang-orang yang senang mengambil risiko,” kata Jenn Berman, PhD, seorang psikolog di praktik swasta di Beverly Hills, California, dan salah seorang anggota tim senam di Olimpiade 1984. “Mereka sangat suka mendorong diri hingga ke ambang batas—secara fisik, emosional, dan dalam segala cara yang ada.”

Selain itu, para peneliti menunjukkan bahwa melakukan olahraga ekstrem dapat benar-benar meningkatkan kesadaran sosial dan kemampuan untuk membuat keputusan yang cepat dalam situasi krisis. Ini juga membantu untuk mengatasi stres dengan lebih baik.

Berdasarkan fakta di atas, adalah ide baik bagi Anda untuk mencoba olahraga ekstrem. Melakukan aktivitas ini adalah keputusan yang bijak tetapi hanya jika Anda tetap berhati-hati.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Berapa Lama Olahraga yang Dianggap Efektif?

Berapa lama olahraga juga menentukan kesuksesan tujuan Anda. Terlalu sebentar tak akan efektif, tapi terlalu lama juga tak baik.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Kebugaran, Hidup Sehat 16/06/2020 . Waktu baca 5 menit

10 Jenis Cedera Olahraga yang Paling Sering Terjadi

Saat berolahraga, tubuh Anda akan bergerak dan beraktivitas lebih intens dari biasanya sehingga Anda rawan mengalami 10 cedera olahraga berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kebugaran, Hidup Sehat 11/06/2020 . Waktu baca 8 menit

10 Cara Mudah Turun Berat Badan Tanpa Olahraga

Apakah Anda sedang dalam program menurunkan berat badan? Adakah cara menurunkan berat badan tanpa olahraga? Cara ini menarik untuk disimak!

Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Berat Badan Ideal, Hidup Sehat 28/05/2020 . Waktu baca 7 menit

Agar Tetap Bugar Selama Liburan, Sontek 4 Tips Olahraga Mudah Ini

Lakukan olahraga saat liburan bersama keluarga agar tetap bugar. Simak pilihan kegiatan hingga tips berolahraga sederhana di sini.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Kebugaran, Hidup Sehat 25/05/2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

Olahraga di luar rumah pandemi

Olahraga di Luar Rumah Saat Pandemi? Perhatikan Hal-hal Ini

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Dipublikasikan tanggal: 30/06/2020 . Waktu baca 4 menit
manfaat surfing kesehatan mental

Berselancar di Laut Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan Mental, Lho!

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 23/06/2020 . Waktu baca 5 menit
apa itu kolesterol

7 Hal yang Paling Sering Ditanyakan Tentang Kolesterol

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 22/06/2020 . Waktu baca 5 menit
pro kontra antidepresan

Pro dan Kontra Mengonsumsi Obat Antidepresan

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 18/06/2020 . Waktu baca 5 menit