Memudarkan bekas jerawat membutuhkan usaha dan kesabaran yang ekstra. Pasalnya, noda bekas jerawat yang muncul di wajah sangat mengganggu penampilan. Minyak biji anggur dipercaya sebagai cara alami menghilangkan bekas jerawat. Minyak ini berasal dari biji yang anggur yang dipisahkan selama proses pembuatan minuman anggur. Biji anggur ini kemudian melalui pemrosesan sedemikian rupa hingga akhirnya menghasilkan minyak yang cukup dikenal karena kandungan antioksidan dan antiradangnya. Lantas, seberapa ampuh khasiat minyak ini?

Katanya, minyak biji anggur adalah cara alami mengatasi bekas jerawat

castor oil minyak jarak menghilangkan bekas jerawat

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa minyak biji anggur mengandung vitamin E, beta karoten, dan asam linoleat yang dapat membantu membentuk kembali sel-sel kulit yang rusak dan sudah tua.

Selain itu, kandungan vitamin E di dalamnya membantu meratakan warna kulit dan menghilangkan noda yang telah teruji secara ilmiah melalui berbagai penelitian dan terbukti membantu memulihkan bekas luka.

Asam linoleat yang ada dalam minyak biji anggur juga dapat membantu mempercepat penyembuhan luka, sehingga mengurangi risiko jaringan parut dan juga bopeng di wajah.

Karena sudah teruji secara ilmiah keampuhan minyak ini, Anda bisa mengandalkannya untuk memudarkan bekas jerawat yang membandel. Anda bisa menggunakannya secara teratur, yaitu dua kali sehari dan pakai selama dua minggu untuk melihat hasil yang optimal.

Tak hanya bekasnya, jerawat ‘matang’ juga bisa diatasi

cara menghilangkan jerawat dalam semalam mitos tentang jerawat

Tak hanya memudarkan bekas jerawat, sebuah penelitian yang diterbitkan di Harvard Medical School, menyatakan asam linoleat di dalam minyak biji anggur berfungsi sebagai emolien atau agen yang menghaluskan kulit dan mengisi ruang di antara sel-sel kulit.

Emolien bermanfaat untuk membersihkan kulit yang mudah berjerawat. Selain itu, kandungan antioksidan di dalamnya juga membantu mencegah jerawat karena mengandung sifat antiradang.

Minyak yang satu ini cukup efektif membantu jerawat yang sedang aktif dan meradang. Selain mengurangi kemerahan dan peradangan, minyak ini juga dapat membantu membersihkan jerawat hingga ke bagian dalamnya.

Sehingga dapat meningkatkan regenerasi sel untuk membantu mengganti kulit yang rusak akibat jerawat. Namun, minyak biji anggur tidak mampu menghilangkan komedo hitam, putih atau kista yang muncul di kulit wajah Anda.

Cara menggunakan minyak biji anggur

Minyak biji anggur termasuk jenis minyak yang bisa langsung dipakai tanpa perlu dicairkan atau ditambahkan dengan larutan lain. Namun, untuk mengurangi risiko iritasi Anda perlu melakukan tes terhadap kulit Anda. Untuk melakukan tes kecocokan, Anda bisa melakukannya dengan cara:

  • Menggosokkan minyak ke lengan bawah bagian dalam.
  • Tutup area yang diolesi minyak dengan perban.
  • Biarkan selama 24 jam.
  • Jika kulit tidak mengalami peradangan atau iritasi maka minyak aman digunakan dibagian tubuh lainnya.
  • Jika mengalami iritasi, bilas area yang terkena dengan air dingin dan jangan lanjutkan penggunaannya.

Setelah lolos uji, Anda bisa menggunakan minyak biji anggur untuk merawat kulit berjerawat dengan menjadikannya sebagai serum malam. Gunakan tiga hingga empat tetes minyak setiap penggunaan.

Anda bisa mengoleskannya bukan hanya di bagian yang berjerawat dan memiliki luka bekas jerawat tetapi di bagian wajah yang lain seperti pipi, dahi, area bawah mata, tulang rahang, hingga leher.

Selain sebagai serum malam, Anda juga bisa menggunakan minyak ini di siang hari. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa resveratrol, antioksidan yang ditemukan dalam minyak ini dapat membantu melindungi kulit dari sinar UVB.

Namun, bukan berarti minyak ini mampu melindungi kulit dari sinar matahari secara keseluruhan. Anda tetap perlu menggunakan tabir surya jika berencana untuk berkegiatan di luar ruangan.

Efek samping minyak biji anggur

Meskipun terbuat dari bahan alami, tetapi minyak ini bisa menimbulkan reaksi alergi pada beberapa orang. Berbagai gejala dari reaksi alergi yang mungkin muncul yaitu:

  • Kulit wajah gatal dan kemerahan
  • Tenggorokan gatal
  • Mata berair

Jika tubuh menunjukkan reaksi yang lebih parah seperti sesak napas, wajah bengkak, dan jantug berdebar-debar maka segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca