Tak bisa disepelekan, saat lidah sakit otomatis Anda akan mengalami kesulitan untuk makan, menelan, bahkan berbicara. Ada banyak penyebab yang membuat lidah terasa sakit. Untuk lebih jelasnya, berikut ulasannya.

Berbagai penyebab lidah sakit

Sumber: Everyday Health

1. Tergigit atau cedera

Biasanya rasa sakit di lidah muncul akibat tergigit tidak sengaja. Hal ini sangat mungkin terjadi, apalagi saat Anda sedang mengunyah makanan. Selain itu, lidah juga kadang terasa sakit saat mengalami cedera, misalnya ketika terjepit oleh gigi saat Anda terkena benturan seperti kecelakaan atau jatuh. Gangguan kejang seperti epilepsi juga bisa menyebabkan lidah mengalami cedera akibat tergigit tanpa sadar.

Berkumur dengan air garam bisa membantu meringankan rasa sakit dan mempercepat penyembuhan cedera ringan. Akan tetapi, jika Anda mengalami cedera parah, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

2. Glossitis

Glossitis adalah kondisi saat lidah mengalami peradangan. Glossitis terdiri dari beberapa jenis; tetapi tidak semuanya menyebabkan lidah menjadi sakit. Lidah geografis misalnya, termasuk salah satu kondisi yang bisa membuat lidah terasa sakit pada sebagian orang.

Kondisi ini terjadi saat papila (benjolan kecil di lidah) rata dan justru digantikan dengan lesi merah dan halus yang dikelilingi oleh garis putih. Hal ini membuat lidah terlihat seperti kumpulan pulau di peta. Lidah geografis tak jarang menimbulkan sensasi terbakar atau menyakitkan di lidah.

Selain lidah geografis, reaksi alergi, penyakit Celiac, dan kekurangan zat besi serta vitamin B12 juga bisa membuat lidah mengalami peradangan. Untuk mengobatinya, Anda bisa memeriksakannya ke dokter agar tahu penyebab pastinya. Setelah itu, barulah dokter akan memberikan perawatan yang paling sesuai dengan kondisi Anda.

3. Sindrom mulut terbakar

Sindrom mulut terbakar adalah kondisi saat mulut terasa panas secara terus-terusan tanpa sebab yang jelas. Kondisi ini memengaruhi semua bagian mulut termasuk lidah, gusi, bibir, pipi bagian dalam, dan langit-langit mulut. Sensasi terbakar yang dirasakan biasanya cukup parah hingga terasa seperti melepuh.

Selain rasa sakit dan sensasi terbakar, kondisi ini juga biasanya disertai dengan gejala lain seperti mulut kering dan haus terus-terusan hingga adanya rasa-rasa aneh di lidah seperti pahit atau logam. Segera kunjungi dokter terdekat jika Anda mengalami kondisi yang satu ini.

4. Tumor lidah

Rasa sakit pada lidah terkadang bisa muncul saat seseorang mengidap tumor di indera pengecapnya tersebut. Tumor lidah umumnya muncul dengan gejala seperti rasa sakit, adanya benjolan, bercak merah atau putih pada lidah, sakit saat menelan, dan mati rasa. Segera konsultasikan ke dokter jika merasa ada yang tidak beres dengan lidah Anda.

5. Canker sores

Canker sores atau aphthous ulcers adalah lesi kecil yang terbentuk di jaringan lunak pada mulut atau dasar gusi. Lesinya biasanya berbentuk bulat atau oval dengan bagian tengah berwarna putih atau kuning dan pinggirannya yag memerah.

Lesi bisa muncul atas atau bawah lidah, pipi atau bibir bagian dalam, dasar gusi, hingga langit-langit mulut. Saat mengalami aphthous ulcers, Anda akan mengalami sensasi kesemutan, atau terbakar satu hingga dua hari sebelum luka benar-benar muncul dan terlihat.

Ada banyak hal yang bisa menjadi pemicu masalah mulut yang satu ini. Misalnya cedera kecil pada mulut, pasta gigi atau obat kumur yang mengandung sodium lauryl sulfate (SLS), penyakit radang usus, sampai penyakit Celiac. Selain itu, penyakit ini juga lebih rentan menyerang wanita dibandingkan dengan pria.

Saat lidah sakit dan rasanya tak kunjung hilang bahkan semakin parah, segera konsultasikan ke dokter untuk dicari tahu penyebab pastinya.

Baca Juga:

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca