5 Gerakan Olahraga di Rumah yang Cocok untuk Para Wanita

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 02/04/2019 . 4 mins read
Bagikan sekarang

Biasanya, kita malas berolahraga karena tidak punya waktu luang untuk pergi ke gym atau malas keluar rumah. Nah, sebenarnya hal ini tidak bisa Anda jadikan alasan untuk tidak berolahraga, lho. Ada banyak jenis olahraga yang mudah dilakukan sendiri di rumah tanpa perlu alat khusus. Apalagi bagi Anda para wanita yang malu untuk memulai olahraga di pusat kebugaran, Anda bisa mencoba berbagai gerakan olahraga di rumah berikut ini. 

Gerakan olahraga di rumah yang mengandalkan berat badan

Di dalam dunia olahraga, terdapat istilah yang dikenal dengan bodyweight exercise atau latihan yang menggunakan berat badan. Jadi, gerakan olahraga yang mudah dilakukan di rumah ini memang mengandalkan berat badan dan gravitasi.

Dengan melakukan gerakan olahraga rutin di rumah, Anda bisa melatih kekuatan otot dan keseimbangan tubuh. Latihan olahraga ini bisa dilakukan di rumah dan dapat dilakukan oleh siapa pun, bahkan untuk pemula yang ingin memulai rutinitas olahraga.

Jadi, apa saja ya gerakan olahraga yang mudah dilakukan oleh para wanita di rumah?

1. Jumping Jacks

Jumping jacks adalah gerakan olahraga yang paling mudah untuk dilakukan kapan saja dan dimana saja tanpa bantuan alat apapun. Gerakan ini termasuk dalam kombinasi dari latihan aerobik.

Caranya:

Berdiri dengan kedua kaki serta posisi tangan Anda di samping. Kemudian, angkat kedua lengan Anda secara serentak hingga di atas kepala dan lompat secukupnya sembari merentangkan kaki dengan lebar. Lakukan gerakan ini selama 15-30 detik

2. Squat

Celana kesayangan sudah tidak muat? Cobalah gerakan olahraga ini di rumah. Squat bisa diandalkan untuk mengecilkan lingkar paha serta memperkuat otot paha, lengan, dan perut. Gerakan olahraga ini dapat mengurangi tumpukan lemak dan membentuk bagian-bagian tadi.

Caranya:

Lebarkan kaki setara dengan bahu lalu letakkan jari-jari Anda di belakang kepala. Naik dan turunkan badan Anda dengan mendorong pinggul ke belakang sembari menekuk lutut. Lakukan gerakan ini 10-15 kali.

3. Pushup

Gerakan olahraga ini akan mengurangi lemak atau gelambir pada lengan Anda dan membantu memperkuat bahu karena pushup dapat melatih otot lengan, bahu, hingga abdomen sebagai penstabilnya.

Caranya:

Posisikan badan Anda seperti tengkurap lalu letakkan tangan di matras. Tidak lupa sejajarkan pergelangan tangan dengan bahu. Jangan membuat leher Anda terlalu mendongak atau tegang karena bisa menyebabkan sakit leher dan pastikan otot perut tetap kencang. Tekuk siku lalu turun dan naikkan dada Anda ke arah matras/lantai. Lakukan gerakan ini hingga 10-20 kali.

4. Mountain climber

Tak punya waktu untuk olahraga? Gerakan olahraga ini sangat cocok dilakukan di rumah ketika Anda punya waktu senggang yang sedikit. Mountaint climber adalah gerakan kardio yang bermanfaat untuk menyehatkan jantung. Selain itu, sangat efektif untuk membakar kalori dalam waktu singkat.

Caranya:

Posisikan diri Anda seperti akan melakukan pushup lalu luruskan badan Anda, mulai dari bahu hingga kaki. Angkat lutut hingga mencapai dada, seolah-olah sedang berlari. Lakukan selama 5-10 kali.

5. Lari di tempat

Malas jogging atau lari sendirian? Tidak memiliki treadmill di rumah. Anda bisa mencoba alternatif lain, yaitu lari di tempat. Tanpa perlu tutorial, Anda pasti tahu bagaimana lari tanpa bergerak ke sana kemari. Lakukan gerakan ini selama 15-30 detik.

Tak sulit, kan, untuk melakukan semua gerakan olahraga ini di rumah? Yuk, mulai olahraga dari sekarang.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

6 Gerakan Olahraga untuk Pemulihan Kifosis

Beberapa gerakan olahraga bermanfaat untuk mengembalikan postur tubuh yang bungkuk pada penderita kifosis. Berikut contohnya.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu
Kebugaran, Hidup Sehat 07/07/2019 . 4 mins read

5 Gerakan Ini untuk Meringankan Nyeri Tulang Belakang yang Bergeser

Mengatasi nyeri spondylolisthesis memang bukan hal mudah. Supaya lebih nyaman saat beraktivitas, Anda bisa coba berbagai pose latihan di sini!

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Kebugaran, Hidup Sehat 04/06/2019 . 5 mins read

3 Tips Olahraga Menggunakan Barbel untuk Pemula

Berolaharaga dengan memakai barbel untuk pemula itu tidak susah, kok. Tertarik ingin mencobanya? Simak tipsnya di sini, yuk!

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Kebugaran, Hidup Sehat 27/04/2019 . 5 mins read

5 Cara Menjaga Kesehatan Otot untuk Hindari Nyeri dan Pegal

Agar otot senantiasa bugar dan jauh dari rasa pegal, inilah 5 cara menjaga kesehatan otot yang dapat Anda terapkan sehari-hari.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu
Kebugaran, Hidup Sehat 19/03/2019 . 4 mins read

Direkomendasikan untuk Anda

gerakan bela diri untuk wanita

5 Bekal Gerakan Bela Diri untuk Wanita

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 03/05/2020 . 5 mins read
olahraga untuk penderita fibromyalgia

5 Jenis Olahraga untuk Penderita Fibromyalgia yang Ampuh Meredakan Rasa Sakit

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 09/12/2019 . 5 mins read
olahraga reverse plank

Manfaat yang Bisa Diperoleh dari Reverse Plank Plus Cara Melakukannya

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 06/11/2019 . 4 mins read
olahraga dengan gym ball

Gerakan Sederhana yang Bisa Dilakukan dengan Gym Ball

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 01/11/2019 . 4 mins read