Hati-hati, Virus Zika Bisa Ditularkan Lewat Hubungan Seksual

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 07/11/2017
Bagikan sekarang

Kasus virus Zika telah banyak muncul di mana-mana tetapi belum banyak yang diketahui tentangnya. Kebanyakan orang berusaha mencegah penularan Zika dengan cara melindungi diri dari gigitan nyamuk. Namun tahukah Anda bahwa Zika juga ternyata bisa ditularkan lewat hubungan seksual?

Virus Zika dapat menular lewat seks

Kasus pertama yang membuktikan bahwa Zika bisa ditularkan lewat hubungan seks adalah pada Juli 2016 di New York City. Saat itu, otoritas kesehatan Amerika Serikat melaporkan bahwa seorang wanita menularkan virus Zika ke seorang pria melalui seks tanpa pengaman. Sebelum itu, para ahli hanya pernah menemukan kasus di mana pria menularkan virus ini ke pasangannya melalui seks, serta penularan dari gigitan nyamuk.

“Laporan penularan infeksi virus Zika secara seksual dari wanita ke pria di New York City ini adalah kasus pertama yang didokumentasikan tentang penularan seksual Zika dari wanita ke pasangan seksnya. Ini menambah informasi baru tentang penularan Zika secara seksual,” kata CDC.

Wabah pertama yang dsebabkan oleh infeksi Zika baru-baru ini dilaporkan dari pulau Yap pada tahun 2007. Saat ini, ada beberapa negara yang mengalami wabah virus Zika.

Peningkatan penularan virus Zika telah disertai dengan peningkatan kasus mikrosefali dan sindrom Guillain-Barre. Zika pertama kali diidentifikasikan di Uganda di tahun 1947 pada monyet, dan kemudian diidentifikasikan pada manusia di tahun 1952.

Bagaimana cara mencegah penularan virus Zika?

Jika seorang ibu hamil terkena virus Zika, ini dapat menyebabkan cacat lahir, termasuk kelainan otak dan tengkorak yang disebut mikrosefali.

Penemuan terbaru tentang penularan Zika lewat hubungan seks, membuat saran perlindungan diri bagi ibu hamil lebih luas lagi. Selain melindungi diri dari gigitan nyamuk, kini para pria dan wanita yang ingin mengurangi risiko penularan virus Zika secara seksual harus menggunakan metode perlindungan saat berhubungan seks, yaitu dengan memakai kondom. Tentu saja cara paling efektif adalah setia pada satu pasangan saja, dan hindari seks sama sekali saat bepergian ke daerah dengan penularan aktif virus Zika.

Otoritas kesehatan mendesak ibu hamil untuk menghindari seks, atau hanya berhubungan seks menggunakan kondom, jika suaminya telah bepergian ke atau tinggal di daerah di mana terdapat virus Zika. 

Saran ini bukan hanya untuk melindungi ibu hamil atau wanita yang sedang berusaha hamil, tapi  juga untuk memperlambat penularan Zika dari turis yang terinfeksi ke masyarakat lainnya.

Untuk melindungi diri dari virus Zika, ada beberapa hal yang harus dilakukan:

  • Semua ibu hamil dengan pasangan seksnya yang tinggal di atau bepergian ke daerah dengan Zika harus menggunakan kondom saat berhubungan seks, atau puasa seks selama sisa waktu masa kehamilannya.
  • Tidak berhubungan seks akan mengeliminasi risiko tertular Zika dari seks.
  • Kondom dapat mengurangi kemungkinan tertular Zika dari seks.
  • Kondom mencakup kondom pria dan kondom wanita.
  • Dental dam (lembaran lateks atau poliuretan) juga dapat digunakan untuk beberapa jenis seks oral (mulut ke vagina atau mulut ke anus).
  • Supaya efektif, kondom harus digunakan dari awal hingga akhir, di setiap saat melakukan seks vaginal, anal, dan oral, dan di penggunaan mainan seks bersama orang lain.
  • Tidak berbagi mainan seks dapat mengurangi risiko penularan Zika ke pasangan seks.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

5 Fungsi Antiseptik Cair Selain untuk Mandi

Antiseptik mampu memusnahkan atau menghambat perkembangan bakteri pada jaringan hidup. Yuk, baca 5 fungsi antiseptik cair untuk kesehatan Anda dan keluarga.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro

Kenapa Kita Sering Ngantuk Saat Puasa?

Penelitian menunjukkan bahwa pukul 14.00 sampai 16.00 adalah waktunya kantuk menyerang saat kita berpuasa. Kenapa sering ngantuk saat puasa?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Angga Maulana
Hari Raya, Ramadan 07/05/2020

Dua Vitamin dan Mineral yang Paling Diperlukan Tubuh Selama Puasa

Ketika bulan puasa, banyak orang yang mudah sakit dan merasa cepat lemas. Karena itu, Anda butuh minum vitamin C dan zinc untuk mengatasinya. Mengapa?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Hari Raya, Ramadan 01/05/2020

Yang Terjadi Dalam Tubuh Saat Kita Berpuasa

Saat puasa kita tidak boleh makan dan minum. Penasaran tidak, apa yang sebenarnya terjadi dalam tubuh saat kita berpuasa?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Maizan Khairun Nissa
Hari Raya, Ramadan 28/04/2020

Direkomendasikan untuk Anda

gerimis bikin sakit

Benarkah Gerimis Lebih Bikin Sakit Daripada Hujan?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 31/05/2020

Mengapa Perlu Matikan Lampu Saat Tidur?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 29/05/2020
mulut terasa pahit saat puasa

5 Penyebab Mulut Anda Terasa Pahit Saat Puasa

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 19/05/2020
minum madu saat sahur

Rutin Minum Madu Saat Sahur Bisa Memberikan 5 Kebaikan Ini

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 17/05/2020