Agar Sehat Meski Sibuk, Ini 6 Olahraga Ringan yang Patut Dicoba Sebelum Bekerja

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 18 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Bagi orang yang sibuk bekerja sejak pagi hingga petang, menyediakan waktu untuk berolahraga mungkin bukanlah perkara mudah. Untungnya, ada beberapa gerakan olahraga ringan yang dapat Anda lakukan sebelum bekerja di pagi hari. Gerakan-gerakan ini amat sederhana dan tidak memakan banyak waktu sehingga Anda bisa menjadikannya rutinitas tanpa perlu cemas akan terlambat datang bekerja.

Manfaat olahraga ringan sebelum bekerja

Berolahraga pada pagi hari memiliki sejumlah manfaat. Selain meningkatkan mood selama seharian, kegiatan ini juga mampu meningkatkan kemampuan otak dan menjaga produktivitas Anda saat bekerja.

Penelitian yang dilakukan oleh Appalachian State University turut menunjukkan manfaat lain dari berolahraga pagi secara rutin, di antaranya menurunkan tekanan darah dan memperbaiki kualitas tidur Anda. Keduanya adalah faktor yang penting agar Anda dapat menjalani rutinitas dengan baik pada keesokan harinya.

Selain itu, kualitas tidur yang baik juga dapat membantu tubuh Anda mengendalikan hormon yang mengatur rasa lapar. Hormon ini berperan dalam kenaikan berat badan. Karenanya, rutinitas olahraga pagi hari akan sangat bermanfaat untuk Anda yang sedang menurunkan berat badan.

Ragam olahraga ringan yang bisa dilakukan sebelum bekerja

Anda dapat berolahraga dengan atau tanpa alat khusus, baik di dalam maupun di luar rumah. Anda hanya perlu menyesuaikannya dengan alat yang tersedia di rumah dan seberapa banyak waktu yang Anda miliki sebelum berangkat kerja.

Berikut adalah beberapa olahraga ringan sebelum bekerja yang dapat Anda lakukan:

1. Berjalan kaki atau jogging

Jika Anda memiliki lebih banyak waktu luang sebelum berangkat kerja, maka Anda dapat mencoba olahraga luar rumah seperti berjalan atau jogging. Awali dengan berjalan cepat, lalu lanjutkan dengan berlari selama 30 menit.

Berikan jeda setiap 10 menit sekali. Latihan aerobik ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan tekanan darah. Tubuh Anda juga akan membakar hingga 140-295 kalori.

2. Latihan menggunakan barbel

Latihan menggunakan barbel adalah jenis olahraga fleksibel yang dapat dikombinasikan dengan berbagai variasi gerakan. Misalnya squat, lunge depan dan samping, lunge bicep curl, deadlift, dan sebagainya. Gerakan ini akan memperkuat jaringan otot, menjaga kesehatan sistem peredaran darah, serta dapat membakar hingga 110 kalori.

3. Gerakan peregangan “cat camel stretch

Awali gerakan peregangan dengan bertumpu pada kedua telapak tangan dan lutut. Kemudian, lekukkan punggung hingga Anda dapat melihat area perut. Luruskan kembali punggung Anda dan dongakkan kepala hingga punggung Anda melengkung. Lakukan gerakan olahraga ringan ini sebanyak 4-5 kali sebelum Anda pergi bekerja.

4. Jumping jacks

Mulailah dengan berdiri dalam posisi tegap dan kedua kaki rapat. Kemudian, melompatlah sambil melebarkan tangan dan kaki. Kembalilah ke posisi awal dan ulangi kembali. Lakukan gerakan ringan ini selama satu menit, lalu tambahkan durasinya sedikit demi sedikit.

5. Gerakan yoga dasar

Ada berbagai gerakan yoga dasar yang dapat Anda lakukan, dan salah satu gerakan paling sederhana yang tidak membutuhkan banyak ruang adalah pose pohon.

Untuk melakukannya, Anda cukup berdiri dengan satu kaki sambil mengangkat kaki yang lain. Posisikan kedua tangan Anda seperti sedang bersedekap. Tahan posisi ini selama 1-2 menit, lalu ulangi dengan bertumpu pada kaki Anda yang satunya.

6. Hip abductor side lifts

Berbaringlah menghadap ke samping kanan dengan tangan kanan terlipat menumpu kepala dan tangan kiri Anda di pinggang. Angkat perlahan kaki kiri Anda, lalu turunkan. Ulangi gerakan ini sebanyak 10-15 kali, lalu lakukan kembali pada sisi tubuh sebelah kiri. Selama mengangkat kaki, jagalah agar pinggul Anda tidak ikut bergerak.

Berbagai gerakan olahraga ringan yang Anda lakukan sebelum bekerja bermanfaat besar bagi kesehatan Anda di masa yang akan datang. Gerakan-gerakan ini tidak hanya menyehatkan sistem peredaran darah Anda, tapi juga dapat memperbaiki postur tubuh yang terganggu akibat terlalu lama duduk di kursi.

Bila sudah terbiasa dengan gerakan ringan, Anda dapat melanjutkan rutinitas olahraga pagi dengan latihan-latihan yang intensitasnya lebih berat. Namun, sesuaikan latihan ini dengan kemampuan Anda. Lakukan gerakan olahraga sesuai prosedur untuk menghindari efek samping seperti keseleo dan cedera.

Normal Kah Detak Jantung Anda?

Kalkulator detak jantung kami bisa memperkirakan berapa target detak jantung saat olahraga yang perlu Anda capai.

Coba Hitung!
active

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Cara Diet Turun Berat Badan yang Aman Tanpa Bahayakan Kesehatan

Mau punya berat badan ideal? Diet sehat jawabannya. Namun, agar diet yang Anda lakukan tidak sia-sia, simak dulu panduan lengkap berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Tips Berat Badan Turun, Nutrisi 14 Januari 2021 . Waktu baca 14 menit

Olahraga Pagi atau Olahraga Malam, Mana yang Lebih Baik?

Ada yang suka berolahraga setelah bangun pagi, ada juga yang lebih senang olahraga pulang kantor. Sebetulnya, lebih baik olahraga pagi atau malam?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Satria Perdana
Olahraga Lainnya, Kebugaran 13 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Olahraga Kardio vs Angkat Beban: Mana yang Lebih Cepat Turunkan Berat Badan?

Olahraga adalah cara mendapatkan berat badan ideal yang paling efektif. Namun dari semua jenis, mana yang lebih manjur: olahraga kardio atau angkat beban?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Olahraga Kardio, Kebugaran 11 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Langsung BAB Setelah Makan, Apakah Normal?

Banyak orang butuh waktu untuk mencerna makanan, namun ada juga yang langsung merasa ingin BAB setelah makan. Apakah ini normal? Benarkah bisa bikin kurus?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Nutrisi 1 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

perbedaan mentega dan margarin

Perbedaan Mentega dan Margarin: Mana yang Lebih Sehat?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 25 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
strategi menahan lapar

Cara Menahan Rasa Lapar Saat Melakukan Diet

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
diet alpukat

Mengenal Diet Alpukat, Betulkah Bermanfaat untuk Turun Berat Badan?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Dipublikasikan tanggal: 18 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
pilihan beras untuk menurunkan berat badan

Beras Merah vs Beras Shirataki, Mana yang Efektif untuk Diet?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 18 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit