Ingin Mengurangi Makan Daging? Ini 5 Trik yang Bisa Anda Lakukan

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 06/09/2017
Bagikan sekarang

Ada banyak alasan untuk mengurangi makan daging. Entah itu karena Anda sedang diet, mau mencoba pola makan vegetarian, atau karena berbagai alasan pribadi dan religius. Namun kalau sehari-harinya sudah terbiasa makan daging, tentu tidak mudah untuk mengubah pola makan Anda. Tenang, simak dulu berbagai siasat untuk mengurangi makan daging berikut ini.

Manfaat mengurangi makan daging bagi kesehatan

Pada dasarnya, daging kaya akan berbagai nutrisi penting bagi tubuh. Akan tetapi, kebanyakan makan daging justru berisiko buat kesehatan. Ini karena daging biasanya mengandung lemak jenuh dan kolesterol yang tinggi.

Sudah banyak bukti yang menunjukkan bahwa orang yang membatasi konsumsi daging atau tidak makan daging sama sekali lebih terhindar dari berbagai penyakit kronis seperti kanker, diabetes, dan penyakit jantung.

Mengurangi makan daging juga bisa membantu Anda menurunkan berat badan. Selain itu, kalau Anda mengganti daging dengan sayur, buah, dan kacang-kacangan yang tinggi serat, sistem pencernaan Anda pun jadi lebih sehat.

Cara mengurangi makan daging

Kalau Anda ingin mulai membatasi konsumsi daging sehari-hari, coba terapkan berbagai siasat berikut ini.

1. Penuhi dulu piring Anda dengan sayuran

Kalau biasanya Anda mengambil lauk daging lebih banyak dari sayur, sekarang coba kebalikannya. Penuhi dulu piring makan Anda dengan sayur, kemudian baru ambil daging secukupnya untuk mengisi ruang kecil di piring yang masih tersisa. Usahakan untuk memilih sayur yang tidak dimasak dengan daging, misalnya sop ayam atau brokoli cah sapi.  

2. Ganti daging dengan sumber protein lainnya

Sebagai pengganti daging, Anda bisa memilih sumber protein seperti tahu, tempe, oncom, dan kacang-kacangan. Bagi orang yang suka makan daging, menggantinya dengan tahu atau tempe mungkin jadi terasa hambar. Untuk itu, pastikan Anda mengolahnya dengan cara yang unik atau dimasak jadi hidangan favorit Anda. Misalnya mengganti ayam goreng tepung dengan tempe goreng tepung.

3. Makan sayur dan buah yang Anda sukai

Trik jitu untuk menambah asupan sayur dan buah adalah mulai dengan jenis-jenis yang memang Anda sukai terlebih dulu. Nanti kalau lidah Anda sudah mulai menyesuaikan diri dengan hidangan rendah lemak atau tanpa daging, Anda bisa mencoba berbagai jenis sayur dan buah lain yang tak kalah nikmat.

4. Bijak memilih menu di restoran

Kalau Anda sedang mengurangi makan daging, hati-hati saat memilih menu di restoran. Meskipun bukan restoran vegetarian, rumah makan manapun sebenarnya pasti menyediakan hidangan yang hanya pakai daging sedikit. Jadi pilih menu sayurnya saja.

Anda juga bisa minta pada juru masak di restoran untuk mengganti daging dengan pilihan lain seperti jamur. Atau minta tidak usah pakai daging sama sekali.

5. Mulai pelan-pelan

Anda tak perlu berubah jadi seorang vegetarian dalam sekejap. Mengubah pola makan itu tentu butuh proses dan penyesuaian. Jadi mulailah pelan-pelan, misalnya dengan menentukan Anda harus puasa makan daging setiap hari Senin dan Kamis. Kalau sudah berhasil tidak makan daging dua hari seminggu, tingkatkan lagi jadi tiga hari seminggu.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Kenapa Penting Makan Makanan Berserat?

Banyak orang bilang “jangan lupa makan makanan yang berserat” jika mengalami kesulitan buang air besar. Namun, tidak hanya sebatas itu manfaat dari serat.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Nutrisi, Hidup Sehat 01/06/2020

Warna Rambut Sesuai Karakteristik Diri, yang Manakah Anda?

Warna rambut yang salah bisa membuat Anda terlihat lebih tua. Berikut cara mengetahui warna rambut yang sesuai dengan karakter diri.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M

Benarkah Gerimis Lebih Bikin Sakit Daripada Hujan?

Waktu kecil Anda mungkin sering diingatkan bahwa gerimis bikin sakit. Namun, benarkah lebih aman main hujan-hujanan daripada kena gerimis? Cek di sini, yuk!

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri

3 Penyebab Berat Badan Naik Lagi Setelah Diet

Jangan keburu girang setelah berat badan kembali ideal. Masih ada kemungkinan berat Anda mendadak naik lagi karena tiga penyebab berikut ini.

Ditulis oleh: Kemal Al Fajar

Direkomendasikan untuk Anda

minyak esensial untuk meredakan stres

Khasiat Minyak Esensial untuk Meredakan Stres

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 05/06/2020
diet south beach

Mengulik Serba-Serbi Diet South Beach untuk Menurunkan Berat Badan

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 05/06/2020
makan di luar rumah saat pandemi

Amankah Makan di Luar Rumah di Tengah Pandemi?

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 02/06/2020
sakit tangan main hp

Mengatasi Sakit Tangan Akibat Terlalu Sering Main HP

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Dipublikasikan tanggal: 01/06/2020