Benarkah Makan Popcorn Bisa Menyebabkan Usus Buntu?

Oleh

Radang usus buntu atau apendisitis adalah kondisi medis serius di mana usus buntu, sebuah organ berbentuk jari yang melekat pada usus besar, menjadi bengkak dan meradang. Meskipun penyebab kondisi ini tidak pasti, namun sering kali radang usus buntu disebabkan oleh penyumbatan pada lumen apendiks. Ketika organ terinfeksi atau tersumbat, bakteri dapat berkembang biak dengan cepat, sehingga menyebabkan usus buntu Anda membengkak dan berisi dengan nanah, yaitu cairan kental yang mengandung bakteri, sel-sel jaringan, dan sel darah putih yang mati melawan infeksi. Meski popcorn tidak dianggap sebagai penyebab umum apendisitis, namun biji popcorn dapat menyebabkan penyumbatan yang dapat memberikan kontribusi pada radang usus buntu.

Apa hubungannya antara popcorn dan radang usus buntu?

Seperti yang telah dijelaskan di atas, apendisitis terjadi ketika usus buntu membengkak dan berisi nanah. Radang usus buntu ini menyebabkan rasa sakit di sekitar pusar ketika pertama kali berkembang, tapi kemudian bergeser ke sisi kanan perut dan menjadi lebih intens seiring kondisi berlangsung. Gejala lain termasuk mual, muntah, kehilangan nafsu maan, demam, diare, sembelit, dan pembengkakan perut.

Makanan yang tersumbat adalah alasan lain mengapa usus buntu mungkin berkembang. Potongan kecil makanan dapat memblokir pembukaan rongga yang membentang di sepanjang usus buntu Anda, sehingga menyebabkan pembengkakan dan pembentukan nanah. Ketika sepotong kecil makanan memblokir pembukaan, itu akan memungkinkan bakteri terbentuk di dalam usus buntu. Jika tidak diobati, radang akan menyebabkan pecahnya usus buntu, yang dapat menyebabkan penyebaran bakteri ke seluruh tubuh.

Anda bisa saja secara tidak sengaja menelan biji popcorn dan akhirnya biji tersebut mencapai pembukaan rongga yang membentang di sepanjang usus buntu Anda. Meskipun hal ini tidak umum, tapi hal itu dapat menyebabkan radang usus buntu. Popcorn yang belum dikunyah secara menyeluruh juga dapat menyebabkan penyumbatan yang mengarah ke usus buntu.

Bahaya popcorn lainnya

1. Tersedak

Balita dapat tersedak oleh popcorn hingga meninggal. Anak-anak berusia tiga tahun dan batita berisiko tinggi karena tenggorokan mereka berdiameter kecil dan gigi belakang mereka masih belum tumbuh, sehingga mereka tidak dapat mengunyah makanan hingga menjadi potongan kecil. Oleh karena itu, jangan pernah memberikan popcorn untuk anak di bawah 5 tahun.

2. Kerusakan paru

Hampir seluruh kantong microwave popcorn mentega mengandung diacetyl kimia yang telah menyebabkan masalah paru-paru bagi pekerja pabrik popcorn selama bertahun-tahun. Kondisi ini berkembang, setelah terjadi paparan berulang terhadap zat aditif aromatik, menjadi kerusakan paru yang serius. Sebuah kasus paparan konsumen juga telah diamati pada orang yang menyediakan dan memakan beberapa kantong popcorn setiap hari selama beberapa tahun, catat University of Illinois.

3. Alergi

Mereka yang memiliki alergi atau intoleransi jagung dapat menjadi lebih parah ketika mengonsumsi popcorn. Bahkan bau letusan popcorn dapat memicu reaksi pada individu yang rentan. Sebisa mungkin, mereka yang memiliki kondisi alergi ini harus menghindari popcorn dan meninggalkan daerah tersebut ketika popcorn sedang dipersiapkan.

Selain beberapa risiko di atas, popcorn dimasak dengan bahan-bahan yang tidak sehat, seperti lemak jenuh dan garam. Popcorn yang sering disajikan di bioskop sering kali mengandung minyak kelapa yang tinggi lemak jenuh dan sebagian besar digarami sebelum dikonsumsi.

BACA JUGA:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca