5 Penyebab Lidah Bengkak yang Paling Umum, dari Tergigit Sampai Tanda Kanker

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Lidah bengkak yang terasa nyeri bikin tidak nyaman untuk mengunyah makanan. Namun, jangan sepelekan hal ini. Ada banyak hal yang bisa jadi penyebab lidah Anda bengkak. Bahkan, lidah bengkak yang Anda alami bisa jadi disebabkan karena kondisi medis serius.

Mengetahui berbagai macam penyebab lidah bengkak dapat membantu Anda menentukan pengobatan yang tepat.

Berbagai hal penyebab lidah Anda bengkak

Lidah adalah kumpulan otot rangka pada bagian mulut yang diselimuti oleh selaput lendir. Jika diamati, permukaan lidah Anda memiliki tonjolan-tonjolan kecil berwarna kemerahan. Nah, tonjolan ini disebut papila, yang berfungsi sebagai indera pengecap sehingga Anda bisa merasakan berbagai macam rasa pada makanan, seperti pahit, manis, asam, asin, atau gurih.

Faktanya, lidah Anda sewaktu-waktu bisa membengkak karena sejumlah alasan. Dr Anna Feldweg dari Harvard Medical School dalam laman Everyday Health menerangkan bahwa  lidah bengkak dapat disebabkan oleh sejumlah hal. Berikut beberapa yang paling umum.

1. Alergi makanan

Alergi makanan adalah penyebab lidah bengkak yang paling sering terjadi. Ya, orang yang memiliki alergi makanan lebih mungkin untuk mengalami lidah bengkak.

Bahkan, tak hanya lidahnya saja yang bengkak, alergi makanan juga bisa menyebabkan sejumlah bagian tubuh Anda mengalami pembengkakan, seperti bibir, mata, dan lain sebagainya.

Menghindari makanan yang pemicu alergi adalah langkah terbaik mencegah lidah Anda menjadi bengkak.

2. Iritasi atau trauma

Sedang asyik mengunyah makanan, tiba-tiba lidah tergigit? Selain sakitnya bukan main, hal tersebut juga bisa jadi penyebab lidah Anda bengkak, lho. Mengonsumsi makanan dan minuman yang terlalu panas juga bisa menyebabkan lidah Anda bengkak.

Tak hanya itu, iritasi di lidah yang disebabkan karena Anda menggosok gigi atau membersihkan lidah terlalu keras juga bisa menyebabkan lidah bengkak.

3. Obat-obatan tertentu

Meski memiliki fungsi untuk mengobati kondisi tertentu, obatan-obatan yang Anda gunakan bisa saja malah memicu sejumlah reaksi pada tubuh. Lidah bengkak, misalnya. Bagi beberapa orang, penggunaan obat tekanan darah tinggi seperti ACE inhibitor dan NSAID seperti aspirin, ibuprofen, serta naproxen bisa menjadi penyebab lidah mereka bengkak.

Lidah bengkak yang disebabkan karena penggunaan obat ACE inhibitor biasanya terjadi jika Anda baru pertama kali minum obat tersebut. Meski begitu, seseorang mungkin saja mengalami lidah bengkak setiap kali mereka menggunakan obat ACE inhibitor. Jika seperti ini kasusnya, bisa jadi itu adalah tanda bahwa Anda alergi terhadap obat tersebut.

4. Infeksi

Penyebab lidah bengkak lainnya adalah infeksi di dalam mulut. Ya, infeksi yang terjadi di dalam lidah atau di dasar mulut juga bisa menyebabkan lidah Anda bengkak.

Sariawan, infeksi jamur Candida (Candidiasis), dan herpes oral merupakan beberapa kondisi yang bisa memicu pembengkakan di lidah.

5. Kanker lidah

Sebenarnya, pembengkakan merupakan mekanisme pertahanan tubuh untuk melawan bakteri dan parasit berbahaya. Namun, jika pembengkakan di lidah ini berlangsung lama dan tidak biasa, Anda patut waspada. Pasalnya, ini bisa jadi tanda dari kondisi medis serius, seperti kanker lidah.

Gejala kanker lidah biasanya ditandai dengan munculnya benjolan, luka, atau bercak putih yang menyelimuti permukaan lidah atau daerah sekitarnya. Penyakit ini juga sering kali menyakitkan, membuat Anda kesulitan untuk mengunyah atau menelan.

Jika lidah bengkak yang Anda alami disertai dengan gejala lain yang terus berlanjut dan tidak hilang, jangan ragu untuk segera konsultasi ke dokter.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca