home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Lidah Juga Harus Dirawat! Ini 4 Cara Terbaik Menjaga Kesehatan Lidah.

Lidah Juga Harus Dirawat! Ini 4 Cara Terbaik Menjaga Kesehatan Lidah.

Dibandingkan dengan gigi, lidah merupakan bagian dalam mulut yang sering diabaikan kebersihan serta kesehatannya. Namun, tahukah Anda bahwa ada beberapa penyakit yang disebabkan oleh lidah yang kotor? Dr. Puneet Ahuja, Konsultan Senior Bedah Gigi di Sri Balaji Action Medical Institute, India mengatakan bahwa beberapa infeksi dapat disebabkan karena kebersihan lidah yang buruk. Oleh karena itu, penting mengetahui cara menjaga kesehatan lidah agar terhindar dari sejumlah infeksi yang dapat mengganggu kesehatan Anda.

Seperti apa lidah yang sehat?

Lidah yang sehat berwarna merah muda dengan bintik kecil yang disebut papila, juga akan ada lapisan putih tipis di atasnya. Dr. Puneet Ahuja mengatakan bahwa memiliki lidah berwarna merah muda sama sekali bukanlah mitos belaka, justru ini fakta yang perlu semua orang ketahui. Jika lidah Anda berwarna hitam, kuning, putih, atau bahkan merah, lidah Anda mungkin tidak bersih.

Bagaimana cara menjaga kesehatan lidah?

Ketika Anda menggunakan lidah terus menerus, tetapi mengabaikan perawatannya, kondisi itu bisa menimbulkan efek negatif. Lidah bisa menunjukkan tanda-tanda masalahnya dengan mengalami perubahan warna. Dalam beberapa kasus malah di sertai rasa sakit atau tidak nyaman. Lidah yang berubah warna atau menyakitkan dapat menandakan adanya masalah kesehatan yang lebih serius seperti kekurangan vitamin, AIDS, hingga kanker mulut. Untuk mencegah berbagai penyakit dan infeksi yang mungkin terjadi, Anda harus menjaga kesehatan lidah dengan cara:

1. Membersihkan lidah dengan pembersih khusus lidah

Dr. Euan Swan dari Canadian Dental Association di Ottawa mengatakan bahwa permukaan lidah bisa menampung banyak bakteri. Menumpuknya kuman di lidah bisa menjadi salah satu penyebab bau mulut. Bakteri yang terkurung dalam lidah bisa melakukan perjalanan ke bagian lain di mulut Anda. Hal ini bisa menyebabkan penumpukan plak yang menyebabkan kerusakan gigi dan penyakit pada gusi.

Pertumbuhan bakteri yang berlebihan bisa mengubah lidah Anda menjadi kuning, putih atau bahkan hitam dan berbulu. Studi di University of Michigan’s School of Medicine menemukan bahwa sekitar sepertiga spesies bakteri yang ditemukan pada lidah manusia tidak tumbuh pada permukaan lain di mulut mereka.

Oleh karena itu, dr. Ahuja mengatakan cara penting agar lidah tetap terjaga kesehatannya ialah dengan membersihkannya menggunakan alat khusus pembersih lidah. Anda bisa menggunakannya dengan menariknya dari pangkal ke ujung lidah. Ulangi kegiatan ini dua sampai tiga kali saat proses pembersihan lidah berlangsung.

Marc Lowenberg, dokter gigi kecantikan di New York mengatakan paling tidak Anda membersihkan lidah satu kali dalam sehari. Gunakan alat pembersih lidah setelah menyikat gigi baik di pagi atau malam hari. Setelah menggunakan alat pembersih lidah, Anda disarankan untuk menggunakan obat kumur non-alkohol atau berkumur dengan air hangat.

2. Banyak minum air

Konsumsi 2 liter air per hari untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Cara ini juga bisa membantu menjaga lidah Anda tetap berwarna pink dan sehat karena air membantu membersihkan bakteri di lidah Anda dan membuatnya tetap lembab. Mengonsumsi cukup air juga menghindari mulut Anda dari kekeringan yang berisiko mendorong pertumbuhan mikroba pada permukaan lidah.

3. Berkumur dengan air garam

Untuk menjaga kesehatan lidah, Anda bisa berkumur dengan air garam. Caranya, isi gelas setengah penuh dengan air hangat dan masukkan setengah sendok teh garam ke dalamnya. Lalu, gunakan cairan tersebut untuk berkumur. Dalam sebuah artikel yang diterbitkan di British Dental Journal, bilasan air garam bermanfaat untuk meningkatkan pH di mulut sehingga mampu menghalangi pertumbuhan bakteri

4. Jangan menggunakan perhiasan di lidah

Melakukan tindik badan membawa risiko infeksi bagi tubuh. Namun, menurut Canadian Dental Association, risiko infeksi yang disebabkan tindikan di lidah jauh lebih tinggi. Hal ini dikarenakan mulut dan lidah itu sendiri sudah sarat dengan bakteri. Selain itu, perhiasan logam yang digunakan juga dapat merusak gigi serta gusi Anda. Bahkan prosedur menindik lidah itu sendiri bisa merusak saraf yang dapat membuat lidah kehilangan kepekaannya.

Mulailah untuk mempraktikkan keempat hal di atas untuk menjaga lidah Anda tetap bersih, sehat dan terawat.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Tongue Problem Basic https://www.webmd.com/oral-health/guide/tongue-problem-basics-sore-or-discolored-tongue-and-tongue-bumps#3 accessed on January 11th 2018

The Right Way to Clean Your Tongue—and How Often You Should Do It. https://www.womenshealthmag.com/health/clean-your-tongue accessed on January 11th 2018

Oral Hygiene: Keep Your Tongue Clean https://www.indiatimes.com/health/healthyliving/oral-hygiene-how-to-keep-your-tongue-clean-237277-6.html accessed on January 11th 2018

10 Tips for Better Tongue Hygiene http://www.thehealthsite.com/oral-health/10-tips-for-better-tongue-hygiene-sh114/ accessed on January 11th 2018

The Use of Salt Water for Washing the Mouth https://www.livestrong.com/article/252442-sea-salt-in-the-bath-water/ accessed on January 11th 2018

4 Things You Should Know about Tongue Health http://www.besthealthmag.ca/best-you/oral-health/4-things-you-should-know-about-tongue-health/view-all/ accessed on January 11th 2018

Foto Penulis
Ditulis oleh Widya Citra Andini Diperbarui 02/10/2020
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
x