home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Memprediksi Risiko Penyakit dari 5 Macam Penampakan Lidah Anda

Memprediksi Risiko Penyakit dari 5 Macam Penampakan Lidah Anda

Setiap kali periksa ke dokter, Anda pasti akan lebih dulu diminta membuka mulut lebar-lebar dan menjulurkan lidah sebelum bagian tubuh yang sakit diperiksa lebih lanjut. Tindakan ini dilakukan oleh dokter bukan tanpa alasan, karena ternyata kondisi lidah Anda saat ini dapat memprediksi risiko penyakit tertentu yang mungkin tak pernah disadari. Apa saja?

Risiko penyakit yang bisa tampak dari kondisi lidah

Lidah yang sehat harus berwarna merah jambu dan ditutupi bintik-bintik kecil (papila). Jika Anda melihat adanya perubahan pada lidah Anda disertai munculnya sensasi aneh di lidah, Anda perlu waspada.

Berikut beberapa risiko penyakit yang dapat dilihat dari kondisi lidah Anda:

1. Warna merah terang mirip stroberi

Lidah berwarna merah terang seperti stroberi bisa menandakan Anda kekurangan zat besi atau vitamin B12. Kekurangan nutrisi ini juga membuat jumlah papila berkurang sehingga tekstur permukaan lidah jadi lebih halus.

Padahal, dua nutrisi ini dibutuhkan guna menjaga papila tetap berfungsi mendeteksi berbagai rasa. Lidah yang botak karena tidak memiliki cukup papila lambat laun akan mengalami mati rasa.

Defisiensi vitamin B12 dan zat besi paling rentan terjadi pada orang-orang vegetarian atau yang memiliki masalah lambung. Selain itu, beberapa kondisi dan penyakit yang juga menyebabkan lidah berwarna merah terang, antara lain penyakit Kawasaki dan demam scarlet (scarlatina).

Perubahan warna lidah jadi lebih merah juga bisa terjadi akibat makan makanan yang pedas dan juga terlalu panas.

2. Dilapisi bintik-bintik putih

Apabila lidah Anda tertutupi oleh lapisan putih yang terlihat jelas, ini bisa jadi pertanda infeksi jamur.

Jika mulut Anda tidak bersih, bakteri dan jamur jahat bisa berkembang biak dengan subur dan menyebabkan infeksi.

Infeksi jamur di mulu sering terjadi pada anak-anak, orang dengan sistem kekebalan tubuh yang rendah, pasien kanker yang menjalani terapi, dan pasien diabetes yang gejalanya tidak terkontrol. Kondisi ini bisa diatasi dengan pemberian obat antibiotik.

Banyaknya bintik putih di lidah bisa disebabkan juga oleh leukoplakia dan oral lichen planus. Leukoplakia sering terjadi pada pasien kanker dan orang yang aktif merokok. Sementara oral lichen adalah menonjolnya jaringan berwarna putih seperti renda di sekitar lidah. Penyebabnya tidak diketahui secara pasti namun kondisi ini dapat hilang dengan sendirinya.

3. Lidah hitam berbulu

Mendengar lidah hitam berbulu pasti membuat Anda bergidik. Namun, bukan berarti lidah ditumbuhi rambut seperti di kepala Anda.

Lidah hitam berbulu diartikan dengan papila yang tumbuh lebih panjang dan berubah warna jadi kecoklatan atau hitam. Hal ini dapat disebabkan oleh merokok, minum kopi, tidak rajin membersihkan gigi, atau juga infeksi bakteri.

Selain berubah warna, akan ada gejala lainnya seperti bau mulut dan sensasi tidak nyaman pada lidah. Untungnya, kondisi ini tidak berbahaya dan dapat mudah diatasi dengan lebih telaten menjaga kebersihan mulut dan lidah serta menjauhi atau berhenti merokok.

4. Lidah keriput

Setiap organ dan bagian tubuh akan ikut menua saat usia kita juga bertambah tua. Termasuk lidah. Lidah yang terlihat retak atau pecah-pecah sering terlihat pada lansia yang menggunakan gigi palsu.

Namun, kondisi lidah ini juga bisa menandakan adanya infeksi jamur di mulut jika disertai munculnya gejala seperti bau mulut, mulut terasa terbakar, dan terasa sakit.

5. Bercak luka di lidah

Luka pada lidah bisa menandakan Anda kena sariawan, entah akibat tergores saat menggosok gigi atau lidah tergigit saat mengunyah makanan.

Namun, jangan anggap sepele munculnya luka di lidah apalagi tanpa penyebab yang jelas dan sembuhnya sulit. Bisa jadi itu gejala kanker lidah yang hampir mirip dengan sariawan.

Gejala kanker lidah lainnya yang perlu Anda waspadai adalah lidah bengkak dan disertai kesulitan menelan. Lambat laun, rasa nyeri bisa menyebar ke area mulut sampai ke leher dan tenggorokan.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

9 Surprising Secrets Your Tongue Can Reveal About Your Health. https://www.rd.com/health/conditions/tongue-disease-signs/. Accessed on November 23, 2018.

7 Things Your Tongue Can Tell You About Your Health. https://www.health.com/oral-health/tongue-health-conditions. Accessed on November 23, 2018.

What Your Tongue Can Tell You About Your Health. https://health.clevelandclinic.org/what-your-tongue-can-tell-you-about-your-health/. Accessed on November 23, 2018.

 

Foto Penulis
Ditulis oleh Aprinda Puji Diperbarui 02/11/2020
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
x